16 Tempat Menarik di Sumatera Barat


Hello World

Hello Universe!

Siapa yang tidak kenal dengan Sumatera Barat, tempat lahirnya Bung Hatta, Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Belum lagi para pujangga seperti Hamka yang berasal dari Sumatera Barat. Terus Sumatera Barat dengan matrilineal yang unik. Catatan menarik tentang Sumatera Barat ialah “Padang”, yang identik dengan Nasi Padang dan Orang Padang. Hal inilah yang membuatku nekat seorang diri ke Sumatera Barat dari Medan dengan bermodalkan Rp 180.000 dengan lama perjalan selama 27 jam yang membuat pantatku benar-benar tepos.

Tapi dari perjalanan untuk menjelajah wisata menarik Sumatera Barat di tahun 2011 telah meninggalkan jejak catatan pejalanan travelling ala Backpacker ke Sumatera Barat untuk menikmati sisi lain Indonesia yang sangat berharga dalam kehidupanku.

Aku melihat Indonesia, aku melihat dunia!!

Aku menjelajah tempat wisata dari Padang hingga ke Payakumbuh. Dari setiap wisata yang aku kunjungi beberapa tempat wisata menarik di Sumatera Barat, setidaknya ada 16 tempat wisata menarik di Sumatera Barat yang bisa dijadikan referensi tempat tujuan wisata di Sumatera Barat khususnya objek wisata Padang, tempat wisata Pariaman, tempat wisata Bukittingi, tempat wisata Padang Panjang dan tempat wisata Payakumbuh.

16 tempat wisata menarik di Sumatera Barat antara lain:

1. Sunset Teluk Bayur di Padang

Teluk Bayur
Teluk Bayur

Sebenanrnya banyak sekali wisata menarik di Sumatera Barat diantaranya Taplau Padang (Tapian Laut), dan sebagainya tapi aku lebih suka dengan sunset di teluk Bayur yang indah. Tempat ini cocok buat refreshing apalagi disepanjang jalan menuju ke Pelabuhan terdapat monyet liar yang menunggu makanan dari pengunjung. Ini mirip seperti jalanan ke Danau Toba yang monyetnya udah di tepi sepanjang jalan ke Parapat Danau Toba.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Hal menarik di Padang ialah Jembatan Siti Nurbaya karena di malam hari jembatan ini akan banyak pedagang serta lampunya berjajaran yang mirip di Eropa bok! Meski tidak pernah ke Eropa 😀

Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya

Aku suka menimati malam di jembatan Siti Nurbaya karena jagung bakarnya rancak bana alias enak dan murah! Dibawah jembatan Siti Nurbaya terdapat sungai dengan perahu yang berkeralp-kerlip mirip di Melaka. Intinya tempat nyaman untuk nongkrong di Sumatera Barat. Aku diajak oleh Nyak Irma dan Bang Indra untuk menikmati suasana Padang di malam hari.

3. Batu Malin Kundang di Pantai Manis

Pantai Manis Malin Kundang
Pantai Manis Malin Kundang

Siapa yang tidak kenal ceriata Malin Kundang yang durhaka dengan ibunya. Nah di Pantai Manis terdapat patung Malin Kundang. Pantai Manis indah yang cocok banget untuk surfing karena ombaknya yang besar. Warna pasir pantai di Pantai Manis itu hitam mirip pasir besi. Tapi jangan harapkan untuk yang sesautu yang wow terhadap batu Malin Kundang karena hanya berupa batu biasa yang terbuat dari semen di pantai yang ukurannya kecil dengan bentuk orang yang menunduk. Nothing more! 

Aku sendiri malah lenih tertarik dengan kisah Malin Kundang yang diukir di dinding disamping warung yang ada di Pantai Manis tempat kami makan mie rebus. Makan mie rebus di Pantai Manis emang menyenangkan, cocok mengisi liburan.

4. Pantai Pariaman

Pantai Pariaman
Pantai Pariaman

Aku ke Pantai Pariaman dengan Nidia sahabatku waktu kuliah dengan adiknya. Dari Padang ke Pariaman kami menaiki kereta api kira-kira 2 jam. Aku sangat suka Pantai Pariaman dan termasuk tempat wisata pantai keren di Sumatera Barat. Pasirnya bersih, lautnya biru serta terdapat pedagang yang menjual masakan khas Padang. Kami sangat senang berburu kuliner Padang di Pantai Pariaman.

5.Lembah Anai

Lembah si Anai
Lembah Anai

Lembah Anai muah dijumpai karena berada di tepi jalan menuju ke Padang Panjang dari Padang. Lembah Anai bisa jadi tempat menarik bagi sebagian orang karena merupakan air terjun dengan air pegunungan. Kalau aku sendiri jujur saja, Air terjun Lembah Anai tidak begitu membuatku begitu tercengang karena for me its standart! But Lembah Anai could be one of destination in  Sumatera Barat.

