Makanan Favorite di Medan


Hello World..

Salam hangat buat blogger sedunia

Indonesian foodsEntah angin apa yang membuat saya ingin membuat article tentang makanan khususnya di Medan. Humm, mungkin karena saya rindu makan masakan Medan kali yah! Medan yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia, selain terkenal dengan tempat pariwisata yang menarik seperti:  Istana Maimun, Penangakaran Buaya Asam Kumbang , Masjid Raya Medan, ternyata kuliner dari Medan menarik juga loh, selain terkenal dengan kelezatannya juga lumayan pas buat kantong mahasiswa maupun pelajar juga merupakan surganya backpacker. Mulai dari harga termurah sampai dengan termahal ada di Medan. Berbagai macam buah juga ada serta sayuran tapi saya sarankan kalau membeli buah atau sayuran yang murah meriah lebih baik pergi ke pasar tradisional kalau disana namanya ‘pajak’ karena selain bisa tawar-menawar juga buah dan sayurnya segar yang berasal dari perkebunan Sibolangit, yang terkenal dengan hawa sejuk dan kesuburan tanahnya.

Medan merupakan kota multi etnik, semua ras ada disini: batak, jawa, melayu, tionghoa dan masih banyak lagi, jadi gak heran kalau makan yang ada di Medan juga beragam sesuai dengan selera. Selain terkenal dengan ‘Durian yang lezat dan murah’, atau terkenal dengan ‘Bika Ambonnya (kalau ini membuat aku heran, namanya Bika ‘Ambon’ tapi kok terkenalnya dari Medan yah! :P), ada juga ‘Bolu Meranti’ nya.

Nah buat yang suka jajan dan ‘hunting makanan’ ada beberapa tips memilih makanan yang ada di Medan dan dijamin Halal juga, bukan mau promosiin merk dagang orang sih, tapi selaku konsumen dan orang yang pernah tinggal di Medan selama 4,5 tahun jadi lumayan cukup mengatahui makanan enak dan lezat di Medan ditambah hobbi penulis yang suka makan :D..

Makana Favorite di Medan menurut versi Backpacker Indonesia loh :

1. Mie goreng Jala ‘Nelayan’

Nelayan emang sangat terkenal di Medan, tapi eitts tunggu dulu, kalau yang satu ini tergolong mahal sih yah, harga seporsi mie       goreng pedas yang dibumbuin dengan daging dapi cincang yang lezat harganya Rp50.000 tapi sesuai sih dengan harganya. Di Nelayan banyak sekali menu pilihan terutama terkenal dengan Dimsum nya yang enak tapi kalau aku sih makanan favoritnya    di tempat ini cuma mie gorang jalanya, gak masalah harus mengeluarkan kocek yang penting puas :D.. Nelayan sering juga disebut dengan ‘Jala-jala’ mudah ditemukan di beberapa Mall di Medan seperti Sun PLaza, Carrefour, dsb atau bisa juga langsung   ke pusatnya ke arah Hotel JW Marriot Medan.

2.   Ayam Penyet Joko Solo

Bagi pecinta makanan pedas, joko solo tempatnya, dijamin lidah kamu akan terbakar karena kepedasan :D.. tapi yang membuat tempat ini jadi favortiku sebenarnya karena bumbunya yang khas, rasa cabenya beda dari yang lain. Untuk makanannya yang menjadi favoritku yah ayam penyet komplit seharga Rp 15000, nasi+ayam penyet+tempe gorang+terong goreng. Tempat dapat di temukan di daerah Usu Jl. Dr. Mansur Medan, dan ada berbagai menu pilihan yang bisa ditemukan antara lain: es krim, daging hot plate, bebek goreng, dan masih banyak lagi.

3. Es Teller Durian Pedangang Kaki Lima di depan USU

Kalau minuman favoritku yaitu es teler durian Medan yang biasanya di jajakan di sepanjang jalanana Dr. Masyur di depan Universitas Sumatera Utara dan saya lebih suka yang miliknya ‘Sedap’, karena banyak sekali pedagang dan menjual makanan yang sama tapi saya lebih suka beli disni karena campurannya pas dan harnga cuma Rp 7000 dan sudah bisa menikmati es teller durian yang lezat. Cukup mudah menemukan tempat in biasanya di depan Rumah Sakit USU.

4. Siomay Pedangang Kaki Lima di depan USU

Karena USU meruapakan tempat mahasiswa menimba ilmu, maka tak heran jika banyak sekali ditemukan tempat kuliner di sepanjang Jl. Dr. Mansyur Medan dan tak terkecuali pedangang kaki lima, nah makan favoritku lagi ialah makan siomay yang terletak di depan pintu tiga USU dekat Bank Sumut, dan harganya Rp8000. Yang membuat siomay bapak tua ini lebih enak dibandingkan yang lainnya terletak dari bumbu siomainya yang enak serta tahu, sayurnya serta siomaynya yang terasa dan lezat 🙂 ahh jadi ingin Makan hehehehe 😀

