15 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi di Medan dan Sekitarnya, Sumatera Utara


Hello World!

Kalau berbicara Medan tiada habisnya, selain keragaman budayanya juga memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi. Medan yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara memiliki beragam kekayaan, salah satu yang menarik perhatian ialah wisata alamnya.

Buat Para Bacpacker yang ingin travelling ke Medan, beberapa destinasi menarik yang bisa  direkomendasikan untuk dikunjungi sewaktu berada di Medan dan disekitar Medan Sumatera Utara yang bisa ditempuh dalam sehari.

Coba kalau berbicara pariwisata di Sumatera Utara pasti orang akan menebak “Danau Toba”! Yah Danau Toba yang merupakan Danau terluas di Indonesia memang sangat terkenal hingga Internasional, eits tapi tunggu dulu di Medan dan sekitarnya juga terdapat tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi loh!

Check it out!

Backpacker Indonesia merangkum 15 Tempat Menarik Yang Wajib di kunjungi di Medan, Sumatera Utara

1. Istana Maimun

 Istana Maimun sangat terkenal karena merupakan peninggalan Kerajaan Deli, sebuah istana yang berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan sangat mudah untuk dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.

Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah. Untuk menambah wawasan tentang Kerajaan Deli dan menikmati nuansa tempo dulu, Istana Maimun bisa jadi referensi untuk travelling dan menikmati hari libur di Medan cukupmembayar Rp5.000 saja maka bisa masuk ke dalam Istana Maimun. Wisata yang murah bukan?

Istana Maimun
Istana Maimun

2.       Masjid Raya Medan

Kalau ke Medan jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Raya Medan yang merupakan icon Medan. Masjid Raya Medan merupakan masjid yang megah dan besar yang merupakan rumah ibadah umat Islam. Nama lain dari Masjid Raya Medan ialah Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebanyak lima buah dengan warna putih dengan kubah berwarna hiyam dan membawa kesan yang menakjubkan. Tempat ini sangat mudah dijangkau, masjid raya medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Medan. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.

Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan

3.       Danau Linting

Salah satu Danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Medan ialah Danau Linting yang meiliki warna hijau dan biru ayng disekelilingnya terdapat batu cadas. Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor. Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona! Aku paling suka dengan suasana Danau Linting dengan udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing di hari libur!

Danau Linting Medan
Danau Linting Medan

4.       Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Air terjun Sipiso-piso Tongging yang mistis  berada sekitar 135 km dari Brasatagi. Air terjun Sipiso-piso Tongging memiliki ketinggian 120 meter dan dekat dengan Gunung Sipiso-piso . Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun Sipiso-piso Tongging yang indah. Bersiap-siap olah raga jika ingin pergi ke dasar air terjun Sipiso-piso Tongging karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah melalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki disepanjang tebing yang curam. Benar-benar merasakan sensasi adventure jika melewati jalan setapak yang berliku dari Air terjun Sipio-piso. Air terjun Sipiso-piso Tongging sangat indah karena pemadangan luar biasa indah dari Danau Toba yang bisa dilihat di tengah bukit Sipiso-piso Tongging yang disekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan berpadu dengan biru Danau yang disekelilingnya lembah yang menakjubkan. Aku sangat rekomendasi untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso karena keindahan air terjun dengan Danau Toba sehingga aku tak salah menyebutnya sebagai salah satu pariwisata yang wajib dikunjungi di daerah Sumatera Utara.

Air Terjun Tongging
Air Terjun Tongging

5.       Sibayak dan Gunung Sinabung

Kalau yang satu ini ialah destinasi pegunungan yang ada di sekitar Medan tepatnya di daerah Brastagi sekitar 2 jam dari Medan dengan bus. Sibayak merupakan Gunung Merapi yang disebut juga dengan Gunung Raja. Disekitar Gunung Sibayak bisa melihat perkampungan penduduk. Selain itu ada juga Gunung Sinabung yang terletak di Kabanjahe yang merupakan gunung merapi aktif yang meletus di akhir tahun 2013 silam. Aku paling suka dengan suasana Brastagi yang dingin mirip Bandung dan mirip juga seperti Bogor, dingin dan sejuk dengan pemandangan indah Kota Medan dari Gundaling. Untuk daerah Kabanjahe kurang lebih 30 menit hingga 1 jam dari Brastagi terkenal dengan kebun jeruknya.

