Keindahan Tersembunyi Bayah, Banten


Hello World!

Bayah
Bayah

Pernah dengar Bayah? Atau Pantai Sawarna? Mungkin sebahagian orang pernah dengar tapi sebagian lagi tidak pernah dengar. Bayah ialah salah satu kota yang ada di Banten. Keindahan tersembunyi Bayah Banten terletak di pantai-pantainya yang mirip pantai Thailand namun corak dan suasanya sangat Indonesia. Keindahan pantainya digabung dengan suasana pedesaan dan sekitar kota Bayah disekelilingi oleh sawah, pepohonan dan gunung. Pantai Sawarna merupakan andalan dari Bayah. Lokasi Bayah terletak di Banten bagian Selatan. Lokasi Bayah dapat ditempuh dengan berbagai alternatif dan tips untuk ke Bayah dari saya sebaiknya memilih jalur/rute ke Bayah yang tepat agar meminimalkan waktu.

Aku dan tim project menuju lokasi Bayah untuk controlling project dan menuju ke Bayah butuh perjuangan waktu menurutku.

Rute ke Bayah dari Jakarta, kami pilih dengan rute Tangerang-Rangkas Bitung-Gunung Kencana-Malingping-Bayah. Kami semua anak MT. Gama Group dengan Pak Ahwan harus merasakan sensasi jalannya yang berliku. Apalagi rute kami harus berhenti di Kota Ciwandan Banten dan kami dari Ciwanda menuju Bayah jam 5 sore alhasil sampe di Bayah jam 12 malam. Kurang lebih 7 jam perjalan dari Ciwandan.

Rute Sawarna (Sumber: dari Internet)

Keindahan Bayah Banten mulai saya rasakan saat paginya khusunya dari tempat warung ibu. Kebetulan kantor Gama sangat strategis di Banten dan saya tinggal di mess yang fasilitasnya hotel, andai di Jakarta juga fasilitasnya gini (ngarep) :D..

Dari warung aku melihat keindahan Kota Bayah dan hasilnya, luar biasa!

Bayah Banten
Bayah Banten

Untuk akomadi  di Bayah tidak ada hotel yang ada hanyalah rumah penduduk, jadi jika ingin menginap lebih baik di rumah penduduk. Akses ke Bayah cukup mudah karena banyak rute yang bisa ditempuh. Pantai Bayah masih alami dan ciri khas dari pantai Bayah ialah gelombangnya yang besar dan karangnya yang unik dan warna lautnya yang biru tua.

Untuk refreshing sangat cocok bagi keluarga karena suasa Bayah yang asri dan segar, tapi kalau mau menginap sebaiknya di Pelalabuhan Ratu karena pusatnya penginapan yang tak jauh dari Bayah Lebak Banten berada di Pelabuhan Ratu.

Perjalan saya ke Bayah Banten merupakan perjalan pantai alami pertama saya  di Provinsi Banten. Pulangnya kmai memilih rute Pelabuhan Ratu-Sukabumi-Bogor-Jakarta. Bayah tidak kalahlah dengan Thailand apalagu ada Karang besar di Pantai Sawarna :).

Sudahkah kamu ke Bayah?

Iklan

53 tanggapan untuk “Keindahan Tersembunyi Bayah, Banten

    1. masih alami bang ryan. tapi untuk harga nginap tidak tau bg ryan karena tidak ada penginapan biasanya nginap di perumahan penduduk kasih aja 50rb atau seiklasnya, saya tinggalnya gratis kemaren 😀

  1. Dari Serang aja, butuh waktu 4 jam kalo ngeteng. Jauuuuh. Tapi Sawarna emang keren, walau banyak karangnya. Cibagedeur juga bagus, tapi ombaknya gede.

  2. Sedikit koreksi. Akomodasi penginapan di Bayah sudah ada. Semacam motel “PADA ASIH” dan yang lainnya. Gak usah jauh-jauh nginap ke Pelabuhan Ratu, Bayah sudah ada penginapan walaupun standarnya tidak seperti hotel berbintang.
    Selamat datang di Bayah, dan enjoy views of the beach and nature in Bayah.
    Bayah the future will not be beautiful and wonderful, because currently there is construction of a cement plant that will bring a domino effect. PAD is ok, but the priority nature conservation must be maintained.

  3. Aduh senangnya kampung saya dipublikasikan. Terima kasih neng atas atensinya menginformasikan kepada publik objek wisata yang ada di Bayah – Kab. Lebak, Banten Selatan. Sebentar lagi saya pulang kampung/mudik untuk berlebaran di Bayah, dan rasanya kurang pas jika tidak mengunjungi pantai Pulo Manuk bersama keluarga makan dipinggiran pantai diatas hamparan pasir putih sambil bakar ikan laut, nikmat dan mak nyosssss.
    Just info : akses menunju Pantai Bayah
    1. Bandung – Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Bayah
    2. Jakarta – Bogor – Pelabuhan Ratu – Bayah
    3. Jakarta – Serang/Pandeglang – Bayah
    4. Jakarta – Rangkasbitung – Bayah
    5. California – Jakarta – Serang/Pandeglang – Bayah
    6. London – Jakarta – Serang/Pandeglang – Bayah

    Kendaraan ke Bayah bisa menggunakan Bus Damri jika rute dari Jakarta turun Serang. Bus Rudi jika rute dari Jakarta turun Rangkasbitung. Naik bus MGI jika rute dari Bandung turun Sukabumi dilanjutkan jurusan Pelabuhan Ratu dan naik bus Elf jurusan Bayah. Naik odong-odong juga bolehlah…..

    Terima kasih neng Winny

  4. @ Kang Risap Saprudin
    Gimana nih…. reportnya mudik ke Bayah sudah bisa di-share di sini?
    Saya tunggu update terbaru yak….dlm wktu dekat mau ke situ juga….penasaran euy…
    Thanks….

  5. Wonderful…..itu jembatan penghubung jalan raya cibareno, bayah km 1,5 menuju jalan akses ke proyek dermaga dan proyek semen lebak di km 7 benar-benar fantastik. Oke!

  6. @ neng Winny
    Neng bekerja di Semen Merah Putih Bayah ya?
    Saya kuatir Bayah kedepannya seperti apa. Polusi udara, laut tercemar ada aktifitas hilir mudik kapal tongkang, dan jalan akan semakin rusak karena banyak dilalui kendaraan berat pabrik semen.
    Kemajuan daerah secara materi mungkin iya karena dampak dari berdirinya sebuah pabrik. Akan banyak warga dari luar Bayah datang ke Bayah untuk mengadu nasib. Yang jadi buruh pabrik, yang jadi pedagang dll, sehingga roda perekonomian akan berputar dan berkembang.

    Saya selaku orang Bayah yang tinggal di Jakarta, ketika pulang ke Bayah sekitar bulan Januari 2016 tidak merasakan sejuknya udara Bayah, yang terasa panaaaaaaaas hot hot banget persis balsem galiga.
    Dulu sebelum ada pabrik semen, udara Bayah terasa sejuk walapun dekat pantai, rasa aroma udara pegunungan terasa, namun sekarang sumpah jadi orang kaya 7 turunan udara di Bayah jadi hoooooooooooot.

    Kenapa harus ada pabrik semen di Bayah???

    Salam,

    Risap Saprudin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s