Phristina, April 2017

Hello World!

Tulisan ini aku dedikasikan khusus kepada Almarhum Kak Lila Siregar, dan Ade Yunita karena merekalah saksi dari sebuah mimpi!

Mencari pacar khayalan ke Kosovo. Judulnya lebay ya? Percayalah, setiap wanita pernah mengalami yang namanya lebay di dalam hidupnya, termasuk aku. Aku pernah alay di zamannya dan kadang kalau aku mengingat kelebayan dan kealayan itu aku tersenyum sendiri karena itu sebuah proses kehidupan.

Flashback to 2009

Dulu sewaktu kuliah aku memiliki cerita tentang pacar khayalan, iya pacar khayalan karena pada dasarnya kami tidak pernah bertemu tapi pernah saling suka di masa itu. Namanya Valon Lepaja dari KOSOVO.

Aku mengenal Valon dari Facebook secara acak di thaun 2009, ketika aku masih di bangku kuliah. Aku bukan BULE HUNTER atau harus punya pacar bule karena tidak pernah ada keinginan untuk memiliki pacar bule dalam hidupku. Waktu itu pun aku hanya ingin belajar Bahasa Inggris sehingga aku menambah pertemanan di facebook secara acak dari berbagai Negara.  Bahkan aku gak pernah tahu ada Negara bernama “KOSOVO” , emang KOSOVO itu Negara dimana?

Perkenalan dengannya pun unik.  Ketika aku menambah pertemanan di Fb dengannya, dia langsung mengirim pesan kepadaku dengan sebuah pertanyaan penuh penasaran seperti “emang aku kenal elu”!

Valon Lepaja November 26, 2009 at 5:41am
"please, do u know me cos i'm not sure if i know u?"

Winny ウィニー November 26, 2009 at 3:45pm
"i added u randomly.. im winny from Indonesia. thanks for adding me..
do u midn be my friend?"

Valon Lepaja November 27, 2009 at 3:20pm
"of course i don't; why not, i wanna be ur friend, 
since u wanna be mine; tell smth about u..."

Itulah awal perkenalanku dengannya

***

Kosovo

“De ligi m pesan ni bayo on, buak kan?”, kataku kepada Ade
(De coba lihat pesan cowok ini, sombong kan ya?)

“Cowok mahal nimmu da kak, soni do memang alak sandun 
nanggo songon ita i”, kata Ade
(Cowok mahal ya, memang orang luar beda pola pikirnya dengan kita”.

Saksi dari pesan ini teman sekosku kala itu, namanya Ade Yunita. Dialah menjadi salah satu saksi tentang pacar khayalan serta yang tahu lika liku tentang bagaimana aku dan Valon sering komunikasi via yahoo massanger, skype atau facbook kala itu (ketahuan umur ya :D)

Sejak dari pesan Facebook Valon itulah kami sering komunikasi. Kala itu aku merasa naksir Valon karena dia tipe cowok idaman aku banget. Pertama dia itu pintar, kedua karismarik terus seiman dan romantis. Berkat dia juga aku tahu kalau mayoritas penduduk Kosovo itu Muslim.

Saking seringnya ngobrol dengannya, benih-benih rasa suka timbul apalagi zaman itu aku masih belia (hihi padahal udah anak kuliah), jadi kata-kata romantis itu terdokrin.

valon lepaja: 
"i'd sleep in the street just being next to u
even if u r out of this planet nothing will stop me to come to u
i'll do anything to get at least once to u
just being for a moment close to u
u have my word"

Waktu itu aku saking polosnya percaya aja. Tapi memang jadi motivasi bagiku untuk pertemu dengannya suatu saat nanti.

i'll march this planet just to see u once
if not forever at least once
remember this
i promise
and my promise is my bond
when i say it i keep it

Clock Tower, Kosovo

4:55amValon
"u know winny u changes smth in my life
u r like a new window in front of my life!
when i look through it i can see so beautiful things
there's smth adorable calling me
smth good winny, smth good in the name of God
Bismilah al rahman al rahim!
u might b my window to paradise
u affected me, u r my window to a fresh air
there's smth in ur smile, it's like a rainbow!
smth that gives life
smth that give birth to so emotional moments of mine
believe me winny
isn't it unfair from this world to make it so difficult for us to see each other
i will pray Allah to give me wings
and come and see you dear
u wait, i promise that day will come
only death could stop me from that
u've always been a motivation for me
u know, everytime i do smth important i pray – Bismillah
i promise i'll do anything just to meet you once
u know this planet is small
we shouldn't allow ourselves to be victims of our distance
so only death could stop me of seeing you"

Lama mengenal Valon waktu itu kurang lebih 8 bulan dan orangnya emang pintar. Aku cuma satu hal bahwa dia bekerja di Bank Central of Kosovo. Terus setelah aku naksir dia, eh dianya menghilang. Adanya hanya sebuah pesan terakhir yang dibalas 4 bulan kemudian. Sebuah pesan yang dalam buatku untuk tidak berharap waktu itu.

