Hallo World!!

Tinggal di Kupang selama 10 bulan, aku mendapatkan berbagai fakta unik tentang Kupang baik dari segi budaya maupun kebiasaan masyarakat yang merupakan ciri khas Kupang. Ciri khas tersebut mulai dari ciri masyarakat lokalnya, kesukaan penduduk, makanan kesukaan serta tentang alamnya dan sebagainya. Kupang yang merupakan ibukota Nusa Tenggara Timur. Untuk informasi lengkap tentang Kupang ada silahkan klik disini 

Adapun ciri khas Kupang ialah:

1. Mayoritas Penduduknya beragama Kristen

Mayoritas penduduk Kupang menganut agama Kristen dan banyak sekali kita menemukan geraja serta makanan “nasi babi” disepanjang jalan. Kalau saat musim Natal dan Tahun Baru, daerah Kupang indah dipenuhi oleh lampu hias pohon natal. Penduduk lainnya beragama Islam, dan Hindu. Sedangkan masyarakat yang ada berasal dari Rote, Flores dan kebanyakan pendatang berasal dari Jawa. Dan jangan khawatir, toleransi beragama di Kupang sangat bagus sehingga Kupang tempat yang aman untuk dikunjungi. Selain itu walau mayoritas beragama Kristen, makanan halal mudah juga kok dijumpai karena banyaknya pendatang dari Jawa yang berjualan di Kupang.

Pemandangan Kupang

Pemandangan Kupang

 

2. Suasana malam Kupang Ramai

Dunia malam Kupang sangat hectic atau ramai, masyarakat lokal Kupang suka dengan suasana malam, banyak pedagang yang berjualan, dan penduduk Kupang sangat konsumtif dan suka makan. Pasar malam yang terkenal ialah Kampung Solor yang merupakan tempat untuk berburu kuliner di Kupang. Disepanjang Kampung Solor terdapat para pedagang makanan seperti seafood, bakso, mie ayam, sate, tahu tek, gado-gado, aneka kue serta makanan lainnya. Untuk makanan khas Kupang atau kuliner khas Kupang yaitu sei (daging) serta madu karena begitu banyak penjual madu di Kupang dan rata-rata Madunya asli dengan harga murah.

Suasan Malam Kupang, Kampung Solor

Suasan Malam Kupang, Kampung Solor

 

3. Gaya Rambut ala Rock

Masyarakat Local Kupang khususnya yang laki-laki mulai dari anak kecil sampai dewasa suka dengan gaya rambut ala “rock” atau “puck” yaitu dengan potongan rambut yang nyentrik, seperti jambul kakak tua.

Gaya rambut ala Kupang

Gaya rambut ala Kupang

 

4. Negeri Karang

Kupang terkenal dengan karangnya, disepanjang jalan pasti melihat karang di hamparan pantai indah dengan pasir putihnya. Uniknya masyarakat Kupang tidak repot untuk membangun rumah, cukup membangunnya diatas karang, jadi deh rumahnya! Ciri khas lain dari masyarakat Kupang yaitu sangat kreatif mereka membuat pagar dari kumpulan yang disusun membentuk pagar karang.

Karang Kupang

Karang Kupang

 

5. Sambal Khas Kupang “Pedas Asam”

Orang Kupang suka makanan pedas kalau bahasa Kupanganya “pedis”, namun saya secara pribadi yang pecinta masakan pedas karena lidahku lidah Batak, tidak menyukai sambal khas Kupang karena rasanya yang pedas tapi asam sekali. Kalau mau mencoba sambal Kupang sebaiknya sedikit karena rasanya begitu asam, takutnya tidak cocok dilidah.

 

6. Ciri khas penduduk lokal yang skinny

Penduduk lokal berkulit gelap, rambut ikal dan keriting, dan rata-rata gadis Kupang atau dipanggil “Nona Kupang” itu  skinny (kurus). Warna kulit orang Kupang gelap kerena kondisi alam Kupang yang panas dengan iklim pantai, air Kupang juga merupakan air kapur sehingga untuk mandi tidak terasa keset.

Penduduk Lokal Kupang

Penduduk Lokal Kupang

 

7. Pakaian adat Kupang mirip Pakaian Adat Batak

Ada kesamaan dalam hal pakaian adat Kupang dengan Batak, sama-sama ditenun dengan tangan, bedanya hanya di motif. Orang Kupang suka menenun lalu dijajakan oleh kakek tua/pemuda dari rumah ke rumah, sebagian dijual di toko dengan harga berkisar Rp100rb hingga Rp500rb tergantung kualitas tenunan.