Sibayak
Sibayak

6. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Pernah lihat kolam yang semuanya berisi buaya? iiih, ngeri bukan? Sebuah kolam dengan buaya dapat dilihat di Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan yang berisi buaya-buaya rawa. Taman Buaya Asam Kumbang merupakan salah satu tempat yang harus dicoba dikunjungi jika sedang di Medan karena di taman buaya kita bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang umur buayanya variatif hingga umur 78 tahun.. tuanya!! Hehehe :D… Lokasi Taman Buaya Asam Kumbang di Sunggal Medan dan sangat mudah untuk ditemukan karena banyak trasnportasi umum  serta biaya masuk taman buaya sunggla cukup membayar Rp5.000.

Pengkaran Buaya Asam Kumbang Medan
Pengkaran Buaya Asam Kumbang Medan

7.       Rahmad Gallery

Pernah melihat hewan yang di awetkan dengan koleksi hewan dari berbagai mancanegara? Yup itu bisa dilihat di Rahmat Galleri Medan, sebuah museum pengawetan hewan yang terkenal dengan “wild museum”. Ketika aku dan sahabatku Evlina kesini sangat kaget melihat hewan-hewan yang diawetkan dan ditata dengan sebaik mungkin sehingga menambah wawasan tentang dunia satwa. Hewan-hewan ini bukan sengaja dibunuh yah tapi hewan yang sudah mati lalu diawetkan! Kamu akan takjub dengan isi dari museum yang lengkap banget. Bayangin aja di Museum Rahmat terdapat koleksi hewan sebanyak 1000 jenis spesies. Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk Rahmat Galleri sebesar Rp25.000 untuk dewasa.

Rahmad Gallery Medan
Rahmad Gallery Medan

8.       Kampung Keling/Kampung Madras Medan

Kampung Keling atau sekarang yang disebut dengan Kampong Madras ialah nama sebuah tempat yanga da di Medan yang memiliki penduduk India yang besar. Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan. Kampung Keling bisa juga disebut Litte India nya Medan. Kalau yang doyan India boleh deh datang ke Kampung Keling maka hidung mancung akan bertaburan di sekitar Kampung Keling 🙂

Kampung Madras Medan
Kampung Madras Medan

9.       Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Sibolangit yang berjarak 2 jam dari Medan dengan motor atau bus merupakan tempat pegunungan yang sejuk dan penuh dengan tempat wisata yang menarik dan cocok untuk travellers penyuka alam. Salah satunya ialah Air Terjun Telaga Dwi Warna yang berada di dalam hutan Sibolangit. Disebut Dwi warna karena air terjun terdiri dari dua buah yang mempunyai dua warna yang berbeda. Yang satu air terjunnya dengan warna air berwarna biru yang arinya dingin dan satunya lagi tak jauh dari air terjun dingin terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih. Untuk sampai ke Telaga Dwi warna butuh 3 jam perjalanan dengan kaki menjelajah hutan dari taman wisata Sibolangit. Jadi di lokasi ini terdapat dua air terjun yang berdekatan sehingga disebut telaga dwi warna. Siap-siap untuk perjalanan panjang ketika ingin ke Telaga Dwi Warna karena harus melewati hutan selama 3 jam dengan kaki melewati Gunung berbukit dan jalana yang curam melewati hutan namun ketika sampai di Air terjun Dwi Warna maka mata akan takjub dengan keindahan air terjun yang biru sehingga secara otomatis rasa capek hilang seketika.Pariwisata yang masih tersembunyi dan jika ingin kesini sebaiknya menyewa tour guide/ranger hutan agar tidak tersesat di hutan. Tempat ini cocok untuk camping.