5. Mie Aceh ‘Titi Bobrok’

Satu lagi makanan yang merupakan favoritku kalau ke Medan yaitu Mie Aceh Titi Bobrok (ini aneh juga, mienya mie aceh tapi terkenalnya di Medan :D) dan kata teman saya Rahma Dye yang pernah ke Melaboh Aceh yang pernah makan mie Aceh disana katanya lebih enak yang Mie AAceh yang ada di Medan, Titi Bobrok :D… Mie Aceh yang saya suka mie ACeh yang kuah dengan daging dan Mie Aceh kuah Kepiting. Harganya lumayan murah juga, kalau yang mie aceh biasa cuma bayar Rp 8000 tapi kalau mie aceh daging cuma bayar Rp10000 dan mie aceh kepiting cuma 20000. Mie Aceh ini enak terletak di Kuahnya serta porsinya yang lumayan banyak :D… Cara mendapatkan Titi Bobrok cukup mudah naik angkot 135 biru dari USU dan bilang ke supir angkotnya untuk berhenti di titi bobrok pasti sampai selamat di tujuan, tempat ini sebelum Helvetia Medan, dan tempat ini cukup terkenal juga sih :D..

6. Es Krim ‘City Ice Cream’ Medan

Nah kalau yang satu ini juga merupakan tempat hang out aku dan teman, karena es krimnya yang lezat dan enak serat murah meriah juga tersedia dengan beragam pilihan, mulai dari harga Rp5000 sampe harga Rp40000. Selain itu ada juga beberapa makanan tapi kalau yang saya favoritkan ialah Nasi gorenga lengkapnya, cukup lumayan enak dan tempat ni bisa di temukan di bebrapa mall di medan seperti Medan Plaza, Medan Mall dll.

7. Es krim ‘Fountain’ Medan

Tidak jauh berbeda dengan es krim city ice cream, es krim fountain juga enak kalau saya sih lebih suka di fountain kalau memilih es krim cuma kareana saya menderitaamandel jadi tidak boleh minum es :(…

8. Soup Daging ‘Permata

Kalau yang ini bisa ditemukan di Jl. Jamin Ginting dekat pajak sore yaitu ‘Ayam Penyet Permata’. Seperti namanya ayam penyet maka di tempat ini tersedia ayam penyet tapi kalau yang saya favoritkan disini ialah soup dagingnya karena saya suka kuahnya dan dagingnya yang lezat. Harganya Rp15000

Itulah beberapa tempat makan dan makan favorite di Medan versi Backpacker dan semoga berguna bagi pembaca khususnya yang hobbi berburu kuliner khususnya yang mau berburu kuliner di Medan :D.

Iklan

37 tanggapan untuk “Makanan Favorite di Medan

  1. Attractive section of content. I just stumbled upon your site and in
    accession capital to assert that I get in fact enjoyed account
    your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

    1. kalau yang aku sebutkan makanan di atas itu halal, tempat kebanyakan yang gak halal itu di lokasi padang bulan tp tidak semua yah tp kebanyakan taunya halal itu agak susah sih karena di Medan walau berjilbaba kadang bukan muslim (tau ini berdasarkan pengalaman) kalau mau makanan halal lihat daerahnya juga kayak dokter mansyur dll. di mall kebanyakana makanannya halal kok:D

  2. Kata temen2 Medan, makanan di sana enak2,bahkan lebih enak dari asalnya (contoh mie Aceh dan nasi Padang). Coba ah 2 minggu lagi saya ke Medan untuk membuktikannya.
    Kalau sekitar-maks 200m dari hotel Angkasa jalan Sutomo ada makanan halal dan enak gak ya?
    Terimakasih infonya ya

    1. ada sis… di sun plaza ada Zingdou, memang ga gt lengkap. klo sekedar mau coba bibimbap, disana enak kok.
      skrg uda ada bbrp seperti Kpot di multatuli n daebak di jl.jawa. aku jg blm sepat kesana sih.ga tau jg halal or tidak.

  3. waaahhh mantap memang!!!
    ada soto medan juga jgn ketinggalan, misop blitar dekat rumahku polonia kamp.anggrung terkenal bgd, jajanan di bundaran cemara asri juga.
    oh ya.. city icecream tuh uda makanan sehari-hari, abangku manajer disana wkwkwk

  4. Wah.3 malam 2 hari di Medan bulan lalu masih kurang yang saya eksplorasi. Sarapan jatah di Grand Angkasa. Enak dan variatif trutama saat weekend.trus makan minum di Tip Top, maknyus harganya murah pula. Malam makan pempek n batagor di foodcourt Lottemart di Centerpoint dkt stasiun juga enak. Pokoknya enak semua deh makanan halal di Medan 🙂

  5. udah semua nya di cobain..8 tahun di medan…
    yang paling sering siomay yg di pintu 3 depan Bank Sumut
    wkwkwk..
    dulu 8rbu sekarang udah 13rbu
    sbnrnya masih bnyak kuliner yang ada di medan win…
    mulai dari chinese food, india food, tradisional food, western food, japanese food, semuanya lengkap dan 3m (Murah, Meriah dan Muntah)
    Pengen balek ke medan lagi nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s