Hello World!

Purwokerto, Maret 2018

Liburan ke Purwokerto merupakan ajakan dari Rinta, karena belum pernah aku langsung iyakan. Purwokerto merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah, ibukota Kabupaten Banyumas, yang berada di Purwokerto selatan gunung berapi Gunug Slamet.  Pas hari pertama kami di Purwokerto staycation di rumah Marto saking magernya . Barulah di hari kedua aku dan Rinta menjelajah wisata Purwokerto. Kami hanya berada di Purwokerto 2 hari saja karena pas hari lbur kerja Sabtu dan Minggu. Bersyukurnya jarak Jakarta-Purwokerto dekat sehingga tidak perlu cuti jika ingin liburan ke Purwokerto.

Kami yang hanya menjelajah wisata Purwokerto satu haru, itupun kami bisa menjelajah 3 tempat wisata Purwokerto loh. Waktu itu kami diajak oleh Gilang dan Laras untuk mengunjungi wisata Purwokerto.  Kami dijemput Gilang dan Laras dari Pasar dekat Rumah Marto Purwokerto dengan mobil kemudian menuju tempat wisata Purwokerto.

3 tempat wisata Purwokerto yang kami kunjungi yaitu:

1.The Village Purwokerto

Wisata Purwokeerto

Tempat pertama yang kami kunjungi di Purwokerto adalah The Village Purwokerto. Untuk tiket masuk ke  The Village Purwokerto Rp18.000/orang pas hari libur. Gilanglah yang mentraktir kami masuk ke dalam  The Village Purwokerto. Katanya “tamu”… hehe 😀

Kami diberikan tiket lalu melewati pintu masuk ke dalam The village. Pas di  The Village Purwokerto, tempatnya bagus dengan nuansa Eropa. Tidak heran tempat ini menjadi wisata hits di  Purwokerto.  The Village Purwokerto dipenuhi dengan bunga, bangunan serta kanal. Tempatnya asik untuk nongkrong. Kami sempat keliling kemudian bersantai dan minum di  The Village Purwokerto. The Village ini cocok bagi yang suka dengan photo karena tempatnya Instagramable banget.

Alamat The Village Purwokerto

Jalan Raya Baturaden KM.07,

Rempoah, Baturraden, Dusun I, Rempoah,

Baturraden, Kabupaten Banyumas,

Jawa Tengah 

2. Baturraden

Setelah dari The Village kami menuju ke wisata Baturraden. Wisata Baturraden merupakan wisata populer di Purwokerto. Tidak hanya itu, ternyata kawasan Baturraden itu luas sekali, saking luasnya tidak cukup sehari unutk keliling. Aku suka dengan Baturraden karena wisatanya alami, mata seperti dimanja. Untuk masuk kedalam wisata Baturraden tiket masuknya Rp14.000. Kebanyakan wisatawan ke Baturraden untuk piknik. Kami berempat juga sempat piknik di Baturraden dekat dengan kolam. Kami makan pecal sambil bersantai terus cerita-cerita. Padahal kereta kami itu jam 5 sore tapi kami masih sempat-sempatnya piknik. Terus di dalam Baturraden juga banyak penjual makanan sehingga cocok buat tamasya dengan teman atau dengan keluarga. Kalau kata Gilang buat kemping juga bisa di Baturraden.

Di Baturraden juga ada wisata kekinian seperti naik sepeda dari ketinggian dengan pemandangan Baturraden. Oh ya di Baturraden juga banyak curug loh. Jadi kalau mau jelajah Baturraden minimal menyediakan waktu 3 hari, tidak seperti kami yang hanya 1 hari.

Lokasi Wisata Baturraden

3. Pancuran Tujuh Baturraden

Laras, aku, Dita dan Gilang di Pancuran Tujuh Purwokerto

Masih dalam satu kawasan Baturraden, tempat terakhir yang kami kunjungin dalam trip Purwokerto ialah Pancuran Tujuh. Untuk menuju ke Pancuran Tujuh penuh tantangan. Jalannya ya ampun membuat deg-degan, lebih deg-degan dari bertemu cinta pertama hahah 😀

Akses jalan ke Pancuran Tujuh  itu menantang, kecil dengan bebatuan. . Pantas kata Bapak petugas ke Pancurna tujuh itu susah karena jalananya yang tidak ramah denagn mobil. Malahan kalau ke Pancuran Tujuh cocoknya mobil semacam jeap. Untung Gilang jago bawa mobilnya sehingga kami masih bisa sampai ke Pancuran Tujuh

