Wisata Sejarah Jakarta “Monumen Pancasila Sakti” Lubang Buaya


Hello World!!

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya- Ir. Soekarno (Pidato Hari Pahlawan 10 Nov.1961)

Korban G30 S PKI
Korban G30 S PKI

Untuk mengunjungi wisata sejarah Jakarta khususnya wisata museum sangat susah bagiku, bukan susah untuk mengunjunginya tapi susah untuk mengajak orang menemani. Kenapa tidak? Aku sampai membuat status di twitter “Anyone who want to join me seeing Lubang Buaya?” tapi satupun tidak berminat. Mungkin wisata sejarah kurang minat kali ya!! Padahal sehari sebelum penjelajahan Lubang Buaya, aku telah mengajak Gladies, cewek dari Manado yang merupakan teman sebelah kosanku. Kami berencana ke Lubang buaya pukul 10.00 WIB tapa apa daya, Gladies sudah ku bangunkan namun dianya tetap tidur ZZZZ….

monumen pancasila sakti
monumen pancasila sakti

Kemudian aku juga mengajak Bg Novri, Bg dendi, Rahma dan San Ayu. Sayangnya Rahma dan Bg Dendi tidak bisa ikut karena bekerja. Sedangkan San Ayu dan Bg Novrijal tidak jelas!! Alhasil aku memutuskan untuk pergi sendiri. Aku hanya tahu kalau lokasi Monumen Pancasila Sakti berada di Jakarta Timur tanpa tahu dimana persis lokasi lubang Buaya tersebut.

SUMUR MAUT
SUMUR MAUT

Dengan semangat 45 akhirnya aku pun nekat-nekatan pergi sendiri, karena terinsiprasi kaat-kata Soekarno (Idola ku :D),

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

Sebelum berangkat, akupun pergi ke ITC Roxy dulu untuk memperbaiki Hpku yang rusak lalu akupun memutuskan untuk berangkat. Nah tanpa diduga akupun mendapatkan Guide local bernama Fery yang pernah kedaerah tesebut. Fery yang solo traveler merupakan temannya temanku Sinta di Facebook yang mengajak ke Simeru tapi belum tahu apa bisa kesana atau tidak berhubung jadwalnya yang tidak tepat.

Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta
Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta

Singkat cerita Ferylah judi guideku ke Lubang Buaya. Ternyata lubang buaya sangat mudah untuk diakses karena lokasi Lubang Buaya berada di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Cukup naik busway jurusan Pinang Ranti dan menaiki angkot dengan membayar Rp2000 maka akan diturunkan di gerbang pintu Lubang Buaya.
Lubang Buaya
Nah apa yang ada di Lubang Buaya?
Di Lubang buaya terdapat sumur maut, yaitu sumur yang meupakan tempat diletakkannya tujuh jenazah jenderal yang dilakukan oleh PKI yang sering dikenal dengan Penghianatan Komunis G 30 September PKI (G 30 S PKI). Lubang buaya yang merupakan sumur maut yang digunakan PKI berdiameter 75 cm sedalam 12 meter untuk mengubur tujuh jenazah pahlawan revolusi pada tanggal 1 Oktober 1965.

Kecam bukan?

Di Lubang Buaya terdapat Monumen Pancasila Sakti yang berdiri patung tujuh pahlawan Revolusi, terdapat sumur maut, Serambi Penyiksaan, dan rumah tua serta museum penghiantan PKI.

Serambi penyiksaan digunakan oleh pemberontak G 30 S/PKI sebagai tempat menawan dan menyiksa Mayor Jendral S. Parman, Mayor Jenderal Suprapto, Brigadir Jenderal Sutoyo, dan Letnan Satu Pierre Tendean sebelum mereka dibunuh dan dimasukkan ke dalam Lubang Sumur. (Ini ada tulisannya sekaligus bahasa Inggrisnya :D)

The tortuting Verandah
On October first 1965, the verandah of this house was used by communist party of Indonesia rebels to arrest and torture Major General S.Parman, Major General Suprapto, Brigadire General Sutoyo, and first lietenant Pierre Tandean, before they were murdered and thrown into waterless well”

Nah saat ke Lubang Buaya kami sampai pukul 5 sore kebayang deh patung lilin penyiksaaan yang mirip banget lengkap dengan cara penyiksaannya.. Seram!!!

