Hello World!!

Kali ini saya akan mencoba mengupas satu lagi tempat di Indonesia yang Layak untuk di Jelajahi ‘Aek sijornih. Aek sijornih, nama sebuah air terjun yang berarti air jernih. Aek (bahasa batak) = air (bahasa indonesia), sijornih (bahasa batak) = jernih (bahasa indonesia). Lokasi aek sijornih ini terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Berjarak sekitar + 35 km arah timur dari Padang Sidempuan. Dapat dicapai dengan kendaraan umum antara lain becak, motor, angkot, bis mini dan bis lintasan timur sumatera selama kurang lebih satu jam dari Kota Padangsidempuan. Tiket masuk adalah Rp 5000/orang.
Untuk menuju ke aek sijornih ini maka harus melewati sebuah jembatan kayu yang lintasannya hanya berkisar setengah meter, melintang membelah Batang Angkola (Sungai Angkola) dan mengantarkan ke pelataran luas yang dipayungi puluhan pohon kelapa. Dan untuk melihat air terjun ini maka naik bukit dan tanahnya sangat licin jadi harus hati-hati.
Keunikan aek sijornih terdiri dari dua buah air terjun mini yang kedua air terjun ini berada pada tempat miring pada tanah dengan kandungan kapur. Air yang ditumpahkan pun melebar ke sisi kiri dan kanan, bertingkat-tingkat. Airnya tetap jernih meskipun di musim hujan atau kemarau. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi.
Hal yang bisa dilakukan di aek sijornih ialah mandi karena ada air dari aek sijornih ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Setelah capek, bisa juga menikmati makanan yang ada di warung karena di aek si jornih ada beberapa warung yang menyediakan makanan. Harga terjangkau mulai dari Rp 5000 sampai Rp 25 000 tergantung makanan yang dipesan, cukup untuk kantong pelajar.
Fasilitas yang tersedia antara lain musholla, toilet, kamar ganti dan beberapa saung atau gubuk-gubuk untuk peristirahatan pengunjung dapat dijumpai di dalam areal tersebut. Pada bagian bawah gubuk-gubuk, terdapat kolam-kolam kecil berisi beberapa ekor ikan yang sengaja diletakkan di sana. Menurut pemiliknya, selain bisa beristirahat di gubuk, pengunjung dapat memesan ikan goreng sekaligus. Juga beberapa tempat jajanan tersedia di sekitar kolam tersebut.

Gambar. Air Terjun Aek Sijornih

Gambar.Air Terjun Aek Sijornih

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

18 Comments

  1. yang deras ya air terjunnya…
    masih bersih nggak airnya?

    Reply

    1. Airnya bersih bgt meski kemarau airnya tetap jernih, nantilah kalau datang ke kampungku kubawa dirimu kesana

      Reply

    1. boleh gan?makasih gan aku ksna hehe

      Reply

      1. yupzzz sama sama hehehe

  2. makin keren aja blogmu win….

    Reply

    1. kan yg edit nya ‘genius’

      Reply

      1. fuckin genius booo…
        orang gila dung!!!

      2. itu artinya pintar banget, banget bangetnya

  3. Nice… but the questions… When you will bring me to come here..??

    Reply

    1. gampang kalau u datang ke kampungku ntar ku bawa deh tp kasih uang transpor yah..hehe

      Reply

  4. wkwkwk…. yah, tunggu aja ntar aku yg pegang proyek martabe itu ya, 2 tahun lg kok inshaAllah 😉

    Reply

    1. kaya dong!! hahaha.. bagi2 yah

      Reply

  5. maaf, blm minta contact person. mungkin saya dan tementemen ada yg mau kesana :)blh kirim ke email saya mba diningrum.seftiyanti@yahoo.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.