Telaga Dwi Warna Brastagi
Telaga Dwi Warna Brastagi

10.Bukit Lawang

Untuk wisata alam, cobalah Bukit Lawang yang berada di lokasi Taman Leuser yang terkenal dengan orang utan. Kita bisa melihat orang hutan di Bukit Lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar untuk feedings monkeys. Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mecoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak Bukit Lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai. Disekitar Taman Lauser ada Sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasa hutan dan pedesaan.

11.   Tangkahan

Tangkahan ialah salah satu tempat  wisata yang bisa untuk referensi jalan-jalan di Medan yang terkenal dengan Gajah Sumatera. Wisata Tangkahanberupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun atau sekedar mandi di Sungai dengan pemandangan indah pegunungan. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia. Aku paling suka dengan Gajah-gajah jinak di Tangkahan.

Gajah di Tangkahan
Gajah di Tangkahan

12.   Tjong Afie

Merupakan rumah tua yang merupakan peninggalan Tjong Afie  dengan desain perpaduan Tionghoa Melayu dan Eropa. Disini kita bisa menikmati sejarah kehidupan, mempelajari budaya perpaduan Melayu dan Tioghoa serta peningalan yang bersejarah baik itu lukisan, maupun perabotan rumah tangga keluarga Tjong Afie. Lokasi Tjong Afie  di Jl. Ahmad Yani Kesawan Medan dan mudah untuk ditemukan, tak jauh dari Merdeka Walk. Sayangnya biaya masuk agak mahal sehingga aku tidak pernah masuk ke dalam cuma numpang photo di depan Gerbang. Konon katanya Tjong Afie itu angker tapi tidak tahu benar atau tidaknya.

Tjong Afie Medan
Tjong Afie Medan

13.   Danau Lau Kawar

Salah satu Danau mistis dan misterius lainnya yang tak jauh dari Medan ialah Danau Lau Kawar yang berlokasi di Brastagi. Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung dan butuh 3 jam perjalanan dari Medan. Sangat cocok untuk camping dan disekelingnya terdapat pedesaan yang menakjubkan. Namun jangan coba-coba mandi karena dilarang mandi di Danau ini, konon katanya yang mandi di danau Law Kawar akan menghilang. Aku kesini karena teman-teman satu kampus menculik dengan sengaja kesini hahaha 😀

Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

14.   Salju Panas Tinggi Raja

Salju panas? Aneh bukan? Tapi fenomena alami ini nyata loh! Salju Panas Tinggi Raja berlokasi di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun sebuah objek wisata yang masih tersembunyi karena jalannya yang jelek dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Perjalanan ke Salju Panas dari Medan sekitar 3 jam. Salju panas ini adalah Pamukkalenya Indonesia, sebuah pegunungan sulfur dengan sulfur berwarna putih dan yang satunya lagi berwarna hijau dengan air panas berwarna biru yang disekelilingnya terdapat  sungai. Bukit kapur yang indah dan menawan. Salju panas tinggi raja wajib di kunjungi oleh traveler mania 🙂

Salju Panas

15.   Mickey Holiday dan Hillpark

Kalau Mickey Holiday dan Hillpark juga merupakan tempat untuk rekreasi sama seperti Dufan Jakarta tapi dalam versi Sumut heheheh :D.. Keduanya berada di Brastagi dan merupakan tempat untuk meningkatkan adrenalin, liburan serta untuk having fun!

Hillpark
Hillpark

Nah dari ke 15 wisata Medan diatas, apalah anda sudah pergi ke salah satunya objek wisata Sumatera Utara?

