Liburan tahun baru sejenak di Cirebon


Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is not to stop questioning.

By Albert Einstein

KERATON Kasepuhan cirebon
Aku di Keraton Kasepuhan Cirebon

Hello World

Cirebon, 2 Januari 2015

Travelling ke Cirebon seharian merupakan ideku untuk mengajak di Andisu dengan bermodalkan nekat saja mumpung lagi liburan tahun baru yang panjang. Untuk itenary perjalanan Cirebon dalam sehari juga telah dibuatnya. Tapi itenary yang aku sediakan di blog ini merupakan yang catatatan perjalanan Cirebon berdasarkan aktual.

ONE DAY TRIP KE KOTA UDANG CIREBON
ITINERARY
TANGGAL : 02 JANUARI 2015
NO JAM AKTIVITAS BIAYA KETERANGAN
1 20.00 ~ 22.00 KE TERMINAL KP.RAMBUTAN 3500 TRANSJAKARTA
2 22.00 ~ 03.00 JAKARTA CIREBON 70000 BUS EKONOMI NON AC PO.Setia Negara
3 08.00 ~ 09.00 TERMINAL HARJAMUKTI – CIREBON KOTA 5000 ANGKOT D8
4 09.00 ~ 11.00 KELILING KRATON KASEPUHAN 8000
5 11.00  ~ 13.00 SHOLAT DI MASJID AGUNG CIPTA RASA 0
6 13.00 ~ 14.00 KELILING KRATON KACIREBONAN 0
7 14.00 ~ 14.30 KE KRATON KANOMAN 8000
8 14.30 ~ 15.00 KE TERMINAL HARJAMUKTI 4000 ANGKOT D8
9 15.30 ~ 00.00 BALIK KE JAKARTA 90000 BUS BISNIS AC PO.Setia Negara
TOTAL BIAYA 188500
BIAYA TERSEBUT BELUM TERMASUK ;
– MAKAN DAN MINUM
– TOILET UMUM
– SUMBANGAN
– OLEH-OLEH
– UANG ANGKOT PASAR REBO – KP.MELAYU
– UANG TAXI KP.MELAYU – SUDIRMAN

Setidaknya ada tiga tujuan wisata Cirebon yang membuatku penasaran karena selama ini aku paling suka plesiran ke Candi baik Candi peninggalan Kerajaan Hindu maupun Buddha maka saatnya aku untuk menjelajah Keraton yang berasal dari Kerajaan Islam plus mumpung lokasi Cirebon juga dekat dengan Jakarta sehingga satu hari saja cukup untuk mengelilingi Cirebon.

Aku di Cirebon
Aku di Cirebon

Untuk tujuan wisata keraton yang menjadi pilihan objek wisata di Cirebon yaitu Keraton Kesepuhan Cirebon, Keraton Kacirebonan dan Keraton Kanoman. Untuk lokasi ketiga Keraton cukup dekat sehingga bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Untuk Keraton Kesepuhan Cirebon merupakan obyek wisata utama di kota Cirebon, Jawa Barat serta merupakan salah satu keraton yang memiliki unsur Hindu yang kental dan dapat dilihat di batu bata merah serta bentuk gapura keraton.

Aku dan Andisu ke Cirebon berangkat malam dari Kampung Rambutan jam 10 malam tapi bus ngetam alias baru berangkat pukul 11 malam dan sampai di Halte Harjamukti Cirebon pukul 3 pagi. Hal yang membuatku kapok naik bus tentunya karena lama sekali. Seharusnya lama perjalanan Jakarta Cirebon 3 jam saja jika tidak macet. Untuk berangkat memang tidak masalah karena hanya selisih satu jam saja dari lama perjalanan normal yang paling bikin kesal pas pulang dari Cirebon karena naik bus jam 3.30 sore tapi sampai di Jakarta jam 11.30 malam. Kesal bercampur kasihan juga dengan para pencari rezeki di bidang bus karena penumpang yang sedikit.

Karena kami sampai jam 3 pagi maka tidak ada pilihan kecuali tidur di terminal Harjamukti Cirebon. Untungnya ada penjual makanan bubur serta makanan khas Cirebon Nasi Jamblang/Sega Jamblang sama seperti nasi kucing cuma bedanya nasi jamblang menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi yang tersaji secara prasmanan. Untuk harga makanan di Cirebon aku akan katakan sama saja seperti di Jakarta. Harganya tidak sesuai ekpektasi karena ekpektasi harga di Jawa mungkin sedikit lebih murah bila dibandingkan dengan Jakarta misalnya Yogyakarta tapi ini tidak berlaku untuk Jawa Barat 😉

keraton kesepuhan cirebon
Keraton Kesepuhan Cirebon

Selain keraton, sebenarnya banyak objek wisata di Cirebon seperti Wanawisata Ciwaringin, Desa Wisata Cikalahang, Situ Sedong, Taman Ade Irma Suryani Nasution, Taman Sari Gua Sunyaragi, Banyu Panas Paliaman, dan Kampung Batik Trusmi. Tapi karena waktu dan ternyata wisatanya tidak seperti ekpektasi akhirnya kami cukup sehari saja di Cirebon.

Overall perjalanan Cirebon ok lah untuk liburan singkat tapi ada tapinya yaitu pengalaman perjalanan yang kurang sreg bukan karena objek wisatanya tapi ada something yang membuat tidak sreg. Karena traveller blogger harus jujur kan dalam mengulas cerita perjalanan 😉

to be continue..

Salam 

Weeny Traveller

Iklan

31 tanggapan untuk “Liburan tahun baru sejenak di Cirebon

  1. ke Cirebon gak bilang2 nih.

    Mau komen panjang ah
    1. Itu kayaknya biaya di luar total rekapan lebih gede ya
    2. Jam normal perjalanan Jakarta Cirebon rata2 adalah 5 jam (ini jalannya santai dan pagi hari dari Jakarta).
    3. Kamu makan di nasi jamblang yang di mana?
    4. Oleh2nya mana?
    5. Taman Ade Irma gak dianjurkan sih – pas di sana tahun 2008 gak bagus. Mending melipir sekalian ke Kuningan.

  2. Nah list harga perjalanan ini penting buat saya untuk penentuan perjalanan, dan bagusnya lagi bisa ngeteng. Enak lho bisa berhenti di tempat-tempat ang ingin dikunjungi tanpa harus ikut aturan travel.

  3. Buset, itu one day trip ke Cirebonnya padat banget (iya sih gara-gara sehari), tapi nggak capek ya balik-balik ke Jakartanya? (tipe traveler yang nggak mau capek #plak #abaikan).
    Btw, supaya waktu nggak habis lama di jalan, naik kereta mungkin bisa jadi pilihan Mbak, soalnya tiket kereta ke Cirebon ada yang Rp55k (meski pesannya harus jauh-jauh hari karena pasti suka kehabisan *hehe*).
    Sekali waktu kalau ada temen boleh nih ke Cirebon :hehe *bicara pada diri sendiri*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s