8 Tempat Wisata Eksotis di Kupang

Pulau Kera

Hello World!!

Bicara tentang pariwisata Indonesia tidak ada habisnya karena negara kita tercinta ini dianugerahi kekayaan alam indah yang berlimpah ruah. Banyak tempat wisata yang menjadi pilihan bagi traveller dan patut dicoba jalan-jalan ala Backpacker ke Indonesia bagian Timur, “Kupang, Nusa Tenggara Timur”.

Kupang ialah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki keindahan alam yang luar biasa meskipun sebahagian besar kurang dikelola namun begiitu indah khususnya daerah pantainya memiliki pasir putih dan air laut sebiru langit membuat setiap orang takjub melihatnya.

Bagi yang belum atau yang sudah  atau yang akan berniat menjelajah Nusa Tenggara Timur, harus mencicipi pariwisata yang ada di Kupang. Untuk Backpacker Indonesia si Boru Batak 😀 memberikan referensi tempat yang eksotis yang ada di Kupang. ‘Kan ada kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Kenalilah pariwisata Indonesia, dunia pada umumnya untuk melihat betapa luasnya dunia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini (ehmm sedikit berceramah teman :D).

Nah untuk membantu traveller atau keluarga yang hanya sekedar rekreasi atau kunjungan ada 8 tempat wisata eksotis di Kupang yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi.

8  Tempat Wisata Eksotis di Kupang

1. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana merupakan pantai unggulan yang ada di Kupang. Pantai dengan pasir putih dan serangkain karang  di tepi pantai serta disekelilingnya terdapat pohon kelapa, serasa berada di Brazil ini Brazilnya Indonesia :). Tapi jangan heran jika tempatnya tidak terlalu di kelola dengan baik. Ironis memang tempat seindah Lasiana tidak dikelola dengan baik. Cukup bayar Rp 1000 untuk tiket masuk ke pantai Lasiana maka kita bisa merasakan keeksotisnya sunsetnya yang berwarna orange tenggelam di lautan.

Pantai Lasiana, Kupang
Pantai Lasiana, Kupang

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang berada di kota Kupang dan tidak perlu biaya untuk masuk. Keunikan dan keeksotisan dari pantai Pasir panjang terletak di warna airnya yang biru cerah dan sedikit warna hijau yang disekelilingnya karang besar. Dinamakan pantai pasir panjang karena pasirnya yang luas dan panjang disekitar sisi pantai. Sayangnya tidak ada tempat untuk membuat tikar, jika ingin duduk maka pilihan satu-satunya duduk diatas pasir pantai.

Pantai Pasir Panjang Kupang
Pantai Pasir Panjang Kupang

3. Pantai Timor

Pantai Timor berlokasi tak jauh dari Kampung Solor Kupang dan cukup membayar Rp 1000 maka kita bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan Pantai Timor. Tak kalah indah sunset di Pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.

Pantai Timor Lasiana
Pantai Timor Lasiana

3. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong terletak agak jauh dari Kota Kupang ditempuh sekitar 2 jam dengan motor dari daerah Tenau, Kupang. Keunikan dan Eksotisme pariwisata pantai Tablolong terletak di warna pasir yang kemerah jambuan dengan dua warna air laut, biru dan hijau. Cukup membayar tiket masuk ke  Pantai Tablolong seharga Rp5000 dan kita menikmati suasa pantai yang dengan pohon yang mirip bonsai tumbuh di atas karang, ajaib bukan? aku sangat heran kok bisa yah pohon tumbuh di atas karang? Itulah keeksotisan Pantai Tablolong Kupang.

pantai tablolong kupang
pantai tablolong kupang

 

4. Pantai Neam

Pantai Neam lebih cocol dibilang dengan pantai tanpa nama, karena menemukan pantai yang satu ini cukup menguras jejak petualangan kita :D… Karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan perjuangan Traveller dan Bolang sejati. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya dituutp, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. Menjelajah pantai Neam meningkatkan adrenalin berpetualang kita.  Perjuangan ke Pantai Neam sangatlah worth it karena kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan yang mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya ynag besar serta sunset yang menutupi gunung karang.