Salam

Weeny Traveller

Iklan

260 tanggapan untuk “15 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi di Medan dan Sekitarnya, Sumatera Utara

      1. itu kemaren nginap sehari ehheheheh ama keliling surabaya!! iya yah pdahal banyak tmpt menarik kayak bromo, tengger, kawah ijen, dlll belum sempat tp aku msh penasran ntar klo ksana lg aku kontak drmu yha hhehehhe 😀

      2. bromo dan tengger ada di probolinggo
        klu kawah ijen ada di banyuwangi
        klu tujuan nya kesana mending nginep di banyuwangi mba,,, soalnya klu nginepnya di sidoarjo kejauhan, capek di jalan ntar… 😀

      3. wisata yg paling diminati wisatawan itu ada 3 yaitu gunung Ijen yg terkenal dengan api birunya yg katanya cuma ada 2 di dunia yang satu ya di kawah ijen ini tapi terlihatnya klu malam hari, Pantai Plengkung dengan lokasi surfing terbaik di dunia, di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, dan Pantai Sukamade tempat penangkaran dan pendaratan penyu.
        masih ada yg lainnya mba..ini saya kasih link nya..
        http://thearoengbinangproject.com/wisata/wisata-banyuwangi/

    1. air erjun sipiso2
      tapi yg bikin penasaran saya kisah danau law kawar

      Salah satu Danau mistis dan misterius lainnya yang tak jauh dari Medan ialah Danau Lau Kawar yang berlokasi di Brastagi. Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung dan butuh 3 jam perjalanan dari Medan. Sangat cocok untuk camping dan disekelingnya terdapat pedesaan yang menakjubkan. Namun jangan coba-coba mandi karena dilarang mandi di Danau ini, konon katanya yang mandi di danau Law Kawar akan menghilang

      apakah bener kisah ini
      emm jdi tertantang ni mandi disana

  1. Wah… Brastagi udh ada dupannya ya? Dulu blm ada, masih alam bgt, tpt kunjunganku nih dulu wkt kecil, klo liburan sering kebrastagi.. Aaahhh… Jadi rindu medan, udah bagai kampung halamanku juga medan ini.. 🙂

  2. Waduch ternyata banyak benar ya object wisata di sumatera Utara (bukan medan dong) karena sebagian besar diluar medan…..
    iya dech ntar kalau mudik lagi ke medan mau menyempatkan diri mengunjungi tempat2 wisata tersebut, saya baru denger tuh danau linting, padahal dulu saya sempat tinggal di Tamora….tapi maklum ya jadoel jadi object wisata belum terexpose 😀

  3. just my opinion aja mbak, seharusnya sih itu mbak blgnya tempat2 wisata di sumatera utara aja mbak atau di brastagi bukan di medan karena rata-rata lokasinya jauh diluar medan. tuh sampai ada yg salah sangka mengira itu semua ada di medan dan bs dijelajahi dalam sehari, padahal sih melihat jaraknya dengan pusat kota itu butuh bbrp hari utk menjalani semuanya 🙂 nanti bs rancu org datang nyari2 air terjunnya di kota medan lg . ini kaya pengalaman salah seorang teman yang traveling ke medan untuk melihat danau toba, padahal jaraknya jauh banget dari medan hihihi… eniwe, postingannya informatif sekali. keep posting ya mbak 🙂

    1. terimakasih sarannya nayato, emang sengaja saya buat di Medan, kalau u baca di setiap penjelasanya aku buat informasi tentang jaraknya serta daerahnya loh, klo aku buat langsung sibolangit, tidak semua orang mengenal sibolangit jadi saya pake kata umum “Medan” mungkin akan saya edit aja medan dan sekitanya,, Thnks for ur suggestion 😀

  4. Wah..salah banget tuh. Kebanyakan tempatnya sih udah bukan di Medan lagi, tapi udah di Sumatera Utara. Lokasinya juga udah jauh banget dari Medan..

      1. tau kok mksh sarannya. Tapi kayaknya yg komen ini gl penah lihat dunia luar deh, org di laur itu gk tw klo danau toba itu di parapt sana mereka taunya di Medan karena Medan titu ibukota Sumut, aku juga orang Sumut kok, tmpt diatas saya buat berdasarkan pengalaman pribadi bukan asal cuap. jadi klo kritik yang gk membangun gk ush deh ngasih kritik yang sifatnya menjatuhkan

  5. wah info yang sangat berguna untuk saya yg bulan depan mau ke medan 🙂
    bisa minta tolong dibuat itinnya 3 hari keliling medan dan sekitarnya? hehe
    makasih

