Jelajah Museum Tekstil Jakarta Sehari


Without deep reflection one knows from daily life that one exists for other people.

By Albert Einstein

Textile Museum
Textile Museum

Hello World!

Jakarta, 30 Agustus 2015

Siapa yang suka jelajah museum? Aku salah satu penyuka trip ke Museum karena harganya relatif murah serta banyak informasi yang didapatkan. Nah museum yang ingin aku jelajahin untuk mengisi waktu libur Museum Tekstil. Alamat museum tekstil di Jl. KS Tuban No2-4 Jakarta Barat. Kalau bingung alamatnya dimana, museum tekstil mudah diakses tak jauh dari Blok G Tanah abang melewati sungai Ciliwung.

Aku ke Museum Tekstil sendirian pas hari minggu jam 9 dan museum baru buka, orang pertama masuk dan sendirian pula. Lalu aku membeli tiket masuk dan aku sudah jatuh cinta pada bangunan utama Museum tesktil karena gaya bangunan yang kolosal.

Petunjuk ke museum tekstil di jakarta
Petunjuk ke museum tekstil di Jakarta

Museum Tekstil terdiri dari ruang display, pelatihan, galeri batik, ruang pengenalan wastra.

Tiket masuk Museum Tekstil untuk dewasa  Rp5000 (2015).

Waktu kunjungan museum: senin tutup, selasa-minggu : 09.0015.00

Tiket masuk Museum Tekstil Jakarta
Tiket masuk Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil dibangun diawal abad ke 19, gedung museum tekstil telah beberapa kali berganti kepemilikan yang awalnya sebagai Landhuis (villa) milik warga Perancis yang tinggal di Batavia dan pernah menjadi Markas Besar Barisan Keamanan Rakyat (BKR) saat Jakarta merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Gedung dengan arsitektur bergaya Art Craft diresmikan sebagai Musuem Tekstil pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. (By Dinas Parawisata Jakarta)

Museum Tekstil Jakarta
Museum Tekstil Jakarta

Memasuki ruang display maka aku melihat berbagai macam ragam songket senusantara yang menarik mulai dari Nu dari Alor hingga ke Palepai dari Lampung dan masih banyak lagi. Tenunnya dipajang didalam kaca sambil diberikan informasi mengenai asal dari tenun. Aku pun melihat tenunan Indonesia yang super keren. Nah puas di ruang display maka aku keluar ke galeri Batik. Di Galeri Batik juga banyak sekali koleksi batik se Nusantara mulai dari batik zaman dulu hingga modern. Oh ya masuk ek ruang pamer dan ruang batik sudah termasuk tiket yang Rp5000. Kalau ingin melihat cara membuat batik bisa juga tapi harganya kalau tidak salah Rp45000. Karena aku pernah melihat cara membatik di Kota Tua tahun 2012 sehingga aku cukup senang dengan mengelilingi museum dan melihat saja 😀

Hal menarik yang aku dapat ketika libruan di Museum Tekstil pada salah satu batik yang seperti bercerita karena gambarnya seperti cerita zaman dulu. Dalam hati “batik saja bisa bercerita”.

Oh ya alat tenun juga ada loh di ruangan paling belakang dengan berbagai jenis sarung mulai dari sarung sederhana hingga yang komplit. Pokoknya liburan di museum tekstil ibarat mengenal lagi hasil kain tradisional Nusantara 🙂

Yuk membatik ke Museum tektil Jakarta, PS satu hari cukup kok 🙂

Batik di Museum Tekstil
Batik di Museum Tekstil

Salam

Winny

Iklan

24 tanggapan untuk “Jelajah Museum Tekstil Jakarta Sehari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s