Monumen Pancasila Sakti buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB namun meski kami datang pukul 17.00 masih diperbolehlan masuk.. :).

Tiket masuk ke Monumen Pancasila Sakti seharga Rp5000 dan cukup murah untuk menambah pengetahuan sejarah dan bukti nyata sejarah.

mobil tua
mobil tua

Kalau ada yang bertanya buat apa ke Lubang Buaya?
Maka aku menjawab “melihat saksi bisu bukti nyata peninggalan Sejarah”

To let you know why I was so enthusianm to see this monument because I was seeing the monument on TV and when I grow up and staying at Jakarta, it’s a chance for me seeing this through my direct eyes”!! Excited? Absolutly statisfy!!

Bagi yang bingung mengabiskan waktu weekend mau kemana mending ke lubang buaya. Wisata sejarah murah dan mudah di dapat dan terjangkau.
Monunem Pancasila Sakti Lubang BUaya
Lumayan menyenangkan untuk jalan-jalan hemat di Jakarta.

-Salam Blogger dan Backpacker Indonesia-
Winny 

Iklan

111 tanggapan untuk “Wisata Sejarah Jakarta “Monumen Pancasila Sakti” Lubang Buaya

  1. kayaknya patung yg ada pada gmbr diatas kurang hanya ada 6 yg 1 mn cuma ada ahmad yani,panjaitan,parma,s suprarto,haryono,dansutojo. patung 1 kok tdk dikenalkan?????

  2. wah,ternyata byk jg yg sk ke museum g30s ini. Kl sy thn ll ke sana pas hr kesaktian pancasila 1okt2012,tiket 2500tp digratiskan. Dan rencana akhir bln mau kesana lg ah…

  3. Kmrn pas hr pahlawan sy mengunjungi lubang buaya lagi dan ada yg berbeda trtm museum paseban dgn cat baru krn br diresmikan renovasinya 25agists 2013. Suasana cukup ramai bd dgn saat thn ll 1oktober yg sgt sepi.

  4. Weekend ini aku kesanaaa ^o^ akhirnyaaaa stlh 8 thn di jkt baru kesampaian. Bisa2 nya lupa ama museum bgs bgini.

    Aku paling suka mba ama museum yg bnyk nilai sejarahnya apalagi yg ada cerita kelam di baliknya. Lubang buaya, museum jend nasution ama museum ahmad yani di mentengyg brktnya bakal didatangi 🙂

  5. saya pribadi telah mengunjungi monumen pancasila sakti yang berada di lubang buaya jakarta timur berdekatan dengan taman mini indonesia indah dan sekaligus membeli piagam nya lalu kami simpan dan nanti nya akan aku berikan kepada anak anak ku nantinya biar lebih mencintai pahlawan pahlawan revolusi nya serta mengajarkan berdoa untuknya setiap sholat fardhu untuk arwah pahlawan yang telah membuktikan bahwa pancasila itu sakti, AMIEN…..

  6. jangan biarkan faham komunis hidup di negara indonesia tercinta dan jangan sampai terulang kembali kejadian G 30 S/PKI partai yang menodai kemerdekaan ingat faham komunis tidak hidup di INDONESIA dari SABANG sampai MERAUKE waspada dan teliti dalam segala salam dari anak bangsa

  7. jangan biarkan faham komunis hidup di negara indonesia tercinta dan jangan sampai terulang kembali kejadian G 30 S/PKI partai yang menodai kemerdekaan ingat faham komunis tidak boleh hidup di INDONESIA dari SABANG sampai MERAUKE waspada dan teliti dalam segala hal salam dari anak bangsa

