Tembok Besar Ala Indonesia, Great Wall of Koto Gadang di Bukittinggi


Beginning today, I will create a new future by creating a new me.  No longer will I dwell in a pit of despair, moaning over squandered time and lost opportunity.  I can do nothing about the past.  My future is immediate.  I will grasp it in both hands and carry it with running feet.  When I am faced with the choice of doing nothing or doing something, I will always choose to act!  I seize this moment.  I choose now.

By Andy Andrews

Winny Marlina

Hello World

Bukittingi, 2016

Hayoo siapa yang sudah pernah berwisata ke Bukittinggi? Pasti sudah mengunjungi Lubang Jepang dan Ngarai Sianok bukan? Ada yang pernah menginjakkan kaki di The Great Wall ala Bukittingi?

Tunggu, tunggu, tunggu!!

Great Wall ada di Bukittingi?

Emang ada yah Tembok besar selain di China?

Tentu saja ada!

Great Wall of Koto Gadang
Great Wall of Koto Gadang

Ada loh yang mirip-mirip Great Wall alias Tembok China dan berada di Sumatera Barat tepatnya di Kota Bukittingi bernama Great Wall of Koto Gadang. Di Great Wall of Koto Gadang, kita bisa merasakan sensasi berjalan layaknya sedang di Tembok China. Bahkan The Great Wall of Koto Gadang alias Tembok Besar Ala Bukittinggi membentang dari kawasan Koto Gadang  hingga kawasan bawah Ngarai Sianok Bukittinggi, sebagai penghubung Bukittinggi dan Agam. Great Wall of Koto Gadang  menjadi salah satu wisata baru di Sumatera Barat walaupun sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Tapi waktu aku dalam perjalan ke Tembok Besar ala Koto Gadang aku tidak menghitung jumlah anak tangga yang aku lalui.

Great Wall of Koto Gadang
Great Wall of Koto Gadang

Awalnya untuk mengunjungi Tembok Besarnya Bukittingi tidak ada didalam kegiatan rincian perjalanan kami dan untungnya Guide kami Pak Budi menawarkan kami untuk berjalan ke Great Wall of Kota Gadang. Akhirnya aku, Kak Cumi, Kak Nita, Suci, Yuki, Mbak Nina, Mas Ain, dan Kak Him berjalan menapaki untaian tangga yang ada di Great Wall of Kota Gadang. Lokasinya bahkan dekat dengan Lubang Jepang Bukittingi.

Pengalaman berjalan di Tembok Besar ala Bukittingi memiliki sensasi tersendiri karena pemandangan disekitar sungguh Indah. Bahkan kami lupa akan panas terik matahari saking asiknya berjalan di Tembok Besar ala Bukittinggi. Terus kami juga berjalan dari atas ke bawah bukan dari arah sebaliknya. Bahkan yang paling seru kami juga bisa menemukan sekawanan monyet yang bermain di area pepohonan disamping Tembok China ala Koto Gadang. Waktu perjalanan kami dari atas anak tangga pertama ke bawah kurang lebih 30 menit melewati setiap jalanan sambil menikmati pemandangan hijau di depan mata.

Great Wall of Koto Gadang Sumbar
Great Wall of Koto Gadang Sumbar

Walau perkiraan jarak Great Wall of Koto Gadang sekitar 780 meter namun lumayan untuk mengeluarkan keringat saat berjalan sehingga pengunjung disarankan membawa minuman tapi jangan lupa membawa sampah dari minuman ya.

Hal yang paling aku suka dari Great Wall of Koto Gadang terletak pada pepohonan hijau jadi olahraga sehat sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Great Wall of Koto Gadang tak sekedar tiruan Tembok China, tapi memiliki Cita Rasa Tinggi lengkap dengan Ngarai Si Anok dibawahnya

Great Wall of Koto Gadang
Great Wall of Koto Gadang

Kesan lain tentang Great Wall of Kota Gadang ialah treknya dengan pemandangan “Cantik” dan “Manja” (kamus kak Cumi) berupa pemandangan Sungai, Pepohonan, tebing dan Ngarai si anok dibawahnya. Bahkan ada juga jembatan gantung.

Perjalanan Ciamik dah ke Bukittingi!

Jadi jika berkunjung ke Bukittingi jangan lupa melakukan trekking ke Great Wall ala  Kota Bukittingi dan rasakan sensasinya.

Puas menelusuri Great Wall of Koto Gadang, kamipun beramai-ramai berjalan disetiap anak tangga Tembok Besar Koto Gadang terus jalan lurus ke bawah untuk mencoba kuliner Itik Ijo Sambal Muda tak jauh dari Ngarai Sionak.

Great Wall of Koto Gadang
Great Wall of Koto Gadang

Siapa yang sudah menginjakkan kaki di Great Wall of Kota Gadang?

Lokasi Great Wall Of Bukittinggi

Jl. Koto Gadang, Bukittinggi

Sumatera Barat

Tulisan ini sebagai rangkaian acara yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia dalam rangka mengubek #PesonaSumbar #PesonaMinang

Salam

Iklan

75 tanggapan untuk “Tembok Besar Ala Indonesia, Great Wall of Koto Gadang di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s