“winny, i’m here waiting for you…i see that u r off; gave u a ring on ur mobile, thought u can log in and talk to me…doesn’t matter, u must be probably sleeping, u need a rest; it’s my fault i couldn’t be here earlier; i just wanna say that.. things that happened lately were out of my will, i meant none of them… u know that’s not the shape of my heart!… sometimes things happen winny, it’s hard to constrain the stream of the life, things happen sometimes against your will…and we both know that this’s going to be litle bit hard for us, u know through internet it’s really challenging… but i hope it’ll be different when holding u next to me, the moment i’m dreaming for!! i know that we r living our lives as we have dreamed… there’s smth as strange as beautiful in between.., it’s just like when u play the cards to find the answer…we are looking for…loving u, v”

Monument New Born, Pristina Kosovo

Nah ternyata perginya secara misterius mendatangkan sebuah wanita bernama Adriana yang mengirim pesan kepadaku. Waktu itu si Ardiana ini sedikit angkuh mentang-mentang dia sudah berkerja dan aku masih kuliah waktu itu.

Ardiana

Off course i know him for 5 years i broke up with him. he wants to keep  you  as a person  with whom  he can share his feeling  it does not mean  that he wants  to hurt you. he knew  that he can not  be with you because its our mentality here not to get married with  foreigners  and as i read  the message of him already said that  he wants just one time  to be with  you in his life meaning that  if he is forced to  decide with  another girl he will live with  one day  living with you  with  and thinking with you  for all his life which  in reality  does not  happen this is like soap operas films. i do not know but i think he does not want other people to know that but anyway it may be that he loves you for some period but then gets bored and after 1 months calls you imagine if you were here with him and he calls you  ones in a months and then disappears then comes back  and so one on until you leave him that’s what i did i left him because he would continue forever like that call me whenever  he wants”.

Gegara Ardiana ini semakin membuatku termotivasi suatu saat aku harus bertemu dengan Valon ini. Terus ada satu lagi yang memotivasiku yaitu perkataan temanku Gege waktu kuliah

"Win, lu punya pacar khayalan ya?"
Kosovo, negara apa itu? 
Kalau mau cari pacra yang pasti-pasti aja Win 
yang datang kayak teman gue", katanya kala itu

Akhirnya semua ejekan itu terpendam menjadi impian agar suatu saat bisa ke Kosovo. Aku masih ingat waktu kuliah S1 aku mengatakan impianku kepada Ade, teman sekosku sewaktu S1 yang juga teman sekampungku, adik kelas waktu SMA.

"De, ligi ma suatu saat kehe au tu Kosovo usalam si Valon i", kataku
(De, lihatlah suatu saat aku akan pergi ke Kosovo lalu menyalam Valon)

Itulah janji pada diriku agar suatu saat bisa menginjakkan kaki ke Kosovo, ibaratnya balas membayar janji pada diri sendiri

******

Skanderbeg statue

Perjalanan Indonesia-Kosovo tidaklah semulus yang dibayangkan. Karena perjalanan hidup yang berliku dimana perasaan naksir sesaat hilang seiiring berjalannya waktu, tapi doktrin “bertemu itu” masih ada. Impian ke Kosovo menjadi impian dan dalam hati aku berkata “suatu saat Winny, pasti ke Kosovo”. Selain dari terbatasnya keuangan, cara ke Kosovopun luar biasa sulit karena tidak ada hubungan bilateral antara Indonesia dan Kosovo.

Dalam angan-anganku waktu itu suatu saat aku ingin berdress merah, high heels, berlipstik merah terus datang ke kantornya sambil berkata “Hi Valon, this is Winny, the girl from Indonesia”.

