Dieng temple was built around 7-8AD. The temple complexes in Dieng compound are Arjuna complex temple, Bima temple, Setyaki temple, Dwarawati temple and Gatotlaca temple. The architecture style in Dieng temple compound developed from Indian influence to local style. The development can be observed by wall frame and roof tower. 

winny alna marlina

Hello World!

Tidak diragukan lagi kalau dataran tinggi Dieng merupakan surganya tempat wisata buat para trzveller. Banyak sekali tempat wisata menarik di Dieng mulai dari Candi, kawah hingga ke Gunung, semuanya ad adi Dieng. Beberapa tempat wisata di Dieng yang bisa dijadikan referensi tempat jalan-jalan yaitu Sumur Jalatunda, Telaga Dringo, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri, Telaga Serwiwi, Candi Dworowati, Museum Kailasan, Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Telaga Bake Kambang, Kawah Sikidang, Candi Bima, Tuk Bima Lukar, Gardu Pandang, Dieng Plateu Theatre, Telaga Warna, Telaga Pengilon dan masih banyak lagi. Itulah alasanan kenapa memilih liburan ke Dieng.

Peta wisata Dieng

Peta wisata Dieng

Setelah dari Kawah Sileri, maka kami pun menuju ke Komplek Candi Arjuna yang merupakan wisata popular Dieng. Sebelum memasuki Candi Dieng, maka kamipun mencoba kuliner khas Dieng di pasar di depan pintu utama Candi Arjuna. Mie cangklok merupakan makanan khas Dieng merupakan mie dengan sate yang rasanya manis. Setelah makan siang, maka kamipun sholat. Selesai sholat barulah kami memulai penjelajahan kami yaituTravelling ke komplek Candi Arjuna Dieng Hingga Hingga ke Kawah Sikidang.

Candi Setyaki

Candi Setyaki

Di depan pintu utama Komplek Candi Arjuna, maka terdapat Candi Gatot Kaca. Untuk tiket masuk ke dalam Komplek Candi Arjuna sudah termasuk biaya masuk ke Kawah Sikidang dan Suharto – Witlem Meeting House. Sebenarnya masuk ke dalam Candi Arjuna bisa gratis yaitu melalui Candi Setyaki yang berada di jalan sebelum jalan utama. Aku mengetahui hal ini ketika aku pisah dari rombongan saat mereka bernarsis ria di depan Candi Arjuna karena aku ingin mengeksplor lebih dalam mengenai kawasan wisata komplek Candi Arjuna dan dari sinilah aku mengetahui ada pintu Doraemon masuk ke dalam Candi Arjuna hehehe.

aku di Candi Arjuna

Aku di Candi Arjuna

Kesan pertama menganai Candi Arjuna ialag “unik” karena Komplek Candi Arjuna terdiri dari 5 candi serta pegunungan sebagai latar belakang Candi sehingga membuat mata yang melihatnya terasa adem.

Waktu kami memasuki Candi, penatannya rapi dan aku paling suka duduk santai sambil menatap Candi, seakan menikmati hidup banget. Memang inti dari perjalanan itu ialah menyatu dengan alam sekitar.

Dalam perjalanan ke Candi Arjuna, aku memang memisahkan diri dari tim karena aku ingin menjelajah lebih dalam tentang Candi Arjuna. Saat itu aku memphoto setiap inchi Candi Arjuna hingga akupun bertemu dengan warga local Dieng dengan seragam tokoh Hindu Mahabrata yaitu Gatot kaca. Untuk berphoto dengan mereka maka cukup membayar Rp10.000 untuk satu photo dan akupun tak menyia-nyiakan kesempatan berphoto dengan tokoh Mahabrata sekalian berbagi rezeki kepada pengais rezeki sekaligus kenang-kengan di Candi Arjuna Dieng.

dieng Gatot kaca

dieng Gatot kaca

Keunikan dari Candi Arjuna ialah kelima Candi berjejer di dalam bentuk persegi sehingga mempesona bagi yang melihatnya. Jalanan menuju Candi Arjuna di dalam komplek juga tersusun rapi disampingnya terdapat pepohonan yang membuatnya terasa sejuk sehingga kami betah berlama-lama di Candi Arjuna. Kalau tidak mengingat wisata lainnya maka mungkin kami sudah lupa waktu di Candi Arjuna. Jadi buat yang berencana melancong ke Dieng jangan lupa untuk mengunjungi Candi Arjuna.

dieng plateu

dieng plateu

Untuk para pemula backpacker yang memiliki rencana jalan-jalan ke Dieng, maka tips dari saya tentang Catatan perjalanan Candi Dieng Arjuna ialah sebagai berikut

  1. Di depan pasar Candi Arjuna terdapat penjual souvernir serta makanan khas Dieng berupa mie congklok
  2. Dataran tinggi Dieng itu dingin maka usahan untuk membawa payung serta jaket
  3. Sebaiknya ke Dieng dengan rombongan untuk menghemat budget perjalanan agar bisa menyewa mobil
  4. Banyak sekali penginapan murah di Dieng jadi jangan khawatir.
  5. Untuk menjelah semua objek wisata Dieng memerlukan waktu minimal 3 hari namun untuk 1 hari bisa menjelajah objek wisata popular Dieng seperti Telaga Dwi Warna, Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan berburu sunrise di Sikunir.

Salam

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

8 Comments

  1. Banyak candi dan telaga ya Win.

    Reply

  2. Kak win mau nanya. Untk nambahin menu tema. Di atas it gmana ya crnya. Mksh

    Reply

  3. sebetulnya saya nggak suka dengan wisata sejarah tapi skrg jadi suka apalagi kalo ada legenda2 gt

    Reply

  4. Foto pertama ada arjunanya. Keren.
    Candi di dieng banyak juga ternyata.

    Reply

    1. banyak Akbar, drmu sudah ksana?

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.