6. Gua Jepang Bukittingi

Gua Jepang
Gua Jepang

Lobang Jepang Bukitting atau sering disebut Gua Jepang merupakan Gua peninggalan jepang yang berisi penjara dan beberapa bilik dari jaman Jepang. Gua Jepang bisa menjadi referensi temapt wisata di Bukittingi yang agak lumayan luas dengan nuanasa mistisnya. Aku ke Lubang Jepang dengan si Nyakmat sebagai turguide. Kesan pertamaku saat masuk ke Gua Jepang ialah gelap dengan penjara yang membuat bulu kuduk merinding tapi aku juga merasakan biasa saja. I mean not really hypotizing me! Tapi meski demikian masuk ke Gua Jepang lumayan memberikan pengalaman tersendiri karena butuh 30 menit hingga 1 jam untuk mengelilingi Gua.

7. Ngarai Si Anok

Ngarai si anok
Ngarai si anok

Ngarai si Anok merupakan salah satu tempat menarik di Bukittingi yang bisa dilihat di kawasan Gua Jepang Bukittingi. Tapi jujur saja aku terlalu high expectation mendengar kata Ngarai Si Anok yang rupanya artinya Lembah si Anok. Kalimat yang muncul saat melihat Ngarai si Anok ke si Nyakmat ialah ‘buset cuma gini doang? Di kampungku banyak yang kayak gini” hahaha 😀

8.Benteng Fort De Kok

Benteng Fort De Kok
Benteng Fort De Kok

Benteng Fort De Kok bisa dijadikan tempat menarik di Bukittingi yang mencintai peninggalan zaman dahulu. Benteng Fort De Kok masih satu lokasi dengan kebun binatang Bukitting. Aku tahu nama Benteng Fort De Kok dari google dan algi-lagi aku kecewa karena teralalu berharap tinggi untuk melihat sesuatu yang wow rupanya hanya puing bangunan biasa yang tidak terurus.

9. Jembatan Limpapeh Bukittingi

Jembatan Limpapeh
Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh Bukittingi merupakan tempat menarik karena dari jembatan bisa melihat pemandangan Kota Bukittingi. Jembatan Limpapeh berada di satu lokasi dengan kebun binatang Bukittingi. Satu destinasi yang unik dengan tanda rumah Padang, khas!

10.Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi
Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi merupakan tempat wisata menarik bagiku karena di Binatang Bukittinggi tidak hanyaa koleksi hewan tok, tapia da museum rumah Padang yang bisa melihat baju adat orang Padang serta gaya rumahnya yang runcing. Koleksi Binatang Bukittinggi tidak selengkap Ragunan Jakarta tapi suasananya lumayan seru. Sayangnya beberapa hewan di Binatang Bukittinggi kelihatan stress! Aku kesini ditemani si Nyakmat.

11. Mata Air Kucing Padang Panjang

mata air kucing padang panjang
Mata Air Kucing Padang Panjang

Mata Air Kucing Padang Panjang merupakan wisata menarik di Padang Panjang dengan suasana pegunungan Padang Panjang yang asri dan dingin! Aku diajak oleh Bobo, Dosti dan Febi untuk mandi di kolam yang jernih. Pengalaman mandi di alam terbukan untuk pertama kalinya di Padang Panjang!

12. ISI

ISI
ISI

ISI adalah nama institut khusus musik yang ada di Indonesia. Sekolah musik yang menarik! Aku ke ISI dengan diajak Febi, Bobo dan Dosti untuk melihat anak-anak ISI bermain musik Gamelan! Keren dan something new! Usut punya usut, pertunjukan ISI cukup populer hingga ke Australia loh!

13. Danau Meninjau

Danau Meninjau
Danau Meninjau

Danau Maninjau merupakan tempat menarik selama di Sumatera Barat dengan Danau Vulknik dengan pegunungan yang seakan kembar. Tapi sayangnya aku bukan ke bawah atau langsung ke Danau Maninjau hanya melihantnya dari Matur penatapan atas Danau Maninjau yang diajak si Mbah Nyakmat 😀

14. Air Terjun Halau di Payakumbuh

Halau
Halau

Halau adalah objek wisata menarik di Payakumbuh dengan air terjun serta tebing indah yang eksotis. Aku paling suka ke Halau dan menaiki tangga hingga ke Puncak Air Terjun serta menatap makanan di bawah area pariwsata. Halau tempat wiasta keren di Payakumbuh 🙂

15. Gua Ngalau Indah di Payakumbuh

 Gua Ngalau Indah di Payakumbuh
Gua Ngalau Indah di Payakumbuh

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ada di Gua Ngalau Indah Payakumbuh karena terdapat batuan yang mirip gajah. Sayangnya saat ke Ngalau Indah , hari sudah magrib dan si Nyakmat lihat penampakan yang membuatku batal untuk masuk ke dalam Gua meski aku amat exicted. 