Kosovo, 2017

Kamu tahu balas dendam terbaik itu hanya satu cara yaitu dengan “sukses”. Selang 8 tahun berlalu aku tidak pernah membayangkan aku akan memiliki kesempatan ke Eropa dan bisa ke Kosovo. Bahkan sewaktu aku mendapatkan tiket ke Eropa yang pertama sekali aku cari bagaimana caranya ke Kosovo, semua karena membayar mimpi. Bukan karena saking obsesinya dengan pria itu karena jujur saja, rasa aja hilang dan aku yakin benar bahwa dia juga pasti sudah menikah. Aku hanya ingin menjawab pernyataan temanku waktu kuliah “tentang pacar khayalan” itu memang ada loh bedanya tak harus bersama. Kalau dibilang ajang pembuktian juga sebenarnya gak juga karena toh tidak ada gunanya membuktikannya, lebih tepatnya membayar “penasaran kepada diri sendiri”. Aku memang orangnya seperti itu “pemimpi” dan berusaha mencapainya dengan kesabaran, harapan, usaha dan tidak menyerah walau hasilnya tidak sesuai dengan ekpektasi yang penting aku melakukannya.

Sewaktu aku ke Kosovo semua orang berkata “dangerous” tapi aku tetap pergi juga. Dan akhirnya aku bertemu dengan Valon Lepaja.

Gereja di Kosovo

*Bertemu Valon Lepaja

Cara bertemu dengan Valon Lepaja cukup drama karena aku hanya tahu alamat kantornya saja “Bank Central Kosovo”. Terus aku minta ditemanin hostku Visari mencarinya. Waktu itu dia merasa kalau aku masih cinta atau penasaran kenapa aku segitu obsesinya ingin bertemu dengan seseorang yang sudah tidak bicara lagi selama 8 tahun. Anehnya entah kenapa Visari heran dan menganggap bahwa aku masih cinta banget ama orang ini, padahal jelas-jelas aku itu membayar penasaran pada diri sendiri. Sampai-sampai ide mengunjunginya pun dianggap gila tapi tetap dia mau mengantarku ke Bank Central Kosovo.

Karena pas kedatanganku ke Kosovo hari Jumat sehingga kami ke Bank Kosovo setelah jumat. Pas aku dan Visari ke Bank Central Kosovo eeh orangnya lagi cuti sehingga aku diberikan bicara kepadanya. Visari yang bantu bicara melalui penjaga Bank yang mengatakan “girl from Indonesia looking for you”.

"Hello Im WInny from Indonesia", kataku
"Hey Winny, i have day off today, can we meet tomorrow", katanya
"Okay tomorrow 10 am at xxxx and im leaving tomorrow", kataku

Akhirnya kami berjanji ketemu keesokan harinya di tempat dan waktu yang aku janjikan,

Bersama Visari

Keesokan harinya sesuai perjanjian kmai bertemu disebuah restauran dekat rumah hostku di Pristana, Kosovo. Kalau dalam angan-anganku aku akan bertemu dengan Valon dengan baju merah, lipstik merah dan high heels maka pada kenyataannya dengan tas backpakcer gede, celana jeans, dan jaket serta rambut yang urak-urakan. Jauh dari khayalan! wkwkwkwk

Yang lucu saat bertemu dengannya dalam hatiku “iiih kok jelek”, parah gak? 😀

Jadi ini dia lelaki yang dlu katanya mau menjumpaiku 
tapi akhirnya malah aku bertemu dengannya.

Saat bertemu dengannya pembicaraan kami standar, dan benar saja instingku kalau dia memang sudah menikah. Dia kaget denganku bisa ke Kosovo dan kami bicara seperti teman. Dia bhakan bercerita tentang kehidupannya serta pertanyaan basa-basi. Tapi aku tidak ambil pusing karena memang akhirnya pacar khalayan itu bisa berphoto juga denganku kwkwkwk (desperate banget gak sih) meski dulu aku menganggapnya ganteng sekali tapi kalau dulu lihat aslinya sih belum tentu mau juga. Benar-benar kalau wanita dendam, mengerikan ya?

Nah pas ngobrol sama si Valon ini, boro-boro traktir makan, traktir minum juga ngak. Akhirnya karena lapar aku pun membeli makan dan makan di depannya. Aku sih menawarkan untuk membelikannya makanan tapi dia tidak mau sehingga aku makan sendiri.  Aku santai aja makan di depannya. Kami ngobrol hanya 1 jam saja tapi cukup membuat rasa penasaran hilang. Lucunya saat di restuaran mirip tempat nongkrong ini mukaku paling unik, jadi semua mata tertuju padaku. Baru di Kosovolah aku merasa seperti artis “diperhatiin dan dibilang Mister, taking photos with me”.