  8. waduh baru ketemu tulisan ini lg ..kebetulan pas Hut Tni dan Idul Adha 5 – 10 – 2014 saya ke Lubang Buaya lagi…tadinya sdh janjian sm tmn FB tapi tdk ada kbr pas hari H jd pergi sendiri deh…lumayan ramai trtm dr keluarga ayah ibu dan anak…yg sangat puas krn kl ini saya bisa membuat dokumentasi pakai kamera baru semi DSLR…lengkap deh utk foto dan videonya… krn sy lht di blog dan situs utk foto rumah toea di kompleks monumen Pancasila Sakti yg ada Sumur Toeanya boleh dibilang gambar/foto rumah toea trtm depan dan dlm rumah Pos Komando dan Dapur Umun hampir tdk pernah ada…kecuali rumah Toea yg ada diorama Penyiksaan para Jenderal oleh PKI… Andai penulis bisa bareng dilain wkt berkunjung lg ke LB atau museum seperti Sasmitaloka Jend.A.Yani dan Jend Bsr AH.Nasution… salam petualang…Merdeka.

  9. win pengen kemari abg.. tapi ga ada kawan yang selera ke sini.. termasuk museum sumpah pemuda, museum kebangkitan nasional, ama monumen proklamasi.. coba ke mall.. wuihh banyak yg mau

  10. mmg bnr…kl ke mall tdk perlu ditawari byk yg pd mau tp giliran ke museum boro boro…gratis juga pd ogah…padahal wisata ke museum kan beda…penuh dgn nilai sejarah… Ayo yg mau ke Museum Sumpah Pemuda…Kebangkitan Nasional…dan Proklamasi… pasti seru tuh…

      1. ayok win.. tau gitu mulai abg di jakarta kemarin ajak winny ajah.. heheheee.. tgl 20-21 bulan ini kmana win? weekend ini abg mau ke bandung, week end depan ke jogja, makanya abg ngajak 20-21.

    1. Bnr skl…wisata Museum mmg Susah Ngajak Ngajak Teman…tp ada info nih Tgl 4 Besok Hr Mgg…Komunitas Jelajah Budaya Mengadakan Trip Khusus Mengunjungi The Big Five Museum di Jakarta…KJB ini BerKantor di Museum Mandiri Jakarta Kota.

  11. Sip deh kl gt…kmrn tgl 4Oktober sy jdnya ke Lubang Buaya…rame dan utk 1x bisa nonton bareng film G30S di Teater Lubang Buaya. Kpn nih ada acara jln jln bareng komunitas pecinta museum dan sejarah Indonesia? kynya seru tuh kl bs Temu Komunitas…

      1. Wah…boleh nih…para pecinta LB ngumpul bareng Gathering di sana Mengenang Jasa Jasa Para Pahlawan Revolusi Yg Tlh Gugur Berkorban Nyawa Demi Kejayaan Ibu Pertiwi

  12. Kl rm rm pr pecinta seni dan sejarah G30S kumpul bareng kn enak tuh…apalagi blm prnh ada yg kopi darat temu kangen dan saling kenalan…

  13. Mumpung pas bln september…gmn kl kita ngumpul bareng di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya JakTim…krn sy juga punya tmn tmn yg setiap thn sll dtg ke LB utk Mengenang dan Memperingati Peristiwa Kelam 52thn nan lalu tsb bhkn ada yg dr Kalimantan khusus dtg hanya utk mengikuti Malam Renungan Sejarah Tgl 30Sep dan Hr Pancasila Sakti Tgl 1Oktober.

      1. Ciyus nih…boleh kl gt…kt ngumpul ketemu lgsg di LB Monumen Pancasila Sakti Pas Tgl 1 Oktober 2017…Yg Pasti Stlh Upacara Bendera Yg Biasanya Di Hadiri Bpk Presiden RI. Krn kl mau ikut upacara apalagi ikut mlm renungan tgl 30 September 2017 Hrs Punya Undangan VIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s