      1. suka semuanya winny 😀
        kalo ke danau toba harus menginap yah? bisa gak sehari langsung pulang ke medan?
        trus kalo mau liat rumah2 adat itu di mana yah? selaen di samosir hehe

      2. salam kenal Sasa, kalau ke Danau Toba bisa kok pulang hari tapi gk puas mending nginpa saja. rumah adatnya ada di daerah samosir sih kebanyakan, tapi disekitar parapat ada juga yang rumah opung ama rumah penduduk lokal masih pake rumah zaman dulu sebagian mirip rumah adat batak

  6. Winny,gimana mau sewa mobil dan berapa harga nya.? Boleh gak kamu bawa saya jalan2 di medan??saya menginap di hotel grand sakura..

    1. Kalau saya lagi di Medan saya bisa bawa dirimu, kalau menurutku gak usah sewa mobil karena mahal, mending naik bus lebih murah. Kamu sukanya lihat apa?Kalau di Medan bisa lihat penangkaran buaya, istana Maimun, Masjid Raya Medan, Rahmat Gallery, Tjong Api, Cemara Asri, itu bisa dilakukan sehari. Kalau mau ke arah Danau Toba minimal 2 hari, kalau ke arah Sibolangit banyak wisata alam min 2 hari juga.Mimi coba lihat page saya tentang Sumatera banyak tentang Sumatera Utara yang saya tulis, semoga berguna 🙂

  7. Ok,saya coba lihat sumatera utara.. Berapa harga sewa mobil sehari??danau toba jauh bangat ya dari medan?gimana pula jika saya mau beli souvenir ,dimana tempat nya?

    1. harganya tergantung kepandaian membawa mobil. danau toba jauh 5 jam dari Medan, beli souvenir bisa di Pasar Ikan atau di belakang Medan Mall. Kalau di Datau toba banyak jual souvenir

  8. Do u have a friend who lived in medan so that i can hire she/he to be my tour guide???im honored if you can help me…saya afraid jika saya sewa mobil dan mereka tipu duit saya…

    1. I dont know how much u hire him but I thnik u can give him as much as u able or ask him. he has motorcycle, if u want to around just Medan, motorcycle is ok. he can pick u to airport if u want, U can add his facebook, rizki antoni and try speak to him about the schedule and his tips.

    1. Mending disekitar Medan seperti : penangakaran buaya, istana Maimun, Tjong Afie,Rahmad Gallery bisa dalam sehari. Hari kedua ke Sibolangit aja lihat suasana Brastagi bisa sehari kok 🙂

    1. Kalau di medan paling nmginapdnya di daerah SM Raja mbak murah disekitarnya ada istana maimun, masjid arya medan. Harga hostel paling Rp200.000. tp kalau mau lebih mruha lg ke daerha jamin ginting cuma Rp50.000 tp jauh dari daerah wisata

  9. terima kasih kerana memberi banyak informasi tentang tempat-tempat menarik di Medan. Saya bercadang untuk melawat Medan pada 10 Sept 2013. Tinggal di Hotel Citi International Sun YatSen. Bagaimana hendak melawat tempat-tempat di sekitarnya dalam jangka masa 2 hari? Mohon bantuan panduan dari saudara.

    1. mudah sekali Jusoh, awak pake becak atau sewa mobil sahaja biar lebih praktis,, awak mau kemana sahaja? klo di medan semua tempat wisatanya bisa dijelajagh dalam waktu 1 hari saja, 1 hari bsia ke Brastagi

  10. Saudari Winnymarch boleh kah sediakan seorang pemandu pelancung bermotor untuk bawa saya mengelilingi bandar Medan. Jumpa saya di Hotel Citi Internasional Sun YatSin pada 10 Sept 2013 ok? kita bincang nanti.

