Masjid Cheng Ho Palembang, Kulturasi Budaya Tionghoa dan Indonesia


“Cheng Ho Masque is symbolize of Muslim Chiness. Its design look like temple, mixed between  Chiness and  Indonesia cultures.  Cheng Ho masque is one of interesting place of Palembang, Sumatera Selatan.”

Hello World, Hello universe

Matahari begitu terik dan menyengat Siang itu di Kota Palembang, namun panas yang terik tersebut sama sekali tak terasa lagi begitu dari kejahuan kami melihat sebuah bangunan berwarna merah cerah dengan arsitektur cina yang kental. Aku dan Daboo begitu terpesona ketika sampai di depan gerbang bangunan tersebut, semuanya terbayarkan begitu sampai disana. Tertulis jelas di gerbang itu nama dari bangunan itu, “Masjid Muhammad Cheng Hoo”. Yap, Masjid Cheng Hoo Palembang. Begitu memasuki kompleks masjid, mata kami begitu dimanjakan oleh keindahan dari perpaduan arsitektur Cina, Melayu dan lokal Indonesia yang begitu harmonis menghiasi Masjid Cheng Hoo Palembang.

Masjid Cheng Hoo bukanlah sebuah masjid biasa namun juga merupakan Simbol Muslim Cina di kota Palembang. Dengan disain bangunannya yang sangat menarik dengan gaya ornament Tiongkok, pilar berwarna merah yang menjulang tinggi dengan pintu yang berkotak-kotak ditambah perpaduan hijau menambah pesona Masjid Cheng Hoo Palembang serta didominasi dengan warna merah dengan bentuknya bak Istana kerajaan China.  Bagus nian Masjid Cheng Ho Palembang!!

Masjid Muhammad Cheng Hoo
Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Cheng Ho Palembang telah berhasil menyita perhatianku ketika untuk pertama kalinya aku melangkahkan kaki kecilku dengan ransel besar di pundakku di Bumi  Kerajaan Sriwijaya. Sebuah wisata menarik di Palembang karena masjid ini merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan Indonesia. Masjid Cheng Ho Palembang sendiri berdiri tahun 2005 dan baru digunakan oleh masyarakat setempat sekitar tahun 2008 lalu. Lokasi Masjid Cheng Ho berada di perumahan Amin Mulia Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Kompleks masjid terbilang rapi, dengan taman yang indah. Kompleks masjid juga bersih dan terawat. Terdapat dua menara yang menjadi pilar Masjid.

Pintu Masuk Masjid Muhammad Cheng Hoo Palembang
Pintu Masuk Masjid Muhammad Cheng Hoo Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang merupakan masjid pada umumnya yang berguna untuk tempat beribadah umat Muslim. Namun walau begitu, Masjid Cheng Ho merupakan wisata menarik di Palembang. Sebuah Wisata Religi Palembang “Masjid Cheng Ho”, One of must visit place on Palembang.

-Salam Blogger dan Backpacker Indonesia-

Winny Alna

Iklan

13 tanggapan untuk “Masjid Cheng Ho Palembang, Kulturasi Budaya Tionghoa dan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s