“Our power lies in our small daily choices, one after another, to create eternal ripples of a life well lived.”

By Mollie Marti

winny marlina

Hello World!

Bukittinggi, Agustus 2016

Pertama kali bela-belain habis tamat Kuliah langsung ngebolang sendirian di Sumatera Barat tahun 2010 tak lain karena penasaran akan Lobang Jepang yang ada di Bukittingi. Masih segar diingatan ketika masuk kedalam Lobang Jepang Bukittinggi tidak memiliki lampu yang memadai, agak gelap serta atasnya masih asli dan beberapa jalananya masih tanah. Ironisnya meski kedatangan kami di siang hari, temanku Nyakmat bisa melihat aura-aura makhluk halus sehingga ada kalanya kami tidak melewati beberapa lorong. Dia tidak berkata apa-apa, hanya saja terlihat jelas dari mimik wajahnya pucat pasi bak melihat sesuatu. Tapi tentu hal itu bukan menjadi penghalang untuk tetap menjelajah wisata Lobang Jepang Bukittinggi dari satu lorong ke lorong lainnya. Objek wisata Lobang Jepang yang menjadi objek wisata sejarah populer memiliki beberapa ruangan mulai dari ruangan penjara, ruang makan, ruang sidang dan ruang amunisi.

Lubang Jepang Bukittinggi (Tahun 2010)

Lubang Jepang Bukittinggi (Tahun 2010)

Lobang Jepang di Bukittingi merupakan sebuah terowongan yang dibangun pada masa penjajahan Jepang sekitar tahun 1942 dengan panjang 1.470 meter persegi. Lobang Jepang yang berbentuk terowongan merupakan bunker pertahanan dari serangan musuh pada saat itu.

Untuk tiket masuk kedalam Lobang Jepang dengan harga Rp8000. Waktu pertama kali mengunjungi Lobang Jepang, rute mengelilinginya dari loket depan dekat dengan Taman Panorama dimana banyak sekali kera serta bisa memandangan langsung dengan Ngarai si Anok, wisata populer di Bukittingi.

Loket Lubang Jepang Bukittinggi

Loket Lubang Jepang Bukittinggi

Berbeda dengan rute perjalanan kami kali ini dengan Yuki, Mbak Nita, Kak Cumi, Suci, Mas Him, Pak Ain, dan Mbak Nina serta tourguide kami dimulai dari belakang Lobang Jepang. Tentu menjadi hal baru bagiku, paling tidak terakhir kali aku ke Lobang Jepang belum ada loket dari samping itu. Jadi pengalaman baru buatku dalam menjelajah wisata Lobang Jepang.

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Memasuki Lobang Jepang, betapa kagetnya diriku karena sekarang Lobang Jepang jauh lebih apik dan cantik khususnya pencahayaannya yang diatur sedemikian hingga sehingga kesan horor jauh. Bahkan jalanan di dalam Lobang Jepang sudah diperbaiki serta terowongan atasnya juga sudah disemen.

Kami di Lubang Jepang Bukittinggi

Kami di Lobang Jepang Bukittinggi

Rombongan kami pun masuk sambil mendengarkan informasi dari Guide kami mengenai sejarah Lobang Jepang. Aku sampai terbius akan perubahan Lobang Jepang, dan tentu saja perubahannya semakin baik.

Ada juga kami berhenti disebuah ruangan yang ternyata bisa tembus ke atas karena dulu orang Jepang mengintai musuhnya dari lobang kecil yang ada di dinding. Bahkan Yuki sempat mencoba memastikan karena ukuran lobangnya sangat kecil.

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Yang sempat membuatku terkesan lagi akan kandungan emas yang ada di dalam Lobang Jepang. Pak Guide kami sempat menyalakan senternya untuk menunjukkan emas yang ada di Lobang Jepang.

Lobang Jepang Bukittinggi Sumbar

Lobang Jepang Bukittinggi Sumbar

Hingga pada akhirnya kami menelusuri setiap bagian yang ada di Lobang Jepang. Aku seakan berada di film India Jonas, tak heran kalau Lobang Jepang menjadi pilihan wisata populer Bukittingi. Paling tidak walau aku pernah masuk kedalam Lobang Jepang, namun memasukinya lagi seolah masih baru dengan pengalaman berbeda. Namun yang pasti menyenangkan.

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Saat berada di Lobang Jepang, ada seorang bocah yang membawa camera. Dia sangat antusias menanyakan Tim Pesona Indonesia dan dia berkata dia ingin jadi Blogger sepertiku. Tentu aku sangat senang melihat kepolosan anak bocah ini.

Lobang Jepang Bukittinggi Sumbar

Lobang Jepang Bukittinggi Sumbar

 

Jam Operasional Lobang Jepang

Setiap hari jam 7:30–18:30

Fasilitas sekitar Lobang Jepang

Pusat oleh-oleh, taman panorama untuk melihat Ngarai Si Anok

Lokasi Lobang Jepang

Jalan Panorama, Guguk Panjang

Bukittinggi, Sumatera Barat

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Terakhir jika mengunjungi Lobang Jepang, jangan lewatkan untuk ke Taman Panorama untuk melihat keindahan Ngarai Si Anok.

Meski perjalanan kami singkat di Lobang Jepang tapi seru sekali. Jadi jika berkunjung ke Bukittingi, Sumatera Barat jangan lewatkan untuk berwisata ke Lobang Jepang dan rasakan sensasi menelusuri terowongan peninggalan masa Jepang.

