Hello World!

Jakarta yang merupakan New Yorknya Indonesia memeiliki ciri khas sebagai pusat belanja atau sering disebut dengan shopping mall center. Jika mengunjungi Jakarta sangat identik dengan mall dan bangunan tinggi. Banyak pusat belanja tersebar mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat hingga ke Jakarta Pusat dan memiliki ciri khas tertentu untuk setiap mall.

Mall-mall yang ada di Jakarta antara lain:

Thamrin City , Grand Indonesia, Plaza Indonesia ,Mall Taman Anggrek , Lindeteves Trade Center (LTC-Glodok), Sarinah  Glodok Plaza, Slipi Jaya Plaza, Harco Glodok, Blok M Square , Lokasari Plaza, Mall Ciputra, Mall Daan Mogot, Mall Taman Palem, Mall Puri Indah, PX Pavillion, Seasons City, Central Park Jakarta, St Moritz Mall, Blok M Plaza,  Mal Kalibata, Cilandak Town Square, Mal Cilandak, Bintaro Plaza, ITC Fatmawati, Kuningan City, ITC Kuningan, Mal Ambassador, ITC Ambasador, Pondok Indah Mall I, Pondok Indah Mall II, Pasaraya Manggarai, Plaza Semanggi, Pejaten Village, Melawai Plaza, Pacific Place, Setiabudi One, ITC Permata Hijau, City Walk Sudirman,  Gandaria City, Epicentrum Walk Rasuna, ITC Mangga Dua, Mall Sunter, Mall Kelapa Gading I, Mall Kelapa Gading III, Pasar Pagi Mangga Dua, Pluit Village, WTC Mangga Dua, Pluit Junction, Mall Artha, Gading, Kelapa Gading Trade Center, Sports Mall Kelapa Gading,  Mall of Indonesia, Emporium Pluit, La Piazza, Cibubur Junction, Kramat Jati Indah Plaza, Ramayana Kramat Jati Indah, Pusat Grosir Cililitan, Tamini Square, Pusat Grosir Jatinegara, Cibubur Square, MT Haryono Square, Pulogadung Trade Center, Rawamangun Square, Buaran Plaza, Mal Citra Klender,  Mal Graha Cijantung, Arion Mal, Arion Plaza, Mall Murah Depok Town Square dan lain-lain.

Menurut pengalaman saya, ada 3 tempat belanja murah di Jakarta yang saya sarankan yang harganya murmer alias murah meriah:

1. Tanah Abang

Siapa yang tidak kenal tanah abang? Tanah Abang merupakan pusat belanja murah di Jakarta khususnya garmen, karena di tanah abang ini menyediakan berbagai macam garmen dan dijual secara grosir maupun eceran. Jadi yang ingin belanja grosir murah boleh mendatangi Tanah Abang. Semua ada disini seperti pakaian : celana panjang, baju tidur, batik, mukenah, pakaian muslim, pakaian anak-anak, pakaian dewasa, pakaian laki-laki, pakain perempuan, tas dan masih banyak lagi. Diluar tanah abang ada juga yang jualan oleh-oleh dari Mekkah seperti kurma dan air zam-zam dan oleh-oleh ciri khas Arab lainnya.

Tanah Abang Jakarta

Tanah Abang Jakarta

Tanah Abang sangat mudah untuk ditemukan. Lokasi tanah abang berada di Jakarta Pusat tak jauh dari Thamrin Plaza. Akses ke tanah abang bisa dengan busway, kopaja, metromini, sepeda motor , bajaj, maupun bemo dengan arah ke tanah abang. Kalau belanja di tanah abang sebaiknya menyiapkan apa yang harus di beli agar tidak pusing karena tanah abang itu luas. Kalau misalnya ingin mencari tas maka sepanjang lantai 7 akan banyak pilihan.

2. Pasar Senen

Aku paling suka belanja di pasar senen karena harganya yang relatif murah. Ciri khas dari pasar senen ialah pusat jam tangan murah, tas murah dan dompet murah. Dan lucunya di pasar senen ini terdapat penjualan baju bekas kalau bahasa Medannya namanya Monza :D.. Harga baju bekas ini bervariatif, ada yang 3 Rp10000, ada yang 15000 dan penjuala biasanya berbicara keras-keras. Aku dan sahabat terbaikku Muja ketawa ketika mendengar ibu penjual monza berkata seperti ini

“baju Rp500o0 saja karena nenekku lagi ulang tahun, Khusus hari ini” sambil berkata dengan keras.

Lucu melihatnya 😀 . Di pasar senen juga ada tempat beli buku yang murah meriah tpai harus pandai menawar. Dan di pasar senen juga terdapat grosir baju seragam.