      1. kalau tidak delay flight AK1350 dari KUL ke MES dijangka sampai jam 7.35am pada 10/9/2013 di Polonia International Airport

  11. wahh banyak juga ya
    tpi kebnyakan daerah medan ya ??
    cba donk sekali” dtg ke Banten
    bnyak ko tmpat wisata yg menarik di kunjungi
    eheheh 😀

  12. Sore Mbak…tanggal 09 november 2013 saya akan hadiri resepsi nikahan kawan di daerah Wisma HKBP Efrata, Martubung, Kecamatan Medan Labuhan. Medan. (Dekat Marelan ) .tapi dari tanggal 04 november Petang saya sudah berada di Medan.Saya butuh saran tempat2 apa saja yang kiranya bisa saya singgahi untuk mengisi waktu s/d tanggal 09 November, lalu hotel2 yang low budget serta transportasinya ya mbak kalau bisa sedetailnya, maklum saya baru kali pertama.kalau gak keberatan bisa PM ke astri.ryunita@gmail.com

    Makasih Banyak Dear…

  13. salam kenal winny…

    tempat2 lainnya di share lg dong..

    masi ada sunge binge di binjai, buat yg hobi rafting. tp sunge binge kalah keren dgn sungai ancol, masuk dr simpang gunung para arah ke siantar (sekitar 3 jam dr medan).

    di siantar ada kuil dewi kwan in dgn patung yg konon kbr nya tertinggi kedua di asia tenggara. lanjut ke kebun teh sidamanik arah ke parapat via simarjarunjung.
    lanjut explore samosir.. ada pantai pasir putih parbaba (kira2 30km dr tuktuk). trus ada hot spring di pangururan, lanjut lewat tele (puncak tertinggi samosir yg bs diakses dgn mobil/motor) turun arah ke medan mampir di danau silalahi, ada tugu asal muasal marga silalahi, mampir lg di simalem resort.
    salju panas ada jg di daerah sipoholon (tarutung, kira2 2jam dr parapat)
    hmmm… gak ada habis2nya ngomongin sumut…. 🙂
    jadi pengen ngetrip nih….

  14. Saya rencananya ke medan, tiket udah dibeli buat taun depan (biasa tiket promo) cm 3 hari trip aja. tapi baru tau kalo di medan byk banget tempat wisatanya.

    Bisa ga bantuin bikinin itinerary buat trip saya?
    Hari pertama tiba di medan jam 1 siang, pulangnya hari ketiga jam 5 sore

    Thanks a lot atas bantuannya yaaaaa

  15. Slam kenal winny,
    Mau tnya donk, saya rncana blan ini mau kemedan ada urusan kntor, rncana 3 hri doank, hri prtama rncana mau ktemu client dan hri beriktnya saya ingin ke danau toba & tmpat wisata lainnya, klo dri medan harus pake bus atau kndaraan umum apa ya klo mau kedanau toba?, mohon informasinya ya.

    Makasih…

  16. besok saya ke Medan nih, 23-27 Oktober 2013…tapi dalam rangka kerja..ada pameran di Hermes. Mudah2an ada waktu buat jalan2…Ada info gak lokasi wisata yang gak terlalu jauh? Thanx sebelumnya… 🙂

    1. Halo Nelda itu mudah ke asam Kumbnag apalagi disetai budi. coba naik mobil ke arah binjai terus lanjutkan naik ke arah asam kumbang. Klo gk salah bisa naik 135 biru tp tanyain lg soalnya say lupa 😀 klo danau linting baiknya naik motor kren jauh dan kecil mah itu danaunya.

  17. Salut sama Winnie, lanjutkan perjuangan mempromokasikan wisata Kota Medan dan sekitarnya, semoga pemerintah Kota Medan juga bisa lebih berbenah untuk melestarikan dan memajukan tempat” wisata & Budaya di Kota Medan seperti layaknya Kota Solo..
    Saya sebagai orang Medan BANGGA sama kamu,
    saran dari saya : Kalau bisa kamu cari koneksi di Medan (“yg dpt dipercaya”) untuk menjadi Tour Guide, sekaligus dpt memfasilitasi akomodasi & transportasinya..
    Lanjutkan perjuanganmu..
    HORASS Medan..!!!!

