5 Destinasi wisata kebun binatang di Indonesia


The law of harvest is to reap more than you sow. Sow an act, and you reap a habit. Sow a habit and you reap a character. Sow a character and you reap a destiny

James Allen

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo

Hello World!

Pernah mencoba mengisi liburan dengan cara mengunjungi kebun binatang? Mengunjungi kebun binatang bisa menjadi pengalaman tersendiri apalagi kategori jalan-jalan ke kebun binatang itu masuk ke dalam kategori travelling murah terus bisa melihat hewan-hewan lucu dan menggemaskan serta menambah wawasan. Dari beberapa pengalaman jalan-jalan ke kebun binatang ada 5 destinasi wisata kebun binatang di Indonesia yang pernah aku kunjungi sebagai referensi tempat wisata dimulai dari kebun binatang yang super keren sampai kurang terawat dari versiku šŸ˜€

1. Kebun binatang Taman Safari Bogor

Taman Safari Cisarua
Kami di Tribun Taman Burung Taman Safari Cisarua

Taman Safari merupakan peringkat pertama untuk kategori kebun bintang terbaik di Indonesia yang pernah aku kunjungi (versiku). Menurutku kebun binatang Taman Safari Bogor bersih dan luas serta aneka hewannya cukup lengkap. Siap-siap kaki pegal untuk mengelilingi kebun binatang seharian saking luasnya tapi jangan khawatir ada juga kok disediakan mobil pagi pengunjung untuk bisa pindah dari satu area ke area lainnya. Untuk harga tiket masuk ke Taman Safari Bogor adalah Rp75.000,00 untuk orang dewasa dan sudah termasuk peta yang berisi lokasi dan tempat yang ada di taman rekreasi Taman Safari. Peta berisi dengan jadwal antraksi yang disesiakan serta urutan hewan yang akan dikunjungi sehinnga informasi yang ada lengkap. LokasiĀ Kebun binatang Taman Safari berada di Cisarua Bogor. Untuk ham bukaĀ Taman Safari Indonesia mulai dari jamĀ 09.00 WIB – 17.00 WIB dan ada juga safari malam yaitu melihat attraksi hewan di malam hari dari jamĀ  19.00 WIB – 21.00 WIB.

Peta Taman Safari Bogor (Sumber : a-cisarua-bogor)

Pengalaman menarik saatĀ aku mengunjungi Taman Safari Bogor ketika memasuki kebun binatang yang dipenuhi dengan pohon lalu menaiki mobil mengamati binatang di habitat aslinya disertai guide yang menjelaskan tenatng hewan yang barusan dilihat.Ā Hewan tersebut bisa dilihat dari jendela mobil dan jarak hewan dekat sekali jadi tingkah lakunya di habitatnya terlihat jelas. Kesan yang tidak terlupakan lagi ketika melihat attraksi beberapa hewan seperti gajah main drama, singa laut yang berdansa, singa minum susu hingga mengunjungi taman burung. Koleksi hewan diĀ Taman Safari Bogor sangat lengkap yang berjumlah kurang lebih dari 2.500 hewan dengan ratusan spesiesĀ dari seluruh dunia. Hal lain yang aku suka di kebun binatang Taman Safari ialahĀ Baby Zoo yang boleh berfoto dengan bayi hewan seperti harimau, orang utan dan masih banyak lagi. Lalu ada juga souvenir hewanĀ yang sempat aku dapat dari si Daboo sebagai hadiah berupa boneka harimau. Kalau mengelilingi Taman Safari rasanya tidak cukup sehari karena sensasi petualangan di Taman Safari bikin nagih. Aku dan beberapa teman juga sempat mencoba naik mobil gantung yang membuatku takut tingkat tinggi (maklum phobia ketinggian). Sayangnya aku melewati untuk menyaksikanWild-Wild West yaitu tempat pertunjukkan koboi saking kelilingnya. Untuk setiap antraksi yang ada penonton disediakan tempat duduk di tribun dengan settingan melingkar sehingga pertunjukan terlihat jelas

