Sigale-Gale dan Pakaian Adat Batak


Danau Toba or Lake Toba is a supervolcano with big lake which is  located on Sumatera Utara, Medan. In the middle of Toba Lake, there is an island called Pulau Samosir. On Samosir there is an unique culture and interesting show “Sigale Gale”. Sigale-gale is a puppet dancer from wood with Batak tranditional clothes “Ulos”. While Sigale-gale dances, the Batak song will be adding the show

Pakaian daerah Sumatera Utara
Pakaian daerah Sumatera Utara

Hello World!

Danau Toba, Februari 2011
Itulah awal pertama kali aku melangkahkan kaki di wisata populer Sumatera Utara, Danau Toba. Meski sering melewati Danau Toba ketika perjalanan menuju Medan dari Padangsidempuan atau sebaliknya selalu melewati Parapat tapi baru pertama kali baru bisa mencicipi langsung keindahan Danau Toba yang kental dengan Adat Batak, etnisku.
Aku, Adikku, Rahma, Kak Desi, Nia, Evlina dan dua orang lagi menaiki bus kecil yang isinya cuma kami seolah memonopoli bus kecil itu hingga kami sampai ke Parapat, Danau Toba.

Sesampai di Parapat, kamipun mencari tempat penginapan disekitar Danau. Kami menginap di sebuah rumah sederhana yang memiliki dua kamar dengan harga Rp200.000 per malam. Cukup murah untuk kami berdelapan.

Keesokanya kamipun menyeberang dengan perahu menuju Desa Tomok di Pulau Samosir. Pulau Samosir ialah pulau yang letaknya di tengah Danau Toba yang luas.

Tips saya jika berwisata di Danau Toba, pandai-pandailah menawar harga khususnya harga perahu penyebarangan ke Pulau Samosir karena kadang-kadang harganya bisa selangit kalau tidak ditawar.

Di sepanjang perjalanan, teman-temanku begitu eksis bernarsis ria :D sementara aku hanya menikmati setiap tingkah laku mereka. Bukan Indonesia namanya kalau tidak narsis kali yah!!!
Sesampai di Desa Tomok, sebuah boneka kayu yang memakai pakaian Adat Batak yang menyerupai manusia. Sigale-gale dapat bergerak dengan benang yang melekat di badannya serta iringan lagu Batak.

Sigale-gale di Danau Toba
Sigale-gale di Danau Toba

Aku dan temanku tertawa melihat ulah Sigale-gale yang lucu dan unik. Sigale-gale memang atraksi yang membuat wisatawan penasaran baik wisatawan local maupun wisatawan asing. Kebanyakan Bule yang datang ke Danau Toba pasti tertarik menyaksikan Atraksi Dance Sigale-Gale. Sigale-gale sangat mudah ditemukan dapat ditemukan di Pulau Samosir.
Dengan spontan Aku dan Rahma  bersalaman dengan Sigale-gale. Biasanya ada tempat untuk memberikan donasi seikhlasnya jika ingin melihat tarian Sigale-gale. Aku dan Rahmapun harus mengambil kocek untuk berphoto dengan Sigale-gale.

Sigale-gale
Sigale-gale

Sigale-gale yang kami lihat ada dua, satu dekat dengan pasar yang berbaju putih dan satu lagi di dekat rumah adat Batak dengan warna baju hitam lengkap dengan ulos Batak.

Pakaian Adat Batak Sumut
Pakaian Adat Batak Sumut

Tak jauh dari pertunjukan tari Sigale-gale, kami menuju Museum yang berisi pakaian khas Batak, ulos Batak lengkap dengan tempat sirih.
Tak lupa kami berphoto dengan pakaian Adat Batak dengan bangga. Dan yang paling antusias itu Aku, Adikku dan Rahma. Lumayan untuk menunjukkan kebudayaan Batak kepada penjuru dunia!!

Ulos Batak
Ulos Batak

Jadi bagi traveler yang ingin mengunjungi Danau Toba jangan lupa berphoto dengan Sigale-gale dan mencoba pakaian adat khas Batak “Ulos Batak”.

-Salam Blogger Indonesia dan Backpacker-

Winny Alna

Iklan

18 tanggapan untuk “Sigale-Gale dan Pakaian Adat Batak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s