Danau Toba or Lake Toba is a supervolcano with big lake which is  located on Sumatera Utara, Medan. In the middle of Toba Lake, there is an island called Pulau Samosir. On Samosir there is an unique culture and interesting show “Sigale Gale”. Sigale-gale is a puppet dancer from wood with Batak tranditional clothes “Ulos”. While Sigale-gale dances, the Batak song will be adding the show

Pakaian daerah Sumatera Utara

Pakaian daerah Sumatera Utara

Hello World!

Danau Toba, Februari 2011
Itulah awal pertama kali aku melangkahkan kaki di wisata populer Sumatera Utara, Danau Toba. Meski sering melewati Danau Toba ketika perjalanan menuju Medan dari Padangsidempuan atau sebaliknya selalu melewati Parapat tapi baru pertama kali baru bisa mencicipi langsung keindahan Danau Toba yang kental dengan Adat Batak, etnisku.
Aku, Adikku, Rahma, Kak Desi, Nia, Evlina dan dua orang lagi menaiki bus kecil yang isinya cuma kami seolah memonopoli bus kecil itu hingga kami sampai ke Parapat, Danau Toba.

Sesampai di Parapat, kamipun mencari tempat penginapan disekitar Danau. Kami menginap di sebuah rumah sederhana yang memiliki dua kamar dengan harga Rp200.000 per malam. Cukup murah untuk kami berdelapan.

Keesokanya kamipun menyeberang dengan perahu menuju Desa Tomok di Pulau Samosir. Pulau Samosir ialah pulau yang letaknya di tengah Danau Toba yang luas.

Tips saya jika berwisata di Danau Toba, pandai-pandailah menawar harga khususnya harga perahu penyebarangan ke Pulau Samosir karena kadang-kadang harganya bisa selangit kalau tidak ditawar.

Di sepanjang perjalanan, teman-temanku begitu eksis bernarsis ria :D sementara aku hanya menikmati setiap tingkah laku mereka. Bukan Indonesia namanya kalau tidak narsis kali yah!!!
Sesampai di Desa Tomok, sebuah boneka kayu yang memakai pakaian Adat Batak yang menyerupai manusia. Sigale-gale dapat bergerak dengan benang yang melekat di badannya serta iringan lagu Batak.

Sigale-gale di Danau Toba

Sigale-gale di Danau Toba

Aku dan temanku tertawa melihat ulah Sigale-gale yang lucu dan unik. Sigale-gale memang atraksi yang membuat wisatawan penasaran baik wisatawan local maupun wisatawan asing. Kebanyakan Bule yang datang ke Danau Toba pasti tertarik menyaksikan Atraksi Dance Sigale-Gale. Sigale-gale sangat mudah ditemukan dapat ditemukan di Pulau Samosir.
Dengan spontan Aku dan Rahma  bersalaman dengan Sigale-gale. Biasanya ada tempat untuk memberikan donasi seikhlasnya jika ingin melihat tarian Sigale-gale. Aku dan Rahmapun harus mengambil kocek untuk berphoto dengan Sigale-gale.

Sigale-gale

Sigale-gale

Sigale-gale yang kami lihat ada dua, satu dekat dengan pasar yang berbaju putih dan satu lagi di dekat rumah adat Batak dengan warna baju hitam lengkap dengan ulos Batak.

Pakaian Adat Batak Sumut

Pakaian Adat Batak Sumut

Tak jauh dari pertunjukan tari Sigale-gale, kami menuju Museum yang berisi pakaian khas Batak, ulos Batak lengkap dengan tempat sirih.
Tak lupa kami berphoto dengan pakaian Adat Batak dengan bangga. Dan yang paling antusias itu Aku, Adikku dan Rahma. Lumayan untuk menunjukkan kebudayaan Batak kepada penjuru dunia!!

Ulos Batak

Ulos Batak

Jadi bagi traveler yang ingin mengunjungi Danau Toba jangan lupa berphoto dengan Sigale-gale dan mencoba pakaian adat khas Batak “Ulos Batak”.

-Salam Blogger Indonesia dan Backpacker-

Winny Alna

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

18 Comments

  1. ehh lucu banget itu tas manik2nya hahaha

    Reply

  2. itu tempat sirih loh kak kalau orang Batak menikah pasti dikasih itu kalau bahas bataknya “Burangir”

    Reply

  3. Oo ada studio foto juga, brp sewa pakaian buat berfoto?.

    Reply

    1. Itu di dalam Bagas godang kak harga sewanya cuma Rp5000 tahun 2011 sih kak hehehe

      Reply

      1. Ehhh 5rb??? Murahhh bangettt 😀 .
        Kapan2 aku mau juga ah.

      2. iya kak dicoba kak seru banget kak

  4. Iih seneng liat pakaian adatnya. Jadi pengen pake juga 🙂 🙂 *terobsesi pakaian adat*

    Reply

    1. kalau pakaian adat Poso gmna yah kak jd penasaran ehhee

      Reply

      1. Coba cek ke beberapa postinganku di blog kalo sempet, bisa liat aku pake baju adat Poso 🙂 🙂 Jadi gak penasaran lagi dong nanti 🙂

  5. Sukaaa aku selalu suka lyat kain2 tenunan gitu … suka karya2 tangan terampil di daerah2

    Reply

    1. Aku juga Cha.. Indonesia emang unik sih ya bnyk ragamnya

      Reply

  6. Ah, jadi tau kalo banyak banget pakaian adat. Nggak batik doank.

    Reply

    1. banyak loh sebnayak pulau kita yang berjumlah 18.000ribuan

      Reply

  7. next destination 😉

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.