“Earth provides enough to satisfy every man’s needs, but not every man’s greed.” ― Mahatma Gandhi

Bakti sosial di Pulau Onrust

Bakti Sosial di Pulau Onrust

Hello World, Hello Universe!

Ngetrip sambil peduli lingkungan merupakan kegiatan yang menyenangkan loh! Selain dapat hiburan dan mengisi waktu libur secara positive, kegiatan bersih-bersih lingkungan dapat menumbuh kembangkankan rasa gotong royong atau kerja bakti  gunanya mempererat rasa persatuan dan kekeluargaan kita.

Sama halnya dengan pengalaman kami ke Pulau Onrust saat melakukan bersih-bersih Pulau Onrust dari sampah yang begitu menumpuk akibat dari ulah wisatawan yang tidak perduli lingkungan dan membuang sampah sembarangan.

bersih di onrust

Trip perjalanan ke Pulau Onrust sebenarnya merupakan trip perdanaku. Trip Gerakan Pulau Bersih Kepulauan Seribu khususnya Pulau Onrust menumbuhkan kekompakan terhadap sesama traveller alias kami sang pelancong lokal. Dan, Alhamdulillilah trip kami aman dan berjalan lancar serta aku dapat bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Beruntung sekali peserta rombonganku merupakan peserta yang memiliki keperdulian tingkat tinggi dan aku sangat salut melihat antusias mereka saat membersihkan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu.Salah satu peserta yang paling rajin dalam bersih-bersih Pulau Onrust ialah Zulfikar.

menjaga pulau onrust bersih

Menjaga Kebersihan Pulau Onrust 

Kerja Bakti Membersihkan Pulau Onrust sebenarnya didasari karena keprihatinan melihat kondisi Pulau Onrust yang merupakan Pulau bersejarah harus kotor akibat ulah apatis turis nakal. Kebanyakan pengunjung membuang sampah sembarangan dan seenaknya membuang sampah ke laut, padahal jika laut tercemar akibat sampah yang dibuang sembarangan pastilah keindahan Pulau Onrust dan Pulau disekitarnya juga tercemar.

peduli lingkungan di pulau onrust

Peduli Lingkungan di Pulau Onrust

Pulau Onrust yang merupakan salah satu gugusan Kepualaun Seribu memang menjadi karantina Haji, dan memilik barak haji berjumlah 35 dari jaman dulu dan merupakan Situs Cagar Arkeolog. Nah tentu sebagai pengunjung maka kewajiban kitalah untuk menjaga kebersihan Pulau Onrust, Kelor dan Cipir dengan cara tidak membuang sampah. Sah-sah saja berkunjung ke tempat wisata, tapi please, jaga kebersihan tempat wisata tersebut! Malu kan ngaku-ngaku traveller tapi acuh terhadap tempat yang dikunjungi? Kalau tidak bisa membersihkan, yah minimal tidak membuang sampah sembaranganlah!

peduli  sampah di pulau onrust

Gerakan Peduli Lingkungan di Pulau Onrust

Gerakan Peduli Lingkungan di Pulau Onrust, kelor dan Cipir haruslah kita lestarikan karena Pulau Onrust sebagai kawasan Pelestarian Sejarah harus tetap terjaga kebersihannya 🙂

Reza yang membersihkan Pulau Onrust

Reza yang membersihkan Pulau Onrust

Special thanks to my team back packs

Peserta Open Trip Pulau Onrust, Kelor, Cipir :

1. Adela Safitri

2. Ayu Verdania

3. Jane

4. Sonia

bersih pulau

Kegiatan membersihkan Pulau Onrust 

5. Atika

6. Nurul

7. Vita 

gotong royong

Gotong Royong di Pulau Onrust 

8. Dzulfikar Al-A’la

9. Novitasari S.

10. Dian Safitri

11. Andiyanto Wibowo

12. Rizma Sabariah

peduli sampah

peduli sampah di Pulau Onrust

13. Frans

14. Thomas

15. Irman

16. Ahmad Fahreza Tanjung

kerja bakti di pulau onrust

kerja bakti di pulau onrust

17. Hary

18. Sarta

19. Apu

kebersihan di pulau onrust

kebersihan di pulau onrust

20. Ade

21. Irwan

22. Rahma

menjaga pulau onrust

menjaga kebersihan pulau onrust

Lihat saja antusias dan wajah bahagia dari Ayu, Vita, Atika, Sonya 🙂

menjaga kebersihan pulau onrust

menjaga kebersihan pulau onrust

Irwan yang sampai nunduk dan mencari akal membersihkan Pulau Onrust dari sampah dengan peralatan minim.

kebersihan pulau onrust

kebersihan pulau onrust

Inilah tim ku backpack yang sadar lingkungan nan laur biasa 🙂

peduli lingkungan

Peduli lingkungan 

Jangan lupa untuk melihat pengalaman kami bersih-bersih di Pulau Onrust

So guys lets save Indonesia, save out place, do not throw your waste! Keep clean our home, Indonesia 

-Weeny Traveller-

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

11 Comments

  1. That’s really wonderful. I think we need many initiatives like this throughout the world. 🙂

    Reply

    1. Thanks Gaurab, we do the good things for better life

      Reply

  2. Kalo aku pas di Indonesia, pengen banget bisa ikut deh Winn, jadi sekalian berwisata sekalian menjaga kebersihan 😀
    Salut ama kamu dan teman2, semangat terus yaaa

    Reply

    1. Terimakasih Fascha hehehe mau memupuk sikap peduli lingkungan for better indonesia aaselee

      Reply

    1. monggo ikut Johanes hehhe

      Reply

  3. Aksi yang patut diteladani.
    Untuk para pengunjung
    “Jika tak mampu membersihkan bantulah dengan membuang sampah pada tempatnya”

    Reply

    1. Thanks Akbar, mari dirimu jg ikutan 😉

      Reply

  4. wah bnr2 pengalaman yang sangat menarik.. salut sy sama mba winny n the gank 😀
    tetep be positif mba, Prediksi Jitu mba ini suka jalan2 n menginspirasi orang ya?? 😀

    Reply

  5. mantap..semangat kayak gini nih perlu ditularkan..

    Reply

    1. Terimakasih Kak monggo di terapkan, saya akan senang 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.