Baju Adat Kupang

Baju Adat Kupang

 

8. Suka Dance

Hampir rata-rata orang Kupang pandai berjoget alias menari. Rata-rata penduduk Kupang pandai menarikan “shuffle dance” dan mereka sangat lihai, mualai dari anak kecil hingga dewasa bisa menarikan shuffle dance. Aku paling kagum dengan gaya tarian orang Kupang, keren banget!

 

9. Nomor Angkot

Orang Kupang memanggil angkot dengan sebutan “oto” dan ciri khas Kupang ialah kalau mengatakan nomor angkot bakalan mengatakan “lampu berapa”, kalau lampu 6 berarti itu angkot bernomor 6. Ongkos naik angkot di Kupang cukup membayar Rp1000 sampai Rp2000. Kalau naik oto lampu 6 berarti ke Ramayana (sering dibilang Mall, kalau di Kupang), Kalau lampu 1 berarti ke Kuanino.

Itulah yang aku amati dan rasakan serta dapatkan selama tinggal 10 bulan di Kupang, aku menemukan 9 ciri khas Kupang 😀

 

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

68 Comments

  1. oh gitu, menarik ya…belum sempat ke Kupang, jadi pengen kesana…eh tapi makanan halalnya banyak ga, atau susah?

    Reply

    1. iya hijrah… makanan halal banyak juga kok hijrah 😀

      Reply

  2. hahaha. nomor angkot pakai lampu? unik banget ya.

    Reply

  3. nomor angkotnya sampe berapa mbak,,,???

    Reply

      1. wah harus ngengetin nomor angkotnya dong mbak klu gk mau salah angkot… 😀

      2. mudah mita soalnya jalannya kecil mutar-mutar kesitu balik :D,,,angkotnya juga sedikit ke arah tertentu.. jd dalam 1 hari bisa

      3. kirain angkotnya banyak terus tujuannya juga beda-beda mbak,,, bingung ntar ngapalinnya… 😀

    1. Kbtulan saya asli kupang,,,,mobil biasa dbilang ota,,,sedangkan angkot itu dibilang bemo,,,
      lampux ad yg ga cm 1-10 ad 27 dan 30

      Reply

      1. Makasih informasinya kakak

  4. Otonya full musik yaaa. Ehh kainnya murah ya

    Reply

    1. iya haha otonya full musik,, dirimu pernah ke kupang yah??? kalau kainnya mahal sihaku rasa 😀

      Reply

      1. Itu ukuran bed cover gak kainnya?

        Aku belon ke kupang tp temen2 baik aku banyak dr sana. Baru ke flores aja kemaren hehe

      2. ukurannya kayak sarung sholat!! aku kalau ke flores baru sampai Riung belum menginjakkaan kaki di Labuhan Bajo huhu 😦

      3. Riung aku belon huhuhu. Duhhhhh terlalu besar indo ini n mahal hihi. Ohhh kalo sebesar itu sih mahal ya tp buatnya jg susah

      4. setuju banget keliling Indonesia mahal bgt haha,, ntar kita ngetrip bareng yha 😀

      5. Boleh bgt, ngobrol2 yaaa kalo mau ngetrip

      6. aku bagi fbmu yah 😀

      7. Add nonikhairani or nonikhairani@gmail.com or twitt aja @nyonyasepatu yaaa

      8. gk dpt fbmu aku follow twittermu aja yah

  5. sya mo diantar ke lampu 6…

    Reply

    1. boleh itu ke Mall hehe

      Reply

  6. ada tugas di kupang to? di padang angkot namanya “oto”

    Reply

    1. aku training di kupang to tapi udh mau pindah lagi

      Reply

  7. kayake padat juga ya mbak penduduknya….

    Reply

  8. Klo liat rambut anak2 Kupang yg kriting2 mirip org ambon & papua :D.
    Ongkos angkot ga beda dr di Jakart sama2 rp.2000.