Pantai neam
Pantai neam

5. Pulau Kera

Pulau Kera merupakan Pulau yang berada yang berada di tengah Lautan luas yang bisa kita lihat dari tepi sepanjang pantai Kupang. Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di Pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan. Diseberangi dengan perahu kecil yang bergerak yang membuat kita khawatir akan tenggelam khususnya aku yang tidak bisa berenang heheh :D.. Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana.  Saran jika ingin mengunjungi Pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah denganwarga sekitar yang ramah.

Pulau Kera, Kupang
Pulau Kera, Kupang

6. Pulau Semau

Pulau Semau yang tak jauh dengan Pulau Kera juga memiliki keeksotisan tersendiri dan keunikan yang membuat backpacker rela-real menaungi lautan yang luas hanya untuk sekedar melihat pantai putih atau sekedar merasakan suasa Pulau Semau yang mistis. Di Pulau Semau terdapat sebuah mata air yang berbentuk kolam yang airnya segar dan disekelilingnya pepohonan dan tidak perlu khawatir karena di tidak perlu membayar biaya untuk mandi di kloma mata air.

6. Kolbano

Kolbano merupakan nama Pantai dipenihi bebatuan dan uniknya tidak ditemukan pasir. Disepanjang tepi pantai dipenuhi oleh bebatuan berwarna-warni. Untuk sampai di Kolbano membutuhkan waktu 4 jam dari Kupang melalui Kabupaten Timor Selatan. Terdapat gunung dengan batuan besar yang eksotis. Dan ketika memanjat ke Gunung ini akan terlihat jelas keindahan pesisir pantai Kolbano.

kolbano kupang
kolbano kupang

6. Air Terjun Oenesu

Ternyata Kupang tidak hanya melulu pantai loh, Air Terjun juga ada yang berjarak hanya 17 km dari kota Kupang. Keunikan air terjun Oenesu pada batuan yang mirip singa dan mulut gorilla, eksotis bukan?. Daerahnya sejuk dan dipenuhi pepohonan. Untuk memasuki air terjun oenesu cukup membayar tiket masuk seharga Rp5000.,

Oenesu

 

7. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala yang berada di 13 km dari Soe. Jarak Soe-Kupang sekitar 2-3 jam. Air Terjun Oehala memiliki keunikan dari bentuknya yang mirip kasur tempat tidur dan dipenuhi dengan pepohonan. Air Terjun Oehala sangat sejuk dan disekitranya terdapat gajebo dan kita harus melewati tangga. Kesegaran air dan hijanya pemandangan sekitar membuat kita serasa refresh!

Air Terjun Oehala patut untuk dikunjungi!

Air Terjun Oehala, Kupang

8. Gua Kristal

Gua Krital sangat menakjubkan karena siapa akan sangka ada sebuah gua yang berisi air yang warnanya sebening kristal sehingga kita bisa melihat dasar gua! Gua kristal memiliki air yang tidak asin padahal gua kristal menyatu dengan laut. Untuk sampai ke Gua kristal melalui Bolok dan melewati jalanan karang dan pintu masuk ke Gua Cristal terdiri dari batuan yang pecah dan menyatu membentuk pintu kecil seukuran badan manusia. Airnya dingin dan disekelilingnya batu besar yang berwarna cokelat. Waktu yang eksotis untuk dikunjungi ilah saat siang hari karena matahari langsung menyinari air dan membuatnya berkilauan.

Semoga 8 parawisita bagi pembaca 🙂

 

Salam

Weeny Traveller

Iklan

120 tanggapan untuk “8 Tempat Wisata Eksotis di Kupang

      1. Aku juga pingin sekali ke kupang .yg pertama keinginanku pantai pink tapi jaraknya dari kupa g berapa jauh ya.

  1. Jalur Neam sebelah mana sih, sama kaya jalur Kolbano ga? satu arah juga ga sama Oehala Waterfall. masih banyak PR buat liburan yang belum di jajakin

  2. keren…..
    Cuman kalu dihitung, bukan 8 destinasi wisata tuh, malah 11 destinasi….
    Gila… Cakep banget gua kristal nya….