Panorama Bukittinggi

Panorama Bukittinggi

Salam

Winny

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

65 Comments

  1. Winny, boleh minta alamat emailnya? Cinta mau tanya2 soal wisata abroad, setelah kompor2in tmn alhamdulillah ada 5 org yg mau ikut, tp prkiraan msh thn dpn April – Juli musim sakura. ^__^>

    Reply

    1. winny.marlina gmail 😀

      Reply

      1. okeh makasih Winny sayang ^__^

  2. Lumayanlah buat nambah referensi pengetahuan. Soalnya di luar pulau jawa, peluangnya kecil untuk dikunjungi. Tapi bacaan yang menarik.

    Reply

    1. eh ada di bandung juga lobang jepang

      Reply

  3. ada ruang penyempnan senjata, sama ruang musik gitu juga,,
    pernah mampir kesini,,kreeeen

    Reply

    1. tapi sekarang jauh lebih kece ya kak

      Reply

      1. iya kak lebih kece skrng

  4. Oohh kayak gitu dalemnya. Kesitu tapi gak masuk lobang. Saya tipe yg gak suka gua, gua seperti post ini ataupun gua stalaktit stalagnit. Pernah berkunjung tapi gak berkesan. Tempat2 lembab kayak hutan gitu juga Saya gak nyaman. Manja bener ya ;p

    Reply

    1. eh tapi itu bukan gua kka tapi terowongan hahhaha

      Reply

      1. Haha. Oalah, jadi ga lembab ya dalemnya. Tau gitu aku masuk. Hihi, dasar aku penakut

      2. sekarang udah banyak penerangan kak gk lembab

  5. Pernah mau masuk ke Lobang Jepang tapi merinding sendiri akhirnya batal >.<
    Kamu lulus kuliah 201? Hmm.. Hmm… *tebak-tebak umur* hahaha

    Reply

    1. masih muda kok kak aku ahhahahahahha

      Reply

      1. Iya deeehe, Iyaaaaa…
        8diiyain aja daripada benjol* 😀

  6. Lobang Jepang mirip lorong di Taman sari Jogja Win

    Reply

    1. taman sari jogja bedaaa kus

      Reply

      1. Lorongnya mirip Win hehhe

      2. jadi ide menarik ntar aku buat ah 😀

      3. Iya Win buat ajah, aku jg blm sempat bwt tentang disana…

  7. gak menangkap foto yang aneh2 kan Win?! 😀
    aku juga suka ke sini…tapi entah kenapa suasananya di dalem ituuu….ya begitulah

    Reply

    1. lebih horor yang lubang Mbah Soediro

      Reply

      1. lubang mbah soediro apa mbah suro wyn?

      2. sorry mbak Suro kak haha

      3. heheheh..emang lubang mbah suro hawanya beda banget ya.. 😀

      4. betul kak bikin merinding

  8. Kalau dijogja merapi, lobang jepangnya serem kak

    Reply

    1. jadi penasaran merapi jogja

      Reply

      1. Sayangny bsk g k jogja, cuma lewat hihii

  9. Peninggalan Jepang memang luar biasa di Indonesia, Aceh termasuk salah satu daerah yang punya peninggalan luar biasa, mulai dari goa, bungker, serta tempati pengintai lainnya.

    Reply

    1. aceh belum pernah ahhh merasa sedih

      Reply

      1. Ayo mba Winny ke ujung Sumatera dong 🙂

  10. Thanks for writing this, Winny. Padang kampung halamanku, tapi terakhir kesini pas aku smp 😄 ngebaca ini aku jadi kangen pingin kesana lagi 😊

    Reply

      1. Iya Winny cuma lahir dan gede di Palembang 😊

  11. Sip Winny 🙂 Itu pintu pelariannya bukan buat lari-lari kan ya 🙂

    Reply

    1. lari tahanan juga dulu kak

      Reply

  12. Ahahah, ada emasnya juga. Bisa diambil ngga itu Win? 😛

    Reply

    1. gk boleh tp gila ya hahahha

      Reply

  13. 3 kali ke Bukittinggi, cuma depan gua doang, takut gelap he..he..

    Reply

    1. wah seringnya kak ke sumbar

      Reply

  14. Tapi klo masuk kya ke tmpt ini aq selalu berasa horror kakk..
    Klo aq dlu pnh ke gua jepang yg di bandung dan itu horror abiiisss. Ga mau masuk lagi 😞

    Reply

  15. Ini jd salah satu yg harus di kunjungi ya boto 🙂

    Reply

  16. Beberapa bulan yang lalu saya juga sempat ke Lobang Jepang ini untuk pertama kalinya. Yang menarik menurut saya adalah udara di dalam lobang jepang tetap segar, tidak panas dan pengap…

    Reply

      1. Jiahahaha minuman kali adem sari :”)

  17. saya pernah ke lobang jepang yang di bandung, dan agak merinding juga sih pas masuk ke dalam. 😖

    Reply

    1. eh aku penasaran jadinya yang di Bandung

      Reply

  18. Serem gak sih tempatnya? 🙂
    Aku kalo masuk tempat2 yang gelap apalagi semacam lobang atau gua suka parno gak bisa bernafas.

    Reply

    1. gak serem pencahayaannya bagus firyal

      Reply

  19. Well noted banget wiiinn.

    Reply

  20. waktu ke bukit tinggi cuma ke ngarai sianok doank…. padahal deket yah gue jepang dari situ

    Reply

    1. iya deket banget padahal kak

      Reply

  21. Tiap ke goa-goa ini selalu takut duluan, tapi kalau baca tulisan dan lihat fotomu sepertinya rapi, bersih dan “semoga” nga ada kesan mistis yach?

    Reply

  22. wahh.. ini sihh mayand ngeri2 juga yaa.. klo ga rame2 juga kyknya aku ga berani masuk. ahahha.

    Reply

    1. tenang jen udah banyak cahayanya

      Reply

  23. Jadi kangen Padang deh..huhu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s