Meski bertemu dengan Valon Lepaja itu tak seindah cerita negeri dongeng tapi aku senang karena angan-angan telah jadi nyata, seorang gadis kampung dari Padangsidimpuan telah menginjakkan kakinya ke negara Kosovo.

Bersama pacar khayalan

Pesan dari pengalamanku mengenai mencari pacar khayalan sampai ke Kosovo ialah bermimpilah karena dengan bermimpi maka kamu akan memiliki tujuan. Aku dulu pernah di ejek karena pacar khayalan tapi akhirnya aku bisa bertemu dan berteman dengan pacar khayalan itu dengan biaya sendiri loh. Serta bagi wanita tidak usah terobsesi kali “pake kaliii” kepada seseorang yang belum dikenal karena kalau bertemu langsung belum tentu juga suka beneran, bisa saja cinta monyet. Dan kalau laki-laki benar-benar mencintaimu dia akan berjuang dan bertemu denganmu. Tingkatkan standarmu dan perbaiki diri karena orang yang mencintaimu benar-benar akan datang kepadamu. Aku saja cewek bisa ke Kosovo loh demi paca khayalan, gimana demi seseorang yang benar-benar aku cinta ya? Ya gitulah standar ku kepada cowok memang tinggi terutama tentang “perjuangan”.

So girls, do not be stupid and love your self, and true love will be coming !!

Salam

Winny

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

39 Comments

  1. Ya ampun mbak Winny, aku salut bacanya. Salut dengan kisah dan nyalimu ke Kosovo 😀
    Jadi inget dulu waktu kuliah aku juga aku punya cemceman kaya gini. Namanya Hiro. Dia orang Jepang, Ketemunya di Singapur. Tapi waktu aku ke Jepang entah kenapa ga berani minta ketemu. Padahal ke teman2 Jepang yg lain cuek aja. Mungkin kalau waktu itu berani, lunaslah rasa penasaran ini. Waktu di Jepang juga saya dan Hiro rutin chatan.
    Kedua kalinya ke Jepang aku pergi sama calon suami dan mamaku. Jadi aku lupakan saja cinta monyet masa2 traveling masa muda ini :D. Toh Allah memang ngasih yg terbaik, yaitu suamiku yg sekarang :))

    Reply

    1. Kwkwkwkw ini gila kak tapi seru jadi lucu-lucu karena itu indah dimasanya. Kalau sekarang Alhamdulillah juga sudah menemukan yang lebih baik. Dan kakak keren juga menemukan pasangan terbaik buat kakak. Tp bolehlah kak suatu saat ketemu Hiro lgi

      Reply

  2. Hahaha.. kita pernah jadi artis juga di Washable

    Reply

    1. Washable dimana itu mba haha

      Reply

  3. Winny gilaaaaaaaaaaaak!!! Eh gue juga deng wakakakak. Ke luar negeri demi seorang, eh beberapa orang pacar hayalan mwahahaha

    Reply

    1. Kwkeke sesama gila kak hihi. Buat kak ceritanya pasti seru

      Reply

      1. demi apa nyamperin laki ke luar negeri wkwkwk

      2. Demi sebuah photo yang hakiki kak sambil bilang ke teman kuliah “nih pacar khayalan ini nyata cuma gak jadi aja”. Wkwkwkwk ambisi wanita pendendam mengerikan ya

  4. jadi istrinya si Adriana bukan? hahhaaa..

    Reply

    1. Bukan dia nikah ama yg lain. adriana itu mantan dia

      Reply

  5. Songon i film film i uida kak.. 😂

    Reply

    1. Ma pas tapi bedana inda happy ending tp dongkol ending😁😁😁

      Reply

      1. Hhhahhaa.. dongkol ending ateh.. 😂😂

      2. Saking kolitna bayoi, um minum pe natarlehen ia 😁😁

      3. Memang naso adong do epeng nia i.. 😂

      4. Palama nadong epeng manabusi minum

      5. Boh inda ita boto dabo i etek 😂

  6. Itu Visari bicara melalui telpon dengan Valon? Dan kalian tau nomer telpon Valon dari si petugas bank ? Hehehe aku penasaran soalnya kamu nggak menjelaskan di situ.