2. Kebun binatang Batu Secret Zoo

Kebun binatang Batu Secret Zoo
Kebun binatang Batu Secret Zoo

Untuk peringkat kedua kebun binatang terbaik di Indonesia ialah kebun binatang batu secret zoo. Bisa dikatakan kebun binatangĀ Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang keren dengan konsep yang terorganisir dengan baik sekali sehingga mengelilingiĀ Batu Secret Zoo membuat ketagihan.Ā Batu Secret Zoo memiliki koleksi hewan yang lengkap dan hewan yang nyaris punah bahkan ada juga didatangkan dari benua Amerika dan Afrika. Hal yang aku suka dari Batu Secret Zoo terletak di papan informasi disetiap area sehingga menambah wawasan tentangĀ flora yang dikunjungin. Baru Secret Zoo termasuk dari Jatim Park.Waktu buka Jatim Park dari jam 10.00-18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Jatim Park 2 Senin-Kamis Rp70.000, Jumat seharga Rp100.000. Sementara tiket masuk Jawa Timur Park 1 dan Jawa Timur Park 2 Senin-Kamis seharga Rp100.000 dan jumat-sabtu seharga Rp135.000. Untuk tiket ke Jawa Timur Park 1+Jawa Tim Park 2+ Eco Green Park seharga Rp175.000.

Peta Batu Secret Zoo

Pengalaman yang berkesan saat mengunjuni Secret Zoo ketika melihat cendrawasing berwarna putih serta monyet kecil dari Amerika yang membuatku terkesan. Belum lagi tema dari secret zoo yang keren abis, bersih dan indah, misalnya ada tema padang pasir kemudian afrika hingga Amerika. Karcisnya pun unik berupa gelang serta banyak sekali hiasan yang lucu di Secret zoo.

Aku paling suka dengan koleksi hewan di Batu Secret Zoo yang lucu-lucu tidak hanya dari Indonesia juga dari Mancanegara. Apalagi melihatĀ Squarrel monkey, pertama kali dalam hidup melihat monyet mini dengan tangan berwarna kuning mirip Sung Go Kong.

3. Kebun binatang Ragunan

Ragunan
Ragunan

Kebun binatang RagunanĀ merupakan objek wisata murah meriah di Jakarta yang sering dikunjungi ketika hari minggu atau hari libur nasional. Ragunan merupakan kebun binatang yang luas dan memiliki koleksi hewan yang cukup banyak yaitu berpenghuni lebih dari 2000 ekor satwa serta lingkungan kebun binatang juga asri karena terdapat 50000 pohon sehingga tak salah kan aku masukkan Ragunan menjadi peringkat ketiga kebun binatang terbaik yang ada di Indonesia, apalagi Ragunan merupakan tempat wisata populer di Jakarta.

Ragunann sendiri didirikan tahun 1864. Alamat kebun binatang Ragunan di Jl. Harsono RM. No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Harga masuk tiket ke kebun binatang Ragunan untuk dewasa Rp4000 dan untuk anak-anak Rp3000. Jam buka Ragunan jam 8 pagi hingga jam 6 sore.Ā Ragunan cocok untuk area rekreasi keluarga serta siap-siap lelah untuk mengelilingi Ragunan karena sangat luas karenaĀ koleksi hewannya saja terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.Ā Untuk fasilitas yang ada di Ragunan terdiri dari Pusat Primata Schemutzer untuk konservasi primata Indonesia yang berkelas internasional, taman refleksi sebagai area dengan berbagai macam bunga, taman satwa anak sebagai taman yang menampilkan hewan yang disukai anak kecil dan sarana rekreasi buat pengunjung seperti kereta keliling dan taman perahu angsa yang menarik untuk dikunjungi.

Saya sendiri pertama kali dan terakhir kali mengunjuni Ragunan tahun2012 yang lalu. Kesan menarik di Ragunan ketika aku pertama kali melihat komodo secara langsung. Tapi sayangnya aku belum bisa mengelilingi Ragunan karena luasnya. Mungkin lain kali harus ke Ragunan lagi.

Peta Ragunan (Sumber http://ragunanzoo.jakarta.go.id/)

4. Kebun binatang Bandung

Kebun binatang Bandung
Kebun binatang Bandung

Kebun binatang Bandung bisa menjadi referensi jalan-jalan saat berada di Bandung. Udaranya sendiri sejuk dan terdapat bangku untuk pengunjung sehingga bisa santai.Ā MenurutkuĀ kebun binatang BandungĀ bukan merupakan kebun binatang terbaik di Indonesia tapi lumayan ok lah untuk menambah koleksi jalan-jalan ke kebun binatang. Pertama kali aku mengunjungi kebun binatang BandungĀ tahun 2012.