Tiket masuk ke dalam Pancuran Tujuh  Rp5.000. Kami harus berjalan lagi demi ke Pancuran Tujuh yang lumayan membuat serasa jompo. Nah dari 3 wisata yang kami kunjungi di Purwokerto, maka Pancuran Tujuh lah yang aku suka. Suka karena di Pancuran Tujuh ada pijat dari lumpur. Aku sempat-sempatnya ikut pijit 15 menit padahal kami diuber waktu. Ya ampun kalau tidak dikejar waktu, pengen rasanya lama-lama di Pancuran Tujuh. Dinamakan pancuran tujuh karena jumlah pancurannya ada tujuh dengan air panas. Katanya sih bisa ngilangin jerawat, bahkan beberapa pengunjung membuat lumpur ke wajahnya. Aku juga menaruh lumpur ke mukaku buat lucu-lucu. Terus beli lumpurnya juga buat oleh-oleh seharga Rp10.0000. Untuk pijit di area pancuran tujuh lumayan rame. Sayang karena mengejar waktu kami tidak terlalu lama di pancuran tujuh padahal aku suka banget.

Lokasi Pancuran Tujuh Purwokerto

Adventure Forest, Dusun III Kalipagu,

Ketenger, Baturraden,

Kabupaten Banyumas,

Jawa Tengah

View this post on Instagram

What a life! Jadi ceritanya Batu Raden itu luas banget kalau mau dijelajah sehari tidak cukup! Menariknya wisata Batu Raden memiliki banyak curug alias air terjun tapi bukan air terjun sembarangan namun air terjun belerang yang katanya bisa ngilangin jerawat. Terus kami berempat ke Curug namanya air terjun Pancuran Pitu artinya 7 pancuran dengan tiket masuk Rp23.000/orang. Masuk ke area Curug Pancuran jalannya cukup terjal belum lagi untuk sampai ke Curug katanya "jalan 200 meter", seolah "1 km". Pas sampai di Air terjun Pancuran 7 aku senang karena ada pijit-pijit alam Rp10.000 aja sambil maen air belerang, belerangnya juga bisa taruh muka loh buat maskeran😂😂 Gak nyangka Purwokerto seru juga dikunjungi☺ #pesonaindonesia #wonderfulplaces #travel #travelblogger #travelphotography #vacation #indonesia #indonesian #pesonajateng #jatenggayeng #purwokerto ✈Purwokerto

A post shared by Winny Marlina (@winnymarlina) on

Walaupun hanya 1 hari keliling Purwokerto, kami bisa menjelajah wisata Purwokerto. Kalau ada kesempatan aku ingin balik lagi ke Purwokerto. Tentu saja dengan waktu yang lebih lama 🙂

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

15 Comments

  1. Dari tiga ini yang sudah saya kunjungi baru Pancuran Tujuh Baturraden.. Itupun di sela-sela praktikum lapangan kami di Baturraden beberapa tahun lalu..

    Reply

    1. aku suka banget ama pancuran tujuh kak mau balik demi itu 😀

      Reply

  2. Mbak, postingannya pas banget deh. Insyaallah tgl 16 Aug besok saya mau ke Purwokerto, cuma sehari sih trus mau ke Dieng. Baturaden sih pasti cuma pengen ke tempat lain ..

    Reply

    1. Semoga bermanfaat ya mba 🙂

      Reply

      1. iya mbak, kayaknya mau ke Baturaden dan The Village juga …. itu aja pasti lama buat foto-foto di tiap spotnya ya

      2. Iya nih, udah gak sabar pengen liburan 😀😀

  3. Batu Raden memang menarik ya Win 😀

    Reply

  4. Wah purwokerto, kota seribu curug. Banyaak banget curugnya :))

    Reply

    1. aku penasaran ama curugnya

      Reply

  5. Wah, kebetulan banget ini tulisanmu Win. Aku lagi kepikiran pengen main ke Purwokerto nih.
    Itu jalannya bareng sama kak Dita Malesmandi ya?

    Reply

    1. iya ama Dita males mandi.. asik ke Purwokerto Bar

      Reply

  6. hari pertama dihabiskan dengan goler2 di kasur seharian x))))
    kangen nih jalan sama Winny

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.