      1. Ini nih saya kasih referensi lagi ya…
        Di Medan dan sekitarnya :
        1. Istana Maimun
        2. Mesjid Raya Medan
        3. Museum/Galeri Rachmadsyah
        4. Museum Perjuangan 45
        5. Ternak/penangkaran Buaya
        6. Rumah Tua Cong Afi
        7. Pasar Ikan Lama
        8. Merdeka Walk
        9. Pasar Hindu
        10.Medan Zoo/Kebun Binatang Medan
        11.Wisata Alam Villa Saba Island
        12.Wisata Alam Danau Siombak
        13.Hermes Palace
        14.Taman wisata Hairos
        15.Danau burung Cemara Asri

        Luar Medan :
        1. Wisata Alam Bukit Lawang – Bahorok
        2. Wisata Alam Namou Ukur – Langkat
        3. Wisata Alam Tangkahan – Langkat
        4. Pemandian Alam Sibiru-Biru – Deliserdang
        5. Pemandian Alam Pantai Salju – Deliserdang
        6. Pantai Cermin Theme Park – Sergai
        7. Pantai Mutiara – Sergai
        8. Pantai Gudang Garam – Sergai
        9. Pantai Sri Mersing – Sergai
        10.Pantai Matematik – Sergai
        11.Salju Panas Tinggi Raja/Kawah putih – Sergai
        12.Kota Brastagi – Tanah Karo
        13.Pemandian air panas Sidebuk debuk – Tanah Karo
        14.Vihara Emas Brastagi – Tanah Karo
        15.Bukit Kubu – Tanah Karo
        16.Hill Park – Tanah Karo
        17.Mickey Holliday – Tanah Karo
        18Gunung Sibayak – Tanah Karo
        19.Gunung Sinabung – Tanah Karo
        20.Danau Lau Kawar – Tanah Karo
        21.Taman Simalem/Sipiso-piso – Tanah Karo
        22.Air Terjun Sigura-gura – Tanah Karo
        23.Parapat/Danau Toba – Simalungun
        24.Tongging – Simalungun
        25.Pulau Samosir – Simalungun
        26.Wisata Rohani Salib Kasih – Tarutung
        27.Pemandian air Soda – Tarutung

        Itu sekedar info. dan mudah”an bisa jadi masukan ..

  18. Sekitar 2 hari yg lalu, ada liputan air terjun Tongging di TV. Indah banget! Tp waktu presenter-nya bilang ada 1000 anak tangga yg harus ditempuh utk bisa sampai ke bawah, saya langsung mikir gempor-nya. Hahaha… Untungnya, selama menuruni 1000 anak tangga, ia selalu melaporkan keindahan alam di setiap sisi yang bisa dinikmati. Kayaknya worth it itu gempor-nya. Walau, mungkin perjalanan pulangnya akan lebih gempor lagi. Lol~

  19. Keren nih… thx infonya. aku juga org medan tp belum semua di jelajah.. cm bbrp aja hehe
    tp Salju panas tinggi raja beneran boleh di coba tuh, terakhir kesana jalanya udah lumayan bagus, perbaikan disana sini uda terlihat sih

  20. Waduh masa yg udh sering si yg di post mbak. coba post pelaruga, aek damanik atau bah manik, pulau berhala, pantai” di nias atau pantai” di tapsel kan banyak mbak. Cuma info aja yaa mbak 🙂

  21. Wah keren sangat kak winy, alhamdulillah hampir. Smua udah saya kunjungi, :D…
    Maklum, asli org medan saya,,,,Yg paling berkesan bagi saya, air terjun telaga 2 warna, G sibayak, n Sinabung…
    , kbtulan saya suka tracking masuk hutan, tp sayang G.Sinabungnya lagi batuk batuk 😦

    Nice info trip kk, 😀
    Semoga makin banyak wisatawan melancong ke Medan (y)

  22. Kalo ada yg mau kedanau linting, jangan lupa singgahi air terjun tarunggang 5km sebelum danau linting. Dan ada lagi air terjun pelangi 9km dari danau limting. Arah jalannya semua searah. Jadi dapat 3 objek wisata sekali jalan. Dan air terjunnya pokoke ajib lah…. Katanya ada lagi objek wisata dekat daerah sana. Tp aq kurang tau. Jd cuma bisa ngasih info itu aja dulu….hehehehe. Selamat menikmati….

