Hello World!!!

Monumen Ende

Monumen Ende

Ende salah satu kota yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan wisata alamnya, ternyata wisata sejarahnya tidak kalah menarik loh!! Salah satunya ialah Situs Soekarno yang berada di Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Bagi traveller maupun blogger dan backpacker Indonesia yang suka jalan-jalan dan menjelajah keeksotisan daerah Timur pasti tidak asing dengan “Situs Soekarno”. Situs Soekarno berupa Taman Bung Karno dan Rumah pengasingan Bung Karno. Lokasi peninggalan Soekarno tersebut berada di Kota Ende dan bisa di telusuri dalam satu hari.

Sama halnya dengan kami yang ingin menyusuri wisata Ende, pilihan yang membuat kami penasaran yaitu Jejak Soekarno di Ende. Aku, Ade, Andi, Ari, Bobi, Pak Yudi dan Yayat diantar oleh Supir menuju tempat pengasingan Soekarno di Ende. Presiden Pertama Indonesia, Ir.Soekarno memang pernah di asingkan di Ende pada tahun 1934-1938 pada masa penjajah. Sayangnya kami tidak bisa masuk karena rumah pengasingan Soekarno dalam tahap renovasi. Akhirnya kami hanya bisa mengintip dari luar pagar.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Rumah pengasingan Soekarno yang kami lihat dari luar sangat sederhana sekali. Suasana peninggalan sejarah bukti jejak Soekarno di Ende terlihat begitu sunyi dan sepi. Mungkin karena tidak ada penghuninya. Pak Supir yang merupakan tour guide local kami pun mulai menjelaskan apa saja yang ada di dalam rumah pengasingangan Soekarno. Di dalam Situs Soekarno terdapat  foto-foto Bung Karno, biola, dan dua tongkat kayu dan beberapa naskah tonil yang dibuat oleh Bung Karno yang disusun apik di dalam lemari.

Dari pernjelasan Guide Flores, kami hanya bisa berimajinasi karena dari luar kami hanya melihat sebuah rumah kecil dan disampingnya terdapat pohon dengan rumput hijau yang mengelilingi rumah pengasingan tersebut ditambah dengan papan bertuliskan ” Situs bekas rumah pengasingan Bung Karno di Ende”.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Situs bekas rumah pengasingan Bung Karno di Ende

Kami yang asyik berimajinasi tentang isi dari peninggalan Bung Karno di rumah pengasingan Ende, Pak Tour guide dengan semangat menjelaskan bahwa di dalam rumah tersebut terdapat sebuah sumur yang konon apabila di minum maka akan awet muda (Percaya gk percaya yah!!). Dan pada waktu tengah malam sering terdengar langkah kaki di dalam Rumah pengasingan tersebut,,, iiiiii seram dah!!!

Setelah puas dengan Situs Soekarno, kami pun melanjutkan perjalanan kami untuk mengelilingi Ende dalam sehari. Tujuan berikutnya ialah Taman Bung Karno yang juga berada di Kota Ende. Hal yang menarik di taman Bung Karno ialah pohon sukun di depan patung Soekarno. Jumlah daun dari Pohon sukun di taman Bung Karno tidak pernah bertambah dan berkurang, jumlahnya selalu sama.

Patung Soekarno di Ende

Patung Soekarno di Taman Bung Karno Ende

Masyarakat local percaya akan mitos bahwa Pohon tersebut istimewa dan Taman Bung Karno memang merupakan tempat favorit Soekarno di Ende untuk merenungkan dan mencari inspirasi tentang Pancasila. Lokasi Taman Bung Karno tidak jauh dari pelabuhan Ende dan dekat dengan pantai. Kondisi taman Bung Karno sendiri sangat adem terdapat pusat taman dan terdapat beberapa pohon seperti mahoni dan asam Jawa.

Kamipun memeriksa dan memandangi pohon sukun di depan Patung Soekarno sambil menikmati keindahan situs sejarah Ende. Flores memang pulau yang penuh dengan kejutan!!

Jadi bagi backapcker dan blogger indonesia, situs Soekarno harus jadi salah satu destinasti jalan-jalan kamu jika berada di Pulau Flores.

-Salam Blogger dan Backpacker Indonesia-

Winny Alna

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

31 Comments

  1. Jauh juga berkelananya

    Reply

    1. itu sewaktu di flores bg ryan

      Reply

  2. Pengen banget ke sini…brarti kalau naik pesawat turunnya di Labuan Bajo atau kupang ya? Trus habis itu jalan daratnya pakai apa winny? *sori kebanyakan nanya hahahaa

    Reply

    1. jangan ke labuhan bajo terlalu jauh karena lokasi situs soekarno di ende. klo mau ke labuhan bajo biasa lht komodo ama pulau rinca dan pantai pink. klo di daerah ende ke moni itu kelimutu

      Reply

    2. mahadewi murti kirana January 28, 2014 at 11:50 am

      di ende kan sudah ada bandara nya mb,,keluar dari bandara langsung lihat monumen pancasila hehee ayooo maiiinnn pantainya bagus” lohhh

      Reply

      1. di Ende da bandara tp klo ke Labuhan Bajo mah jauh mending ke bandara di albuhan bajo tapi mahal

  3. so far away..
    Jauh banget sampai NTT.
    hehe..

    Reply

    1. dulu dekat dari Kupang 😀

      Reply

  4. Baca postingan ini, baru tau rupanya ada juga tempat pengasingan Soekarno… kayaknya suatu hari harus ke sana lah,… walaupun jauh klo dari Aceh …. 🙂

    Reply

    1. iya rahma dicoba banyak peninggalan Soekarno di daerah timur termasuk bali juga

      Reply

  5. Flores udah masuk bucket list saya kok, hehe
    Semoga secepatnya 🙂

    Reply

    1. Flores…? Mmmm…. bisa ditelusuri jg tuh kayaknya… 🙂

      Reply

    2. ntar upadte kita yah 🙂

      Reply

  6. rumah pengasingannya udah dipugar ya?

    Reply

    1. udah johan,, drmu pernah kesana juga ya?

      Reply

      1. udah pernah, 2 tahun lalu.. tapi gak bisa masuk kedalam.. penjaganya sudah pulang.. padahal amsih jam 13.00 #pegawainegeri

      2. saam kami waktu kesana juga tidak bsia masuk karena renovasi pdhal penasaran ama sumurnya haha

    1. iya ito apalagi klo bisa make air sumurnya 😀

      Reply

  7. Flores masih jauh euy, btw patungnya pak Karno koq “tipis” sekali dan gak mirip ya 😉

    Reply

    1. iya betul sekali hehee,, tp salut sih ama orang Flores dah buat patung Soekarno :).. tp mistis nya itulohmbak gk ketulungan

      Reply

  8. Waahh langsung ngiler kalo denger kata sukun. Slurrpp di goreng enaakk *beda fokus*

    Reply

      1. aq bangga jadi anak flores

      2. yup Flores terlalu indah

  9. achmad puariesthaufani October 25, 2013 at 4:12 pm

    wah, kita satu perusahaan kayaknya kak (cemindo gemilang).. hehehe.. salam kenal…

    saya juga mau ke ende kak.. kalau boleh tahu, kalau ke kelimutu berapa jam dari kota ende? estimasinya naik angkutan biasa/ojek..

    kalau boleh mampir di blog saya puariesthaufani.blogspot.com
    salam blogger

    Reply

  10. Nice! Mantap banget ulasan nya, kapan2 boleh ikut jalan2 donk.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.