16. Jam Gadang Bukitting

Jam Gadang Bukittinggi
Jam Gadang Bukittinggi

Dari semau wisata yang ada di Sumatera Barat, tempat wisata kesukaan di Jam Gadang Bukittinggi karena menikmati malam hari sungguh menyenangkan di Jam Gadang. Suasananya berbeda dan menyenangkan! Aku menikmati keindahan jam Gadang yang luar biasa.

Nah sahabat petualang, sudahkah dirimu menjelajah wisata Sumatera Barat?

Take your shoes and bag, lets travelling Indonesia

Salam

 

Winny

Iklan

39 tanggapan untuk “16 Tempat Menarik di Sumatera Barat

      1. Batu malin kundang sekarang sudah tidak terawat lagi.dulu thn 1992 tempat nya masih asri. Pahatan batu nya msh asli. Skrg sudah bnyk yg hancur krn ombak. Dan bnyk yg sudah d perbaiki dg semen. So. Pengunjung bnyk yg kecewa

  1. Yang d payakumbuh namanya bukan halau tapi “harau” sebuah lembah yang tebing nya curam. Merupakan salah satu tmpt wisata ter exstrim d indonesia versi on the spott trasn 7

  2. ada lagi nih usul.
    pulau sikuai, pulau pagang, pulau pasumpahan, pulang cubadak. tu yng wisata pulau ya bagus.
    buat hobi tracking : nyarai, talago, sarasah gaduik

  3. insaalloh hari raya ini sy ke padang. insaalloh terbang ke padang pada mlm hari raya, saya berencana jln” ke padang selama 1 minggu, saya ingin jln” dr padang samp ke bukit tinggi. kl naik kereta api dr pariaman ke bukit tinggi ada ke tidak ya..?

  4. Masih banyak lokasi menarik yang anda belum jelajahi , kalau anda sudah melihat Pariaman seharusnya langsung dari sana menuju danau Maninjau ( rute balap sepeda internasional ) melewati kelok 44 yang legendaris buat para supir karena membutuhkan konsentrasi tinggi untuk melewatinya terus akan lewat tempat anda berhenti melihat pemandangan kearah danau dari ketinggian di Matur itu. Jadi ini rute dari bawah menyusur pinggiran danau terbalik arahnya dari yang anda tempuh waktu dari Bukittinggi. Di Ngarai Sianok seharusnya anda juga merasakan kemegahan ngara itu dari dasar lembahnya jangan hanya melihat dari atas yang dekat Goa Jepang itu saja, telusuri lah sungainya yang jernih dan segar. Anda belum ke Batu Sangkar lokasi Istana Pagar Ruyung, anda belum melihat danau ter besar di Sumbar danau Singkarak yang terkenal dengan budi daya ikan bilihnya. Danau kembar : Danau Diatas dan Danau Dibawah yang aduhai pemandangannya tentu harus dikunjungi dalam perjalanan dari Solok kearah Padang melewati Sitinjau Laut. Tentu juga tidak lupa daerah Painan dengan pemandangan laut spektakulernya sepanjang perjalanan dari arah Teluk Bayur . Belum lagi jalan layang terbaru di Kelok Sembilan menuju Pekan Baru dari arah Paya Kumbuh yang pemandangannya se akan2 berada di Eropah sana. Padang Panjang tentu tidak hanya Pemandian Lubuk Mata Kucing saja, ada pusat kebudayaannya juga yang terkenal dan last but not least kulinernya yg tidak boleh dilewatkan : Sate Mak Syukur yang membuat SBY dan para menteri yang berkunjung ke Sumbar pasti akan duduk menikmati kelezatannya yang maknyuss ala Bondan.. Dan tentu saja banyak oleh2 makanan setempat baik di Bukittinggi dan Padang sebagai penutup perjalanan berbagi cerita di kampung halaman anda .Begitu Uni Winny. Anda perlu merencanakan back packingan lagi untuk merasakan sensasi di semua destinasi yang belum dikunjungi itu.

  5. Istri sy orang padang tetapi sy belum pernah pulang ke padang….begitu melihat keindahan panorama padang,,,,jadi rindu pulang kampung nie…..pulang kampung ach….

  6. Hi,Your blog helps a lot in my research about my impending road trip to Sumbar after the haze season is over.It is always my dream to make a road trips exploring Sumatera and Jawa.I read a lot about it’s natural beauty,especially Harau Valley.Good work in promoting your beautiful Sumatera..

  7. Hi,very useful informations about the natural beauty of Sumbar.It will help me a lot in planning my impending Sumatra ‘s road trips when this current haze season is over.Keep up the good work in promoting your beautiful country..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s