  23. Ak yg ud prnah k no 1 , 4 , 6 , 7 , 9 , 10 n 14 🙂 slebihny krn gk ad wktu n tmen 😉
    Ad lg kq. Namu sira” , NamuUkur , Pelaruga , bnyk lg mbak. Aplg arah mw k Kawah putih (Salju Panas) kta lwatin tpt” yg Indah 🙂

  24. Ak yg ud prnah k no 1 , 4 , 6 , 7 , 9 , 10 n 14 🙂 slebihny krn gk ad wktu n tmen 😉
    Ad lg kq. Namu sira” , NamuUkur , Pelaruga , bnyk lg mbak. Aplg arah mw k Kawah putih (Salju Panas) kta lwatin tpt” yg Indah 🙂

    Thx

  25. cuma nambah dikit, biar afdol jalan2 ke medan nya.

    pemandian alam sembahe..
    pasar buah brastagi..
    gundaling di brastagi..
    pagoda di sibolangit..
    air terjun loknya di sibolangit..
    dan wajib singgah ke warkop harapan di medan, tempat tongkrongan anak muda medan..

  26. hi mba winny,,
    slm kenal ya,,
    need help plissss dong mba,,
    butuh info ni mau ada dinas ke Humbang Hasundutan – Pakpak Bharat – Samosir,,
    need info:
    1. Minta ref hotel yg bagus di daerah dekat pemkab humbang hasundutan atau sibolga? Dekat pemkab pakpak bharat, dan samosir Budget max 400rb,, ane cari di google nemunya hotel melati semua yg tarifnya 60rb-150rb

    2. Adakah sewa kendaraan disana, yg mau jmput di bandara & nganterin ke 3 pemkab itu? Atau dr sibolga ke 3 pemkab tujuan ane itu bisakah naik angkot?

    4. Pengen bngt nyobain naik kereta, apa ada jalur kereta yg melewati tujuan2 ane?

    5. objek wisata, tmpat beli oleh2 khas, makanan khas???

  27. Wahh jadi beneran mau ngetrip ke medan nih.. Akhir2 ini kerajinan nyari tiket murah buat terbang mesana hihii
    Salam kenal yaa, winny… Kalo ke medan bisa kontak2an dong 😁😊

  28. Teringat sy wkt ke parapat itupun masih SD, rombongan kesana dgn teman sekampung naik angkutan pedesaan tuk menghadiri acara Festival Danau Toba( tahunnya lupa),nyampe di sana menjelang malam. Manusia di lapangan itu bagaikan semut susah bergerak, yg lucunya oleh2 berupa ombus2 yg seharusnya dibawa plg sy makan semua malam itu juga(enak pulaknya). Adalagi ni bln juni2015 kmaren sy bersama istri jln2 ke parapat nk bus SEJAHTERA di terminal amplas tujuan parapat. Kl ke tomok hrs nyebrang lg nk kapal ( pas di tengah danau toba kita ini sy mrasakan luar biasa keindahan danau ini . Oh ya ada yg lucu nihhh waktu balik ke parapat nk kapal lg tp bkn yg td, begitu udah mau dekat pelabuhan tigaraja parapat (kab SIMALUNGUN) rasanya pengen lompat. Nahh disini sy heran dan baru th rupanya kapal ini tujuanny ke pelabuhan ajibata (kab TOBASA) dan bukan ke pelabuhan tiga raja,trnyt sy salah nk kapal. <<>> sbrny dua pelabuhan ini saling berdekatan lohh,tp udah beda kabupaten. Pengalaman lucu, percuma org medan, wkt kecil tinggal di kab simalungun pinggiran siantar. NB : kmaren nginap 3 malam aj di parapat,lalu balik kemedan nk bus SEJAHTERA lg. Horasssss Tano Batak Bahhhh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s