    Reply

    1. iya kak hehehe mirip tapi orang Ambon ama Papua lebih htiam lagi kulitnya,,, kalau ongkos angkot lumayan murah kak seribu biasanya orang sinin ngasih tapi aku selalu kaiash 2000 kasihan soalnya 😀

      Reply

    2. Slm knl saya asli kupang,,,,suku rote,,,ga smw org kupang kulitx hitam kok
      kita px tiga macam kulit,,,,,dikupang ad trkenal 3suku yaitu
      rote :brkulit putih dgn rambut yg lurus n panjang
      sabu :brkulit hitam manis n brambut ikal/lurus n pjg
      timor : brkulit hitam n rambut kriting tp ad kok satu2 yg putih n brambut lurus,,,,org timor sukunya dibagi2 lagi,timor amarasi khususx,,,,banyak yg brkulit putih,,,,n brwajah bule,,,,,didaerah amarasilah pusat daging sei(daging asap) berasal
      makanan khas kupang jg banyak kok,,,,,dan makanan pokoknya adalah jagung

      Reply

      1. Salam kenal juga kakak dan terimakasih telah memberikan informasi yang lengkap tentang kupang

      2. Iya sm2,,,slm knl yach,,,aku dah add fbx sist

  9. hihi rambutnya sampe anak- anakpun begitu yah, keren!
    aku bangga jadi orang Indonesia, beragam warna kulit dan adat 🙂
    Tapi hebat ya bisa mbangun rumah diatas karang berpagar karang pula … indaaah

    Reply

    1. aku juga heran gmna bangun rumah diatas karang tapi kupang semuanya karang 😀

      Reply

  10. menarik ya,, tapi saya blom pnah prgi keluar jawa selain ke lampung…

    Reply

    1. gak papa nantia da saatnya 🙂

      Reply

  11. terimakasih atas bahasanya

    Reply

  12. maksud saya “bahasannya”. Have a nice day an djourney always…. salam dari Kupang

    Reply

      1. wah,,makasih infox..
        rncana mau ksana nich, tpi katax ribet rutex klo lewat makassar (mesti ke surabaya) dlu

      2. klo dari makassar harus dari surabya baru ke kupang tp worh it loh, terlalu indah 🙂

  13. mbaknya udah kuasai Kupang ya? gimana Kupang mbak? hhahah saya asli Kupang soalnya,,:D

    Reply

    1. beta baru belajar sedikit na.. tapi be tarlalu suka ama Kupang 🙂

      Reply

  14. maksh mba shu ulas banyak tetntng b pung daerah, nnti lain kali kesan lagi yh,, 🙂

    Reply

  15. Iya sist,,,,angkotx(bemo) full musik trkenal dluar daerah dgn diskotik brjalan,,,,ddlm mobilx jg ad TV n cctv tp tdk smw,,,,wrnax jg macam2,,,,,ad rebenx jg unik2 pokokx seni,,,,
    soal kain murah2 kok,,,,pakaianx jg,,,,asal jgn slh masuk tokoh aja

    Reply

  16. maksih ya infonya bentar lagi kerjaan gw di pindahin ke kupang

    Reply

  17. sedikit menambahkan khusu pada poin angkot ( warga kota kupang menyebutnya Bemo). yang menarik dari angkot di kota kupang adalah modifikasi fisk angkot dan sound sistemnya. angkot di kota kelahiran saya dijuluki discotik berjalan. didalam angkot kota kupang jantung anda akan berdetak mengikuti pukulan bass serta irama lagu yang ada.. keras menghentak bahkan terdengar hingga jarak radius 2 m- 3 meter di luar angkot tersebeut ( untuk penampakannya anda dapat lihat di youtube, cukup dengan kata kunci angkot kota kupang…. jangan khawatir untuk daang ke kupang.. banyak hal menarik yang akan anda jumpai . warga kota kupang adalah warga yang baik dan menjunjung tinggi toleransi antar sesama, itulah sebabnya kota kupang dijuluki kota kasih.

    Reply

    1. terimakasih atas informasinya

      Reply

  18. Willem Charles Nope March 22, 2016 at 5:13 pm

    Welcome to Kupang-Timor
    Tanah Air Beta,Tanah Tumpah Darah,Timor Manise

    Reply

  19. oke aku nyusul agustus 2016

    Reply

  20. hallo semuanya, saya juga asli kupang suku sabu,!!! tidak semua orang sabu kulitnya hitam dan rambut ikal juga tidak semua orang rote kulitnya putih tetapi satu yang pasti semua orang disana unik!!

    Reply

  21. Tarima kasih dikkak Winny. Beta baru mula buat layanan rohani bagi orang Kupang di Perak, Malaysia

    Reply

  22. Kebetulan saya asli kupang.Satu lagi ciri khas orang kupang yaitu paling suka party.Apalagi anak muda kota kupang.

    Reply

    1. terimakasih tambahannya

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.