Lokasi kebun binatang Bandung tak jauh dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung. Alamat Kebun binatang Bandung diĀ  Jl. Taman Sari, Bandung. Untuk harga tiket masuk ke kebun binatang bandung seharga Rp 20.000. Koleksi hewan yang ada diĀ  kebun binatang Bandung kurang lebih sekitar 1800 satwa yang berasal dari berbagai daerah.Ā Hewan-hewan yang ada di kebun binatang Bandung di letakkkan di kurungan besi dan ada kandangnya menggunakan fiberglass.

Pengalaman liburan di kebun binatang Bandung yang berkesan ketika aku berfoto dengan ular dan orang hutan yang mukanya kelihatan kesal sekali.

5. Kebun binatang Bukittingi

Kebun binatang Bukittinggi
Kebun binatang Bukittinggi

Untuk kebun binatang Bukittingi merupakan kebun binatang yang kurang terurus dan minum fasilitas yang ada di Indonesia (menurutku loh ya bukan maksud menjelekkan hanya sharing pengalaman saja). Padahal kebun binatang Bukittingi merupakan kebun binatang tertua di Indonesia bahkan kebun binatang Bukittinggi dibangun di tahun 1900an. Nama lain dari kebun binatang Bukittingi ialah Taman Margasatwa dan budaya Kinantan. AlamatĀ Taman Margasatwa dan budaya Kinantan atauĀ kebun binatang Bukittingi diĀ Jl. Ahmad Yani diatas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittingi, Sumatera Barat. Kebun binatang Bukittingi dihubungkan oleh jembatan Limpapeh dengan objek wisata Benteng Fort de kock.

Sayangnya waktu aku kesana kesan terhadap hewan yang ada di kebun binatang Bukittinggi kelihatan tidak senang serta aroma bau dari kebun binatang yang tidak aku suka. Cuma kebun binatang Bukittingi memiliki koleksi hewan yang lumayan jika dibandingkan dengan kebun binatang Medan. Semoga nantinya kebun binatang Bukittingi bisa menjadi lebih baik ya.

Untuk kesan yang aku suka di kebun binatang Bukittingi ketika melihat kanguru asli yang pertama kali aku lihat di kebun binatang Bukittingi yang menurutku menarik.

Tips dan saran jalan-jalan ke kebun Binatang

1. Jangan membuang sampah karena dapat mengotori kebun binatang.

2. Jangan memberi makan hewan karena dapat membuatnya sakit

3. Jangan menyentuh hewan karena sangat menggangu

4. Sering-seringlah ke kebun binatang sebagai sarana menambah wawasan šŸ™‚

Bagaimana teman-temanĀ setuju dengan rangking kebun binatang terbaik di Indonesia yang aku buat?Ā Ada kebun binatang menarik yang bisa dijadikan referensi?

SalamĀ 

Weeny Traveller

Iklan

39 tanggapan untuk “5 Destinasi wisata kebun binatang di Indonesia

  1. Aku blm pnh semua huhuhu. Pernahnya baru ke gembiraloka Jogja sama taman safari prigen.

    Di magelang jg ada ding, namanya taman kyai langgeng. G khusus bonbin sih, tp byk jg koleksi binatangnya hehe

  2. Kebun binatang di Indonesia bukan lah tempat yang layak untuk dikunjungi, menurut saya. Dari pengamatan saya, banyak binatang di kebun binatang Indonesia yang stress karena kondisi kandang yang tak layak, kandang tanpa bahan pengayaan, air dan makanan yang tak cukup.

  3. Kami paling senang kalau ke kebun binatang.. Setiap ada kesempatan pasti kami berkunjung ke kebun binatang di tiap kota. Pasti selalu ada hewan yang baru loh.
    Semua diatas sudah semua kecuali taman safari bogor. Memang kebun binatang yang dibukit tinggi itu kurang terurus, padahal lokasinya di tengah kota. Sayang banget ya…

  4. Saya belum pernah ke kebun binatang Mbak, soalnya kasihan, kelihatannya seperti binatang dikerangkeng :huhu, bahkan orang utan di foto itu seperti kelihatan stres, padahal semestinya kan kebun binatang itu tempat binatang hidup bahagia dan terjamin :hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s