    Reply

  7. Mba win aku juga ingin travel ke kosovo..bantuin aku gimna carax mba..ngurus visax dmna

    Reply

    1. visanya bisa di urus di turkey

      Reply

  8. savage banget kak Winny ini 🙂 Aku kok ngerasa romantis yaa… padahal uda bilang bahwa sdah gak ada perasaan cinta. kayak pilm-pilm. heuheu

    Reply

    1. Aku ngarepnya cowok yang kayak gitu ke aku kak bukan sebaliknya hahha😂

      Reply

      1. Klo ada cowok kek gitu ke kak Winny susah yg mau nolak ya kak?😄

      2. langsung aku iyakan hahaah

  9. wah menginspirasi sekali cerita nya kak Winny. Sekarang aku baru paham mengapa kak Winny ke Kosovo. Tapi selain bertemu dengan Valon, teryata Kosovo sangat indah sekali ya kota nya dan memang layak untuk kita kunjungi. Wah Kosovo dan Valon harus berterima kasih ini sama kak Winny, karena berkat kak Winny sekarang kita termotivasi mewujudkan mimpi dan yang pasti jadi ingin ke Kosovo.

    Reply

    1. Hahha agak-agak kan kak? Tapi lumayan seru kak dapat teman baru, jadi tahu negara Kosovo seperti apa dan ada cerita jadinya😁. Apalagi cara ke Kosovo itu susah karena belum ada hubungan bilateral Indonesia dengan Kosovo jadi kalau gak dapat visa multi Schengen kayaknya gk bakalan injak kosovo

      Reply

  10. Punya banyak. Wkwkwkwkwkwk. 😀 😀

    Reply

  11. Keren mbak.. Gigih sekaliii.. 👍

    Reply

  12. wahaha aku juga dulu suka sama orang dr jerman makanya dlu pingin bgt kesana, sayangnya br ksampaian bbrp taun sesudahnya dan udah ga kontak ga tau dimana dia kerja atau tinggal.

    Reply

    1. tos kak kita senasib heheheh

      Reply

  13. Mba winny, your story sangat menginspirasiku soalnya aku juga dulu tahun 2009 punya pacar khayalan di facebook, dia orang turki, sempet lost contact juga karena dia nikah, dijodohin sama ortunya.

    Tapi, tahun 2014 dia tiba2 follow instagramku, ternyata udah cerai sama suaminya dan meninggalkan anak gadis yg imut2, pengen rasanya nggantiin jadi ayahnya, hahaha. Sampai sekarang kami masih kontak2an.

    Semoga suatu saat saya ada rejeki dan bisa kayak mba winny, pergi ke turki buat ngobatin rasa penasaran, syukur2 pacar2annya jadi pacar beneran. Ku akan berdjoeang!

    Reply

    1. Hahahah kocak.. Cus ke Turki kak, mudah-mudahan diberikan rezeki ya

      Reply

  14. Wah seru banget! Menarik juga bisa akhirnya memenuhi rasa penasaran sampai ke negara yg jarang terdengar. Dan aku juga setuju, kalau pria itu instingnya pasti mengejar. Jadi kalau dia benar2 sungguh2, pasti dia cari jalan untuk bertemu dgn wanita yg diinginkan. Ini ceritanya kalau dipanjangin visa jadi film yaa 😂

    Reply

    1. Betul Mba, jadinya ekpektasi ke cowok tinggi juga. aku juga gak nyangka bisa ke negaranya

      Reply

  15. hay winny 🙂
    maaf da kele hupio guarmu ahara kemungkinan saumuran do hita..
    huida blog pertama mu arana giot maligi tempat2 wisata di sidipuan jadi tanpa sengaja jadi tertarik au mambaca sude artikelmu, tentang perjalananmu jadi porroaku.
    impianku pe najolo baya keliling luar negri tp terkendala banyak hal.
    oh iya kenalkon au masitoh halak Bonandoloka, kec batanggonang di Danotao 🙂
    au sannari tinggal di morowali sulawesi tengah.
    ra de ho jadi dongan bertukar pikiran rap au hahaha..

    Reply

    1. Wii salam kenal kele, rap siregar ita. Nasukaan au Dano Tao, Nadao ma ho maratto tu Morowali kele.
      Au umur 31 ma kele

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.