Hello World

Backpacker Indonesia tidak sengaja melihat-lihat album lama dan teringat akan tempat-tempat  menarik yang ada di Medan khususnya wisata Religinya.

Ternyata ada beberapa tempat wisata religi di Medan loh!!

Maha Vihara Adhi Matreya Medan (11)

Bergaya kayak Adegan Kungfu di depan cemara

Kalau mendengar kata Medan semua orang pasti mengatakan “BATAK, ya?” padahal di Medan itu tidak melulu Batak loh!! Medan yang merupakan Ibukota Sumatera Utara merupakan salah satu kota metropolitan yang multi etnic  yaitu Batak. Tionghoa, Jawa, Melayu dan sebagainya.. Agama yang adapun beragam yaitu Islam, Kristen, Buddha dan Hindu.

Berbicara tentang wisata religi khususnya vihara, tempat ibadah umat Buddha, ada satu vihara yang dapat menyita perhatian khususnya yang ada di Medan yaitu MAHA VIHARA MAITREYA, atau kebanyakan orang Medan lebih suka menyebutnya Vihara Cemara Asri karena lokasinya yang ada di dalam perumahan cemara Asri, Medan. Seperti namanya, suasanya sangat asri, tersusun rapi , banyak pepohonan, terdepat beberapa tempat makan jika malam hari, dan disekitarnya bersih. Dan disekitar Vihara Cemara Asri ada sebuah rawa yang berisi ratusan Bangau yang hidup dan disekelillignya pepohonan.

18 Juni 2011

Sore hari aku, Rahma, Kak Tiwi, Kak Siti dan pacar kak Siti berencana jalan-jalan ke Vihara Cemara Asri yang nama aslinya ialah MAHA VIHARA MAITREYA. Suasanya sangat berbeda karena viharanya sangat megah dan jika kita berada disini seolah kita berada di Luar Negeri karena artistik bangunannya yang penuh dengan kebudayaan serta karakteristik ajaran Buddha..

Maha Vihara Adhi Matreya Medan (1)

Di depan Vihara Cemara Asri, Tiwi, Rahma, Siti

Kami disambut dengan Patung  yang besar serta ukiran Naga yang ada di penyangga bangunan, gedungnya yang mirip di China. Di vihara ini sangat tenang dan jika berjalan di dalam terdapat 3 Patung Suci yaitu Patung suci Sang Buddha, Dwi Kwan In dan Patung  Hakim Bao. Di depan vihara terdapat area untuk berdoa dan dibagian kirinya terdapat taman yang bernuansa seperti di Beijing China dan penuh dengan kolam ikan koi yang indah dan jembatan yang menarik, serta patung Kwan In yang berwarna putih berdiri kokoh, kak Siti dan aku sempat berfoto di depan patung ini. Hal yang menarik dari ketiga patung suci utama yang ada di dalam vihara ialah warnanya yang berwarna keemasan.

Jika berjalan kearah belakang makan akan terdapat beberapa lukisan dan berjalan kea rah kanan makan aka nada gambar Great Wall China dan area permainan.  AKu, Kak Siti, Kak Tiwi dan Rahma sempat berfoto di semua titik spot yang ada di Maha Vihara Adhi Maitreya. Aku, Rahma dan Kak Tiwi sangat antusias befoto hampir disetiap sudut kami befoto hehehe 😀

Usut punya usut Maha Vihara Adhi Maitreya merupakan salah satu vihara yang terbesar yang ada di Indonesia. Lokasi  Vihara Cemara Asri di Jl. Cemara Boulevard Utara no 99-S Komplek Perumahan Cemara Asri Medan Sumatera Utara. Sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya strategis dan bisa dicapai dengan angkot, motor, mobil, sepeda.

Kami sangat senang dengan jalan-jalan murah tanpa bayar ke Vihara Cemara Asri dan Vihara ini ada sebuah toko jika ingin memberli souvenir. Dan disamping vihara ada sebuah teko yang berdiri bagaikan teko di udara yang merupakan air mancur, kalau tidak teliti pasti dikira teko tersebut melayang tapi sebenarnya ada penyangganya.

Jalan-jalan ke Vihara membuatku rindu akan jalan-jalan dengan Rahma, Kak Siti dan Kak Tiwi, empat gadis Sumut yang hobbi jalan-jalan 😀

However, Medan is nice place for tourism!! im proud to be Indonesian!!

Tips Buat Backpacker ke Vihara Cemara Asri:

-Hormatilah orang beribadah dan jangan ribut kalau bisa datanglah di hari yangbukan hari ibadah

-Membawa Kamera dan Air Minum

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

26 Comments

  1. seru! btw, koq bisa semuanya kompakan pakai pink ya? 😀

    Reply

    1. heehhe itu baru sadarnya setelah u bilang loh 🙂

      Reply

  2. Sik.. Asik.. Sumut emang paling Komplit buat jalan2.
    Anyway, itu salah ketik apa emang benar kek gitu ya? ‘Makan’ atau ‘Makam’?
    Terus itu perjalanannya 18 juni 2011, tp kok usut punya usut Viharanya didirikan 21 agustus 2011? Hayooooo…. ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮

    Reply

    1. Makasih koreksinya Rahmad 🙂 udh dibenerin hehe 😀

      Reply

  3. wah..jadi ini vihara yang katamu begitu besar di Medan Boo…
    Bener-bener Megah ya

    Reply

    1. iya kalau u ditempatkan di Medan singgahlah

      Reply

      1. iya-iya. Singgahpun aku.
        Ku kelilingi semua tempat di Medan nanti, misalnya aku disana.
        -____-‘

      2. Padangsidempuan juga…nanti kudatangipun…
        hehhehhehe 😛

      3. klo bicara yang itu jd rindu makanan ama ibuku T_T

      4. Ayo, Kapan kita kesana. Sekalian temui ibumu.

      5. klo ad lbrn yah kan nasib MT aja tak jelas

      6. Bentar Lagi kan Habis masa training.
        JAdi semua Hak dan Kewajiban jadi jelas seharusnya.
        Termasuk Hak Cuti dan Perjalanan.

      7. smoga tdk THH ja hhaha

  4. hohoho…
    jd kangen…
    foto kak lg nari jaipong jg ad tnyata…

    Reply

  5. Dr mesjid raya ke vihara naik angkot apa y?

    Reply

  6. Btw sedikit input dari saya dimedan. Nama vihara bukan adhi maitreya. Namun hanya MAHA VIHARA MAITREYA saja.

    Dan lagi yang disebut hakim bao tidak benar.beliau dikenal sebagai bodhisatva penakluk mara satyakalama. Hidup dizaman awal tiongkok kuno salah satu tokoh tiga kerajaan.

    Reply

    1. wah terimakash ya koreksinya saya perbaiki ya

      Reply

  7. Baru akhir tahun lalu kesini. Tempatnya asik dan orangnya baik-baik 🙂

    Reply

  8. Saya sekarang sering ke vihara cemara asri ini kak..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.