      1. Mantap,,, coba lg ke flores, disana jg ga kalah exsotis,, ada pantai berwarna pink, danau 3 warna,, dan masih banyak lg dan tentunya exsotis semua,,,

  3. Waaaah.. Ternyata ada bbrp wisata yg ok ya di Kupang. Dlu kesana ngga ada yg ksh tau tempat2 tsb. Saya sepertinya akan kesana lg dalam waktu dekat. Namun, saya bingung bagaimana mengunjungi tempat2 tersebut jika tidak ada motor disana? Apakah ada kendaraan umum atau rental motor gt disana? Supaya saya bisa mencapai tempat2 tersebut.

    1. Semua nya berada di Kupang. Karena Kupang kecil jadi dari satu pantai bisa ke pantai lainnya. Pantai Lasiana tak jauh dari Penfui. Pantai Timur di Kota tidak jauh dari Bank Mandiri ke arah Solor, Kupang. Pantai Pasir Panjang terletak di depan tempat Futsal. Pulau Kera berada di tengah lautan bisa dilihat dari tengah kota Kupang. Langsung ke KUpang aja pasti ketemu karena Kupang itu kecil

  4. Pantai Neam itu arah mana??ke arah kolbano??dr potony model ombakny pantai neam itu mirip kyk pantai oetune,,pantai oetune itu pantai yg dkt kolbano..

  5. minta tolong info, saya ada rencana ke Kupang tgl 25 Des 2014 – 1 Jan 2015 dengan keluarga kecil, total 3 orang. Bisa minta info penginapan di Kupang yang cocok untuk kantong backpacker? dan berapa biaya rental motor atau rental mobil? dimana kita bisa rental.

    di sekitar kupang, kita bisa ke mana lagi ya? terimakasih banyak

      1. subhanawllah pung bagus le smua pemandangannya jadi rindu kampung halaman ni..
        tapi tedis deng laut yang di namosain sonde kasih msuk na kk padahal bagus tuh klo pikir pikir..:)

    1. Saya ke Kupang menginap di Evergreen homestay di Kuanino (belakang BTN), cuma 200rb, itu AC, kamar mandi shower, sarapan roti dan teh. Suasana nyaman, tenang. Pantai2 di Kupang memang indah, saya baru sempat ke Lasiana, Gua Kristal, Pantai ….. (hidden beach haha), Kolbano, dan makan malam di Kelapa Lima. Kupanh keren lah, musti balik kesana lagi suatu hari nanti.

  6. hay salam kenal..
    saya mau tanya informasi tentang panai neam..’aksesnya jalanx dri mana ya n dapat infrmasi pantai itu drimana..
    penasaran, solax saya orng kupang tapi coba cri infrmasi tdak ketemu.. mohon informasi dan bantuannya

  7. terima kasih banyak Winny atas infonya 😀 sangat bermanfaat sekali :D…kalau boleh tanya, untuk mengunjungi 8 objek wisata tsb, bisa dalam 2 hari kah? misalnya base kami ada di kupang (Jalan Soeharto Kupang atau di Jalan Bundaran PU)? dan kalau boleh minta sarannya, rute terbaik dimulai dari objek yang mana dulu ya, kalau base kami dari jalan Soeharto/ Bundaran PU?
    apakah Winny punya referensi rental mobil di Kupang?
    terima kasih sebelumnya Winny, God Bless you 😀

  8. Hi…salam kenal semuanya 😊 seuneng bangeeet deh nemu tulisan ini kebetulan besok Kupang my destination, jd gak sabar pengen cepet” ke Kupang deh

  9. Baru bulan kemarin sempat mengunjungi beberapa wisata eksottis dikupang ini, pantai kolbano, pantai tablolong sunsetnya kece banget, sempat jelajah semau, dan banyak lagi. Pasti banget pengen bisa balik jelajah lagi, karena masih banyak yang masih belum dijelajahi

  10. Di kupang ada penyewaan motor tdak? Bsok mau ke lembata tp harus transit dulu d kupang shari. Mau cba explore kupang. Wisata yg dekat2 dgn kota apa aja ya

      1. Oto di sana ongkosnya berapaan? Paling malem jam brp? Tujuannya kmna aja? Ceritanya besok saya mau ke NTT selama 5 hari, bisa jadi dapet jatah yg di Kupang soalnya.. penasaran sama Goa Kristal, brp jam dari kota? Makasih

      1. Kak, pantai neam kearah mana?
        Aku di kupang blm tau pantai neam,
        Klo arah kolbano taunya itu pantai oetune..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s