TANAH ABANG JAKARTA (2)

Lokasi pasar senen berada di Jakarta Pusat dan akses ke pasar senen sangat mudah karena mudah di akses dengan transportasi umum seperti busway, metromini, kopaja dan sebagainya. Kalau mau merasakan sensasi tawar-menawar mampirlah ke pasar senen.

3. Blok M

Blok M juga merupakan salah satu pusat belanja yang ada di Jakarta. Lokasi Blok M di Jakarta Selatan dan akses ke Blok M juga sangat mudah. Aku juga suka belanja di Blok M karena kemeja di Blok M murah dan pakaian wanitanya juga tapi harus pandai menawar. Biasanya pedagang memberikan harga yang mahal jadi harus pandai menawar. Untuk kemeja musim sekarang untuk kantoran hanya Rp65000 ( ini harga yang paling murah), jadi harus pintar menawar kalau belanja 😀 Seperti sahabat saya Muja yang tawar menawar saaat belanja di Blok M.

Blok M

Blok M

Sudah kamu ke salah satu pasar murah Jakarta tersebut???

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

34 Comments

  1. aku penasaran bgt sama tanah abang dan gak pernah kesana 😦

    Reply

    1. ayo kesana nyonya biar seru 😀

      Reply

    2. aman gak belanja di tanah abang

      Reply

      1. aman gk nya hati2 aja, harus mawas diri dimanapun berada, iya kan? 🙂

  2. Kalo untuk garmen grosiran, Cipulir juga patut dicoba.

    Reply

    1. terimakash sarannya raf 😀

      Reply

      1. Most welcome 🙂

  3. di pasar senen berasa lagi di “pajak”
    secara banyak orang batak disitu …
    pohul2, semua keperluan pesta batak juga ada hahaha

    Reply

    1. pohul2 lucu bgt hahahah

      Reply

  4. woww… lngkap juga spot2nya… btw utk urusan psr mainan yg murah ada di pasar gembrong (jaktim) atau di glodok – kota.. 🙂

    Reply

    1. kalau urusan barnag murah unik dimna yah capung?

      Reply

  5. Jakarta memang surga belanja, klo mau lihat mal2 mewah afa di Jakarta. Di Ln menurutku msh kalah deh, disini ga ada tuh yg semewah mal2 di pusat Jakarta ;).

    Reply

    1. kalau di German mahal gak kak harga baju2 gitu hehehe 😀

      Reply

  6. Tamcit masuk gak win? Ambas… My fav hehe..huhuhuhu… Jd pengen jalan ke tabang….:p

    Reply

    1. tamrin city lebih terkenal dengan batiknya yang murah, klo ambass aku jg suka bnyk yg mruah dsana ehhehe.. kpn2 hang out sama nyok 😀

      Reply

  7. Tanah abang sekarang bagus banget ya. Udah lama ndak kesana 😦

    Reply

    1. ayo ika sama2 kesana lg 😀

      Reply

  8. Bisa ni dijadikan referensi tempat belanja kalo ke Jakarta 😀

    Reply

  9. Blok B Tanahabang jam5 pagi sekarang udah buka tuh… Kalo naik motor, saya parkirnya di lantai 11. Sepi dan luas

    Reply

    1. terimakasih ibundakani unutk informasinya

      Reply

  10. Ke blok M sudah……
    yang laennya belum…
    😦

    Reply

    1. cpt u tamat so au byri ongkosmu tuson

      Reply

  11. wah eike belm pnh ke tanah abang…
    tp PGC (pusat grosir cililitan) juga recommended lo win tmpt blnja murah. kalo d medan kita biasa beli kemja/kaos 50 to 60 d pgc only 35rebo. 😀

    Reply

  12. Tanah memang tempat favorite, bukan hanya utk belanja, tapi juga kulakan 🙂

    Reply

  13. kalo belanja baju anak2 yg paling murah dimana yaa tuk grosiran….mohon infox dooonk…
    thanks y sblumx…..

    Reply

  14. Mau minta rekomendasi dong. Kalo buat baju wanita mendingan thamrin city, tanah abang atau mall ambassador ya?

    Reply

    1. sama aja kak tergantung pilihan, klo batik yg banyak dan bgus ke tahmrin, klo baju kantoran banyak d ambass klo beli grosiran tanah abang. klo mnrt aku dri ketiganya yg paling murah tanah abang cuma belinya harus minimal 3, 6 atau selusin

      Reply

  15. Mohon info ka,grosiran baju merk salt,d’ lovera,by gagil dmn ya,tanah abang ada tdk ya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s